Membedakan HDR10, Dolby Vision dan HDR10+, Format HDR Mana Yang Terbaik ?

  • Whatsapp
Format HDR

High Dynamic Range (HDR) menjadi sebuah istilah penting yang harus  dipertimbangkan ketika membeli sebuah perangkat TV atau Streaming baru karena teknologi HDR membuat pada dasarnya membuat konten menjadi lebih hidup dan cerah. Saat ini ada lima format HDR berbeda, namun kali ini kita akan fokus pada tiga teratas yakni HDR10, Dolby Vision, dan HDR10+. Masing-masing format ini menghadirkan sesuatu yang berbeda yang dapat meningkatkan pengalaman menonton secara dramatis.

Apa arti HDR?

Format HDR

HDR merupakan sebuah proses yang membuka lebih banyak warna, tingkat kontras yang lebih tinggi, dan kecerahan yang signifikan. Dengan gamut warna yang lebih luas di atas Standard Dynamic Range (SDR), HDR membuka lebih banyak warna yang tidak dapat dihasilkan TV selama ini.

Read More

Hasilnya, HDR memungkinkan konten yang lebih realistis untuk disajikan di TV 4K, sementara sebelumnya SDR hanya dapat menampilkan sebagian kecil dari kedalaman warna yang dapat dimiliki HDR. Misalnya, layar SDR hanya dapat menampilkan 256 warna merah, hijau, dan biru, sedangkan HDR dapat menampilkan 1.024 warna.

Kualitas gambar HDR10, Dolby Vision dan HDR10+

Kelebihan dari HDR adalah kualitas gambar yang jauh lebih baik. Baik ketika menonton film atau bermain game di konsol Xbox, kualitas gambar yang lebih baik akan meningkatkan pengalaman pengguna. HDR dapat memberikan kualitas gambar yang lebih baik jika dibandingkan dengan SDR melalui tiga elemen yakni kedalaman bit, kecerahan, dan metadata.

Kedalaman bit sendiri menggambarkan jumlah warna yang disertakan dalam film atau acara TV serta jumlah warna yang dapat ditampilkan TV. Setiap piksel TV terdiri dari tiga warna berbeda: Merah, hijau, dan biru (RGB). Masing-masing warna ini dapat dipecah menjadi rona dan semakin besar kedalaman bit maka akan semakin besar pula jumlah warna yang didapatkan.

Baca juga: Fitur Ini Membuat iPhone 12 Pro Sulit Ditandingi oleh Android.

Sementara kecerahan TV diukur dalam candela per meter persegi (cd/m²) atau nits (1 nit kira-kira sama dengan 1 cd/m²). Dalam hal kecerahan puncak, Dolby Vision dapat mendukung kecerahan layar hingga 10.000 cd/m², sedangkan HDR10 dan HDR10+ maksimal pada 4.000 cd/m² . Untuk saat ini,  belum ada TV yang dapat menghasilkan hampir 4.000 cd/m², namun para produsen TV akan terus meningkatkan teknologinya sehingga ini akan membuat Dolby Vision diprediksi akan bertahan untuk jangka waktu lain dibandingkan format lain yang ada saat ini.

Dari sisi metadata, dalam konteks HDR ini adalah lapisan informasi tambahan yang memberi tahu TV bagaimana seharusnya menampilkan konten yang diterimanya. Informasi ini mencakup hal-hal seperti kecerahan puncak, kontras, dan sesuatu yang dikenal sebagai pemetaan nada, yang semuanya berkontribusi untuk membuat video HDR terlihat jauh lebih baik daripada SDR.

 Namun, tidak semua format HDR menggunakan jenis metadata yang sama. HDR10 menggunakan metadata statis, yang berarti informasi yang mengatur kecerahan, kontras, dll., dikirimkan ke TV di awal film atau acara TV dan tidak berubah hingga Anda beralih ke film atau acara TV baru. Dolby Vision dan HDR10+, di sisi lain, menggunakan metadata dinamis.

Saat ini HDR10 dianggap sebagai format HDR default. Ini mengartikan bahwa jika film disajikan dalam HDR, perangkat media streaming tekah mendukung format HDR, atau jika sebuah TV diperkenalkan sebagai TV HDR maka akan mendukung minimal HDR10. Dukungan yang hampir universal ini menempatkan HDR10 di atas Dolby Vision dan HDR10+ dalam hal ketersediaan konten dan perangkat.

Baca juga: Cara Minta Pulsa XL.

Namun Dolby Vision, yang sebelumnya dianggap sebagai sesuatu yang sulit ditemukan, dengan cepat mengejar HDR10. Dukungan Dolby Vision telah banyak ditemukan  di banyak TV HDR kecuali TV Samsung. Samsung sendiri menjadi satu-satunya pembuat TV yang masih menolak membayar biaya lisensi Dolby untuk Dolby Vision. Konten Dolby Vision juga bisa ditemukan disk Blu-ray UHD serta layanan streaming seperti Disney+, Apple TV+, Netflix, dan Amazon Prime Video. Dengan kecerahan, warna, dan manfaat metadata dinamis yang lebih baik, Dolby Vision jelas merupakan format HDR terbaik.

Apa arti HDR?

HDR merupakan sebuah proses yang membuka lebih banyak warna, tingkat kontras yang lebih tinggi, dan kecerahan yang signifikan. Dengan gamut warna yang lebih luas di atas Standard Dynamic Range (SDR), HDR membuka lebih banyak warna yang tidak dapat dihasilkan TV selama ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *