Harga Xiaomi Mi 11T vs 11T Pro dan Perbedaannya

  • Whatsapp
xiaomi Mi 11T vs 11T Pro

Kita tahu Xiaomi punya flagship mumpuni yakni Mi 11 Ultra yang sudah diluncurkan beberapa waktu lalu, tapi tentu saja harganya cukup mahal sehingga ada banyak keraguan untuk memilikinya, terutama sih masalah cuan yang tidak memadai ya.

Tapi tenang saja, Sobat masih bisa memiliki flagship Xiaomi lainnya dengan harga jauh lebih murah, yaitu Xiaomi Mi 11T dan 11T Pro yang baru masuk secara resmi di Indonesia.

Read More

Tak kalah dengan Mi 11 Ultra, Mi 11T series juga dibekali dengan chipset bertenaga tinggi Snapdragon 888 yang juga mendukung jaringan 5G, tentu saja ini sangat menarik untuk kita bahas ya! Untuk itu kami akan jabarkan perbedaan dari kedua handphone tersebut.

Perbedaan Mi 11T vs Mi 11T Pro

xiaomi Mi 11T vs 11T Pro

Soal tampilan, kedua HP sama-sama punya desain yang sama, yaitu menampilkan punch hole yang ada pada bagian tengah dan pada bagian belakang susunan kamera juga terlihat sama.

Kedua handphone punya ukuran yang sama, yaitu 6,67 inch dengan menggunakan layar bertipe AMOLED. Jadi jika dilihat secara kasat mata keduanya akan terlihat sama.

Kendati demikian, Sobat akan menemukan perbedaannya pada spesifikasi bagian dalam yang menunjang performa kedua HP tersebut.

Performa Prosesor

Perbedaan pertama terletak pada chipset yang digunakan, untuk MI 11T mendapatkan chipset MediaTek Dimensity 1200, sedangkan versi Pro dibekali dengan Snapdragon 888. Kedua chipset tersebut sudah mendukung konektivitas 5G.

untuk perbandingan antara kedua chiset tersebut Sobat bisa lihat pada tabel di bawah ini.

chipsetSnapdragon 888Mediatek Dimensity 1200
PeruntukanOptimal untuk prosesor gamingOptimal untuk multitasking
CPUClock 2840MHzClock 3000MHz
Transistor5nm6nm
Skor AnTuTu 8713K621K

Dari daftar tabel diatas, Snapdragon 888 punya keunggulan dari sisi penggunaan transistor yang lebih kecil yaitu hanya sebesar 5nm, sedangkan Dimensity 1200 menggunakan ukuran 6nm. Selain itu skor AnTuTu juga dimenangkan SD888 dengan skor 713K.

Kendati demikian, performa yang sebenarnya ada pada smartphone itu sendiri, seberapa banyak aplikasi berjalan dan bagaimana dengan sistem pendinginnya yang juga perlu Sobat perhatikan, tabel ini hanya sebagai patokan saja.

Urusan memori RAM, untuk versi Mi 11T hanya mendapatkan RAM sebesar 8 GB, sedangkan versi PRO juga memiliki varian RAM 12 GB dengan penyimpanan internal 256 GB.

Kemampuan Pengisian Cepat

Karena menggunakan chipset yang berbeda, tentu saja kemampuan pengisian cepat dari kedua handphone ini juga berbeda. versi regular hanya mendapatkan dukungan pengisian cepat dengan daya 67W, sedangkan varian Pro berbekal dukungan daya sebesar 120W dengan tingkat pengisian berkecepatan tinggi.

Bahkan xiaomi mengatakan, dengan daya sebesar 120W, baterai handphone akan terisi penguh hanya dalam 17 menit saja. Tapi tetu saja itu harus kita buktikan sendiri kebenarannya ya.

Kamera

Kedua HP ini punya spek kamera yang sama, yaitu mendapatkan triple camera dengan resolusi utama sebesar 108MP serta dua sensor 8MP ultralebar dan 5 MP telefoto makro. Sementara kamera depan mendapatkan sensor 16MP berbukaan f/2.5 dengan sensor 1/3.06 inci.

Perbedaan kamera Xiaomi Mi 11T vs Mi 11T Pro terletak pada hasil rekam video, yang mana pada versi reguler hanya mampu merekam video sampai dengan resolusi 4K pada kamera belakang, sedangkan Mi11 T Pro mampu merekam hingga 8K pada frame rate 30 fps.

Tapi sangat disayangkan, pada kedua HP ini tidak dilengkapi dengan sistem kamera OIS [Optical Image Stabilizer], hal ini terbilang cukup fatal, karena fitur ini sangat membantu merekam video agar lebih stabil.

Perlu Sobat catat, walaupun keduanya menggunakan konfigurasi sensor kamera yang sama, tapi karena penggunaan chipset yang berbeda sangat mungkin hasil keduanya akan berbeda, jadi kita membandingkannya secara langsung dari hasil gambar yang dihasilkan keduanya.

Baca juga: Perbedaan iPhone 13 Pro vs iPhone 12 Pro, Performa GPU iPhone 13 Pro 55% Lebih Cepat Dari Pendahulunya

Harga

Dan perbedaan spesifikasi juga tentunya akan membuat perbedaan pada harganya, tentu saja Mi 11T Pro mempunyai harga yang lebih mahal ketimbang varian reguler, berikut adalah perbedaan dari masing-masing handphone yang juga dilihat dari variasi RAM dan penyimpanan internelnya

Harga Xiaomi Mi 11TRAM 8 / 128 GB Rp. 5.999.000 Shopee Tokopedia Bukalapak Lazada Blibli
Harga Xiaomi Mi 11T ProRAM 8 / 256 GB Rp. 6.999.000RAM 12 GB / 256 GB Rp. 7.499.000 Shoope Tokopedia Bukalapak Lazada Blibli

Kesimpulan

Perbedaan Xiaomi Mi 11T vs Mi 11T Pro memang tidak bisa dilihat secara kasat mata, keduanya punya desain dan ukuran yang sama yang bisa dibilang tidak bisa dibedakan secara langsung.

Perbedaannya ada pada jeroan spesifikasi yang bisa dibilang cukup signifikan dalam urusan performa, jadi saran kami jika Sobat membutuhkan ponsel untuk bermain game, pilih versi Mi 11T Pro karena punya performa yang lebih tinggi. Tapi jika kabutuhan hanya untuk multitasking, versi reguler sudah sangat cukup untuk Sobat gunakan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *