Biaya Ganti Kartu ATM Mandiri dan Alasan Melakukannya

  • Whatsapp
Biaya Ganti Kartu ATM Mandiri

Biaya ganti kartu ATM Mandiri dan syarat-syarat yang harus dipenuhi merupakan hal yang paling pertama ingin diketahui oleh seseorang ketika ingin melakukan pergantian kartu ATM yang hilang atau rusak. Dengan mengetahuinya, tentu proses pergantian jadi lebih mudah dilakukan.

Penggunaan kartu ATM memang sudah merupakan hal yang lumrah di kalangan nasabah bank-bank konvensional yang ada di Indonesia, termasuk dalam hal ini Bank Mandiri. Sebab, dengan penggunaan kartu ATM, transaksi baik dalam bentuk pembayaran, transfer, maupun penarikan uang lebih mudah. Pasalnya, pengguna hanya perlu mendatangi lokasi mesin ATM untuk melakukannya tanpa harus repot mendatangi langsung kantor cabang terdekat dan melakukan antrian.

Read More

Oleh karena itu, ketika kartu ATM tersebut rusak atau hilang, maka harus segera diganti agar kamu tidak mengalami kendala untuk bertransaksi dengan menggunakan kartu tersebut. Terlebih lagi jika kartu ATM kamu hilang, tentu harus segera melakukan pemblokiran dan pergantian kartu. Pasalnya, dikhawatirkan kartu tersebut ditemukan orang yang tidak bertanggung jawab dan memanfaatkan kartu tersebut dengan cara yang salah.

3 Alasan Utama Harus Ganti Kartu ATM

Biaya Ganti Kartu ATM Mandiri

Keinginan untuk melakukan penggantian kartu ATM tentu tidak muncul begitu saja tanpa alasan. Pasti ada alasan-alasan tertentu yang mendorong keinginan tersebut. Jika ingin dirinci, berikut beberapa asalan mengapa perlu melakukan penggantian kartu ATM Mandiri :

Kartu ATM Terblokir

Salah satu kendala yang seringkali mengakibatkan pengguna kartu ATM Mandiri terpaksa melakukan penggantian kartu ATM yaitu terblokirnya kartu tersebut. Penyebab terblokirnya tentu saja karena pengguna salah dalam memasukkan PIN ATM sebanyak tiga kali.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya kamu selaku pengguna kartu ATM hanya menggunakan PIN yang mudah diingat. Bila perlu, catatlah PIN tersebut dan simpan di tempat-tempat yang tidak mudah ditemukan orang lain.

Ingat, jangan ceroboh dalam meletakkan PIN ATM yang sudah kamu catat. Sebab, bisa saja ditemukan orang lain dan digunakan secara sepihak yang bisa merugikan kamu.

Kartu ATM Hilang

Penyebab kartu ATM hilang bermacam-macam. Terkadang kehilangan tersebut akibat kelalaian pengguna dengan cara meletakkannya di sembarang tempat, lupa tempat menaruhnya, atau bahkan terjatuh.

Selain itu, kehilangan kartu ATM juga bisa disebabkan oleh tindak kejahatan, seperti adanya orang yang sengaja mencuri kartu ATM tersebut. Sebab, meskipun kartu ATM dilindungi oleh PIN, masih saja ada pihak-pihak tertentu yang memiliki keahlian untuk membobol dan membuka kartu tersebut selama memiliki kartunya.

Olehnya itu, selaku pengguna kamu harus lebih waspada dan berhati-hati menjaga kartu ATM, jika kamu tidak ingin menderita kerugian yang akan kamu sesali sendiri.

Kartu ATM Tertelan

Kejadian berupa kartu ATM yang tertelan bukanlah sesuatu yang baru. Tidak sedikit pengguna kartu ATM Mandiri maupun kartu ATM yang dikeluarkan oleh bank-bank konvensional lainnya yang mengalami kejadian tersebut.

Banyak penyebab kejadian tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Mesin ATM Error.
  • Listrik tiba-tiba padam saat kartu ATM sedang berada di dalam mesin ATM.
  • Kartu ATM menglami kerusakan, keretakan, bahkan kadaluwarsa.
  • Terlambat mengambil kartu ATM dari mesin ATM selepas melakukan transaksi.

Saat kartu ATM kamu tertelan disebabkan oleh salah satu dari penyebab-penyebab di atas, terpaksa harus melakukan penggantian kartu ATM.

Syarat-Syarat Ganti Kartu ATM Mandiri

Sebenarnya melakukan penggantian kartu ATM Mandiri bukanlah hal yang sulit. Hal ini sudah merupakan komitmen dari pihak Bank Mandiri untuk memberikan kemudahan bagi para nasabahnya. Hanya saja, agar proses ganti kartu bisa berjalan lancar, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Lantas apa sajakah syarat-syarat tersebut? Berikut perinciannya :

  • Buku rekening tabungan Mandiri.
  • Kartu identitas diri berupa KTP/ SIM/ Passpor.
  • Kartu Debit / Kartu ATM (Jika alasan penggantian karena kartu rusak/kadaluwarsa).
  • Surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian (Jika alasan penggantian karena kartu hilang).

Setelah semua persyaratan sudah terpenuhi, maka kamu tinggal mendatangi kantor cabang Mandiri terdekat dengan membawa semua persyaratan tersebut. Nanti proses penggantian kartu ATM tersebut akan dibantu langsung oleh pihak Customer Service Bank Mandiri.

Berapakah Biaya Ganti Kartu ATM Mandiri?

Biaya Ganti Kartu ATM Mandiri

Setelah mengetahui alasan melakukan penggantian kartu ATM Mandiri dan syarat-syarat yang harus terpenuhi, maka kamu juga perlu untuk mengetahui berapakah biaya ganti kartu ATM Mandiri. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan saya sebutkan detail harganya :

Kartu ATM Hilang

Jika ingin melakukan penggantian kartu ATM Mandiri yang hilang, maka biaya penggantian yang harus kamu keluarkan adalah Rp.15.000. Untuk melakukannya, kamu bisa mendatangi kantor cabang Mandiri terdekat dengan membawa semua persyaratan yang telah disebutkan sebelumnya di atas.

Kartu ATM Terblokir

Jika ingin melakukan penggantian kartu ATM Mandiri yang terblokir, maka sama sekali tidak ada biaya yang harus kamu keluarkan. Hanya saja, kamu perlu membayar biaya pembukaan pemblokiran sebesar RP.5000. Untuk membuka blokir tersebut, kamu hanya perlu mendatangi langsung kantor cabang Mandiri terdekat.

Kartu ATM Tertelan

Melakukan penggantian kartu ATM akibat tertelan tidak dibebankan biaya sedikitpun. Pihak Mandiri akan melakukannya secara gratis. Untuk itu, kamu hanya perlu mengunjungi langsung kantor cabang Mandiri terdekat dan melaporkan hal tersebut.

Jika kamu tidak ingin repot mendatangi kantor cabang Mandiri, kamu bisa memanfaatkan layanan call center Mandiri di nomor 14000.

Pertanyaan dan Jawaban

Berikut beberapa pertanyaan penting dan jawabannya terkait dengan penggantian kartu ATM Mandiri :

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Ingin Melakukan Penggantian Kartu ATM Mandiri?

Ketika ingin melakukan penggantian kartu ATM Mandiri, kamu harus mengunjungi kantor cabang Mandiri secara langsung. Tapi sebelum itu, kamu harus sudah mempersiapkan dan membawa semua persyaratan yang dibutuhkan.

Apakah Penyebab Harus Ganti Kartu ATM?

Penyebab harus ganti kartu ATM tidak lain karena kartu tersebut hilang, tertekan, atau terblokir.

Berapakah Biaya Penggantian kartu ATM Mandiri?

Biaya penggantian kartu ATM Mandiri tergantung kasusnya. Jika diakibatkan oleh kartu yang tertelan, maka tidak dikenakan biaya sedikitpun alias gratis. Jika penyebabnya karena kartu terblokir, maka biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp.15.000. Sedangkan jika karena hilang, maka biayanya sebesar Rp.15.000.

Apakah Penggantian Kartu ATM Bisa Diwakilkan?

Tentu saja tidak bisa. Untuk melakukan penggantian, nasabah harus melakukannya sendiri dengan mendatangi langsung kantor cabang Mandiri terdekat.

Baca Juga : Lupa PIN SMS Banking Mandiri? Ini yang Harus Dilakukan

Akhir Kata

Berdasarkan uraian di atas, tentu kamu sudah mengetahui berbagai penyebab yang mengharuskan dilakukannya penggantian kartu ATM Mandiri, biaya yang harus dikeluarkan, serta syarat-syarat yang harus terpenuhi.

Pada dasarnya, proses penggantian kartu tersebut mudah dilakukan. Pihak Mandiri sudah berkomitmen untuk senantiasa memberikan kemudahan bagi nasabah mereka. Meskipun demikian, seharusnya kamu selaku pengguna kartu ATM tetap berhati-hati dalam menjaga kartu tersebut dan tidak bersikap ceroboh. Bukankah kamu tetap harus mengeluarkan biaya dan tenaga untuk mengurusnya ketika harus melakukan penggantian kartu ATM bukan?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *