Cara Enable Kartu ATM BRI dengan Cepat dan Mudah

  • Whatsapp
Cara Enable Kartu ATM BRI

Cara Enable Kartu ATM BRI – Salah satu sistem keamanan yang diterapkan oleh Bank BRI terkait dengan penggunaan kartu ATM bagi nasabahnya adalah disable. Apakah yang dimaksudkan dengan disable itu sendiri? Intinya, disable adalah pemblokiran yang dilakukan oleh pihak Bank BRI terhadap kartu ATM tersebut.

Saat disable kartu ATM terjadi, pengguna tidak akan bisa menggunakan kartu tersebut untuk melakukan transaksi dalam bentuk apapun.

Read More

Pada hakikatnya, disable dilakukan oleh pihak Bank BRI saat mendeteksi adanya aktivitas yang mencurigakan yang dilakukan menggunakan kartu ATM tersebut. Saat diberlakukannya disable, pihak BRI akan mengirimkan pemberitahuan ke nomor pemilik rekening Bank BRI tersebut.

Mengapa Disable Kartu ATM BRI Bisa Terjadi?

Cara Enable Kartu ATM BRI

Masalah kartu ATM BRI yang disabled tentu saja demi keamanan dan kenyamanan nasabah itu sendiri.  Sebab, pihak Bank BRI mendeteksi adanya kegiatan mencurigakan yang dilakukan dengan kartu tersebut.

Bisa saja aktivitas mencurigakan tersebut berasal dari pihak lain yang ingin melakukan hal-hal yang tidak bertanggung jawab terkait dengan kartu ATM tersebut. Dalam kasus seperti ini, nasabah atau pemilik kartu ATM tersebut tentu saja akan menjadi pihak yang pertama kali akan dirugikan.

Untuk mencegahnya, disabled kartu ATM diberlakukan. Saat itu terjadi, pemilik kartu ATM tidak akan bisa menggunakan kartu ersebut untuk melakukan transaksi, baik menarik uang, melakukan transfer atau pembayaran, mengecek saldo, serta aktivitas lainnya Satu-satunya solusi agar bisa digunakan kembali adalah dengan melakukan disable kartu ATM BRI.

Meskipun demikian, tentu saja transaksi lainnya yang tidak dilakukan menggunakan ATM tetap bisa dilakukan oleh pemilik rekening, seperti melakukan transaksi langsung di kantor cabang, internet banking, atau mobile banking.

Meskipun bisa melakukan transaksi dalam bentuk lainnya seperti yang disebutkan di atas, tentu saja jauh lebih baik jika kartu ATM BRI yang disabled tersebut kembali di-enable. Lantas bagaimanakah cara enable kartu kartu ATM BRI? Yuk simak detail ulasannya di bawah ini.

Artikel Yang Berkaitan :

Bagaimanakah Cara Enable Kartu ATM BRI?

Cara Enable Kartu ATM BRI

Jika memang solusi terbaik hanya dengan cara enable Kartu ATM BRI, lantas bagaimanakah cara melakukannya? Untuk melakukannya tergolong sangat mudah, kamu bisa mengikuti beberapa cara yang akan disebutkan di bawah ini :

Lewat Aplikasi Brimo

Jika kamu ingin enable atau mengaktifkan kembali kartu ATM BRI, maka kamu bisa menggunakan cara yang pertama kali ini. Cara tersebut adalah melalui aplikasi Brimo.  Untuk bisa melakukannya, tentu saja kamu harus sudah mengaktifkan aplikasi tersebut terlebih dahulu. Jika belum, tinggal datangi saja kantor cabang BRI terdekat untuk mengaktifkannya.

Setelah mengaktifkan aplikasi Brimo, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah cara enable kartu ATM BRI di bawah ini :  

  • Pertama, buka aplikasi Brimo terlebih dahulu.
  • Lanjutkan dengan login menggunakan username dan password.
  • Setelah kamu berhasil login, lanjutkan dengan memilih menu “Rekening“.
  • Setela itu, silahkan klik “titik tiga” yang terdapat di sebelah kanan nomor rekening.
  • Lanjutkan dengan memilih “Nonaktifkan Kartu“.
  • Terakhir, silahkan aktifkan status kartu kamu.
  • Selesai.

Lewat Internet Banking BRI

Cara berikutnya yang juga bisa kamu lakukan untuk enable kartu ATM BRI adalah melalui Internet Banking BRI. Untuk melakukannya, kamu perlu mengunjungi situs resmi BRI terlebih dahulu yang berada di alamat https://bri.co.id.

Tapi ingat, kamu hanya bisa melakukan cara ini jika sebelumnya sudah mengaktifkan Internet Banking BRI. Jika memang sudah, tinggal ikuti saja langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, kunjungi langsung situs resmi Bank BRI pada alamat di atas.
  • Login ke dalam website tersebut menggunakan data-data login milik kamu.
  • Setelah itu, pilih saja menu “Layanan Nasabah“.
  • Selanjutnya, pilih menu “Disable/Enable Kartu“.
  • Lanjutkan dengan klik “Disable/Enable“.
  • Selanjutnya, kamu hanya perlu memasukkan password Internet Banking BRI kamu.
  • Selesai, kartu ATM BRI kamu sudah bisa digunakan kembali.

Lewat Aplikasi Mobile Banking BRI

Cara enable kartu ATM BRI berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan aplikasi Mobile Banking BRI. Adapun detail langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pertama, bukalah aplikasi Mobile BRI di HP kamu.
  • Selanjutnya kamu login pilih “Mobile Banking BRI“.
  • Lanjutkan dengan memilih menu “Pelayanan Nasabah“.
  • Setelah itu, pilih menu “Enable Disable ATM“.
  • Lanjutkan dengan memasukkan password SMS Banking BRI.
  • Ikuti proses yang diminta hingga selesai.
  • Setelah itu, kartu ATM BRI kamu yang sudah enable tersebut bisa digunakan kembali untuk bertransaksi.

Lewat Aplikasi Bris Online

Cara berikutnya yang juga bisa kamu lakukan jika ingin mengaktifkan kembali kartu ATM BRI yang disabled adalah dengan menggunakan aplikasi BRI Syariah Online atau Bris Online. Adapun detail langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Bris Online.
  • Lanjutkan dengan mengklik “Akun”.
  • Setelah itu, pilih saja menu “Manajemen Kartu“.
  • Lanjutkan dengan memilih kartu yang diblokir.
  • Setleah it, kamu hanya perlu pilih “Buka Blokir“.
  • Masukkan PIN lalu klik “Kirim“.
  • Selesai, kartu ATM kamu yang tadinya terkena disabled sudah bisa digunakan kembali.

Lewat Layanan Call Center BRI

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan kembali kartu ATM yang disabled adalah dengan menggunakan layanan online banking. Caranya, kamu hanya perlu menghubungi Call Center BRI (14017) atau (1500017). Dengan menghubungi layanan tersebut, kamu akan bisa berbicara langsung dengan Customer Service Bank BRI.

Nah, sampaikan saja apa yang kamu inginkan. Saat proses pengaktifan kartu dilakukan, kamu akan diminta untuk memasukkan data-data diri berupa nomor rekening dan nama ibu kandung. Pihak Customer Service BRI juga akan mengajukan beberapa pertanyaan yang kamu harus jawab dengan benar. Setelah itu, barulah kartu ATM BRI kamu kembali enable dan bisa digunakan kembali untuk bertransaksi.

Baca Juga : Cara Buka Tabungan Bank BRI Agroniaga dan Keuntungannya

Datangi Langsung Kantor Bank BRI

Jika semua cara enable kartu ATM BRI di atas sulit kamu lakukan, maka kamu bisa langsung mendatangi kantor cabang Bank BRI terdekat dari lokasi tempat tinggalmu untuk enable atau mengaktifkan kembali kartu yang telah terblokir tersebut.

Tapi sebelum datang ke sana, pastikan kamu sudah mempersiapkan semua yang diperlukan sebagai persyaratan. Hal-hal yang perlu kamu persiapkan adalah KTP, Buku Tabungan, serta Kartu ATM (jika tidak hilang).

Sesampainya di kantor cabang tersebut, kamu hanya perlu melakukan antrian yang sudah ditetapkan agar bisa dilayani. Nah, saat pelayanan itulah, kamu tinggal menyampaikan keinginan untuk enable kartu ATM BRI.

Untuk bisa mengaktifkan kembali, tentu saja akan ada biaya pergantian kartu yang dibebankan kepadamu. Tidak mahal kok, hanya berkisar Rp.10.000 – Rp.15.000, yang akan langsung dipotong dari saldo rekening kamu.  Setelah itu, kartu ATM BRI tersebut sudah enable atau aktif kembali. Nah, kamu sudah bisa menggunakannya kembali untuk melakukan transaksi apapun yang diinginkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *