Qualcomm Snapdragon 780G Akan Bawa Performa Flagship Untuk Ponsel Kelas Menengah

  • Whatsapp
Qualcomm Snapdragon 780G

Qualcomm memiliki chipset berupa Snapdragon 888 sebagai prosesor andalan bagi ponsel – ponsel kelas atas mulai Samsung Galaxy S21 hingga ponsel – ponsel gaming dengan spesifikasi nomor wahid. Untuk segmentasi menengah, saat ini mereka dikabarkan sedang bersiap untuk mengumumkan kehadiran Snapdragon 780 G yang diklaim akan mampu menghadirkan kinerja kelas flagship kedalam ponsel – ponsel kelas menengah.

Snapdragon 780G merupakan penerus chipset 765G dan 768G yang dirilis pada tahun lalu dan disematkan salah satunya ke dalam smartphoe besutan Google, Pixel 5. 780G juga merupakan update terbaru untuk lini prosesor seluler kelas menengah milik Qualcomm.

Bacaan Lainnya

Secara detail, Snapdragon 780G memiliki dasaran CPU Kryo 670 yang diklaim Qualcomm lebih cepat hingga 40% jika dibandingkan dengan 768G, juga dengan GPU Andreno yang memiliki dukungan layar dengan kecepatan refresh hingga 144 Hz. 780G juga merupakan chipset pertama di kelas menengah seri 7 yang didasarkan pada arsitektur 5nm, yang wajib diterjemahkan sebagai efisiensi daya yang lebih baik.

780 G juga dilengkapi oleh AI engine generasi ke 6 milik Qualcomm yang ditenagai oleh prosesor Hexagon 770 dengan akselerator AI gabungan. Menurut klaim dari Qualcomm, kesemuanya itu akan mampu menghasilkan hingga 12 TOPS dan menggandakan kinerja chpset generasi sebelumnya.

Akselerator AI yang baru juga dirancang untuk membantu meredam kebisingan yang ada pada background ketika ponsel sedang digunakan untuk menelepon sembari memastikan efisiensi daya yang dikeluarkan.

Untuk menunjang sisi kamera, Spectra 570 ISP 780G mampu menangkap hingga tiga foto secara bersamaan dengan resolusi hingga 25 MP, sementara prosesor untuk gambar dilengkapi dengan kemampuan yang lebih baik untuk memproses foto dengan cahaya redup dan juga mendukung resolusi 4K HDR.

Untuk mendukung konektivitas nirkabel dengan lebih baik, termasuk Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2, dan Qualcomm’s Snapdragon Sound untuk kualitas audio nirkabel 24-bit yang lebih tinggi, 780G juga dilengkapi dengan teknologi Qualcomm FastConnect 6900.

Terakhir, seperti pada umumnya semua chip ponsel yang baru, 780G menawarkan dukungan untuk konektivitas jaringan 5G, dimana Qualcomm mengklaim kecepatan puncak sub-6Ghz hingga 3,3 Gbps.

Sementara itu belum ada informasi tentang ponsel apa yang akan menggunakan Snapdragon 780G, Qualcomm diyakini akan mulai memunculkan chipset kelas menengah barunya ini ke ponsel – ponsel kelas menengah sebelum akhir kuartal kedua 2021.

Sebelumnya Qualcomm juga dikabarkan akan mengembangkan SoC kelas atas baru untuk laptop pada tahun ini. Beberapa bocoran menyebutkan bahwa prosesor tersebut, Snapdragon 8cx Gen 3,menawarkan lompatan kinerja yang sangat besar dari pendahulunya dan Microsoft SQ2, dengan skor yang menyaingi Core i7-1065G7 dan Core i7-1165G7.

Dalam  sebuah pengujian benchmarking Snapdragon 8cx Gen 3 memiliki kinerja yang ha,pir mendekati Apple M1, chipset ini memiliki skor 64 % dari pencapaiam performa chipset besutan Apple tersebut. Meski begitu Snapdragon 8cx Gen 3 unggul 78 % atas Snapdragon 8cx dan 31 % atas Snapdragon 888. Selain itu Snapdragon 8cx Gen 3 juga mengalahkan Core i7-1065G7 dan juga Core i7-1165G7. (via)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *