NFC iPhone Fungsi dan Cara Menggunakannya

  • Whatsapp

Saat ini, hampir sebagian besar ponsel memiliki fitur NFC, termasuk HP Android dan iPhone. Kira-kira apa sih maksud fitur NFC, dan dan bagaimana cara kerja NFC iPhone tersebut? apakah NFC berfungsi pada semua perangkat? Jangan khawatir, agar jelasnya Sobat bisa simak secara lengkap di Artikel ini.

NFC di iPhone

NFC iPhone

Mungkin sebagian besar pengguna HP sudah pernah mendengar teknologi NFC. Beberapa perangkat Android maupun iPhone memang sudah disematkan oleh teknologi NFC. Namun fitur ini terbatas pada beberapa perangkat, kebanyakan hanya perangkat mid-range atau flagship saja.

Read More

Nah sebelum itu, Sobat perlu mengetahui apa sih pengertian dari NFC tersebut. Istilah teknologi NFC sendiri merujuk pada singkatan “Near Field Communication” atau dalam artian bahasa Indonesia komunikasi medan dekat.

NFC atau yang biasa pengguna sebutkan sebagai media scanning merupakan sebuah fitur yang tertanam di ponsel yang memungkinkan pengguna dapat melakukan transfer data seperti halnya mesin pembaca. NFC biasa digunakan untuk melakukan pembayaran, seperti menyewa sepeda, membayar parkir, memesan makanan. bahkan untuk top up e-money.

Banyak pengguna iPhone yang memanfaatkan fitur ini untuk top up e-money, ketimbang harus repot-repot menemukan ATM bank terdekat. Tentunya NFC iPhone 12 dan iPhone jenis lainnya bergantung pada versi iOS yang dimilikinya. 

Kegunaan Teknologi NFC

Kegunaan NFC iPhone

Di tanah air, fitur NFC sendiri sudah begitu populer berkat manfaatnya yang memudahkan pengguna. Kini para pengguna sudah bisa mencoba fitur NFC ini untuk mengelola kartu pembayaran terkait pada sejumlah aplikasi resmi seperti Tokopedia, Mandiri Online, BRImo BRI, maupun BCA Mobile.

Dukungan dari beberapa merchant juga sangat baik, Sobat bisa menggunakan NFC ini untuk cek dan mengisi saldo E-money di Mandiri Online, dan BRIZZI di BRImo BRI.

Nah, pada Februari 2021 lalu. pihak BCA menyatakan bahwa BCA Mobile (BCA Mobile untuk iPhone versi 2.7.2) akhirnya mendukung NFC di iPhone. Serta pengguna dapat memanfaatkannya untuk memindai e-money dalam hal mengecek saldo serta top up saldo untuk kartu elektronik Flazz.

Kabar baiknya, e-commerce Tokopedia juga mendukung top up e money dan pembayaran dengan NFC.

Teknologi NFC di HP juga kerap digunakan untuk melakukan pembayaran di merchant yang menyediakan.

Namun pada perangkat Android, fitur NFC masih terbatas atau support hanya pada beberapa versi terbaru saja.

Fitur NFC Pada iPhone

fitur NFC iPhone cara kerja

Sama halnya pada NFC iPhone. Namun kabar baiknya Apple saat ini sudah menambahkan dukungan NFC melalui sistem operasi terbarunya yang berdasarkan keterangan dari Apple sudah tersedia sejak iOS 11.

Meski Sobat pengguna seri iPhone 6, iPhone 6s, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max dan seterusnya, serta iPhone SE (Generasi 2), maka Sobat telah dapat menggunakan NFC dengan update iOS ke versi yang terbaru.

Kendai begitu, perlu dipastikan bahwa jenis NFC yang dapat terbaca adalah NFC dengan format NDEF (NFC Data Exchange Format).

Dalam sejarahnya, teknologi NFC telah disematkan oleh Apple pertama kali pada link iPhone yaitu pada seri iPhone 6, kira-kira bulan September 2014.

Tapi saat itu fitur NFC hanya bisa pengguna manfaatkan pada Apple Pay saja. Berhubung Apple kian memperbarui OSnya dari waktu ke waktu, maka pada iOS 11, iPhone sudah dapat membaca NFC tags tanpa perlu aplikasi khusus, termasuk untuk top up e-money ini.

Cara Mengaktifkan NFC Di iPhone

NFC iPhone cara mengakifkan

Jika pada Android harus menggunakan setelan khusus untuk mengaktifkan NFC ini. NFC iPhone sendiri sudah secara otomatis aktif tanpa perlu Sobat setting terlebih dahulu. Pembaca label nfc iPhone sendiri juga memindai secara otomatis.

Maka dari itu, cara mengaktifkan NFC di iPhone 7 atau cara aktifkan NFC di iPhone 11 tersebut tidak ada, karena pengguna tidak perlu aktifkan nfc di iPhone sebab secara otomatis sudah bisa langsung digunakan. Namun dengan catatan iOS Sobat sudah diperbarui ke iOS terbaru.

Jika saat ini iPhone Sobat masih menggunakan iOS versi 11, maka NFC tersebut hanya bisa membaca kartu. Agar NFC lebih maksimal, Sobat bisa perbarui ke iOS 13 untuk dapat melakukan tugas lainnya selain membaca kartu.

Cara Menggunakan NFC di iPhone

Cara Menggunakan NFC di iPhone

Pasti dari tadi Sobat bertanya-tanya, bagaimana sih cara menggunakan NFC iPhone tersebut untuk melakukan cek saldo maupu top up e-money? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Langkah pertama, Sobat bisa install aplikasi pendukung layanan NFC. Misal Sobat ingin top up Brizzi, maka install aplikasi BRImo BRI atau Tokopedia.
  2. Selanjutnya sobat bisa masuk ke aplikasi tersebut, dan login dengan akun yang dimiliki.
  3. Kemudian Sobat bisa masuk ke menu e-money Brizzi, lalu pilih cek saldo atau top up e-money.
  4. Maka nantinya Sobat akan diminta mendekatkan kartu e-money ke komponen NFC iPhone. Letak komponen NFC di iPhone biasanya terletak di bagian atas HP.
  5. Terakhir, tinggal pilih opsi yang diperlukan seperti top up. Maka Sobat bisa ikuti instruksi yang akan tampil di layar saat Sobat akan mengkonfirmasi.
  6. Selesai.

Catatan : Masing-masing layanan tentu memiliki penamaan opsi yang berbeda. Namun secara garis besar langkah-langkahnya serupa. Pastikan Sobat membaca instruksi terlebih dahulu dari masing-masing laman web layanan yang Sobat gunakan.

Pada dasarnya NFC ini sama seperti mesin pemindai. Sobat hanya perlu mendekatkan kartu e-money pada komponen NFC iPhone di bagian atas HP, maka secara otomatis NFC akan membaca kartu dan menampilkan sisa saldo.

Dengan catatan harus ada aplikasi pendukung yang sesuai dengan kartu elektronik Sobat.

Sayangnya, ada perbedaan khusus di perangkat iPhone untuk dapat menggunakan fitur NFC pada aplikasi online banking seperti Mandiri Online dan BRImo BRI (bisa jadi berlaku juga untuk online banking lainnya).

Pasalnya caranya cukup berbeda dengan Android.

Untuk dapat menggunakan NFC di iPhone untuk online banking, Sobat harus daftar terlebih dahulu ke masing-masing rekening dari penyedia layanan aplikasi online banking tersebut. Dan juga Sobat harus Login terlebih dahulu.

Nah, agar lebih mudah, Sobat bisa cek saldo atau top up melalui aplikasi Tokopedia saja. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Tokopedia juga menjadi salah satu aplikasi pendukung untuk pembacaan saldo dan pengisian saldo pada kartu elektronik seperti Mandiri E-Money atau Brizzi, lho.

Cara Cek Saldo dan Top Up E-Money dengan NFC iPhone di Tokopedia

cek saldo E-Money di Tokopedia

Nah agar lebih jelasnya, berikut cara aktifkan NFC di iPhone 7 plus dan iPhone versi lainnya untuk mengecek saldo kartu elektronik seperti Mandiri E-Money atau BRI BRIZZI melalui Tokopedia:

  • Pertama, pastikan Sobat telah mengunduh aplikasi Tokopedia untuk iPhone. Jika sebelumnya sudah ada, Sobat bisa perbarui/update Tokopedia terlebih dahulu.
  • Jika sudah terinstal, Sobat bisa login dan nantinya akan masuk ke laman beranda.
  • Pada tampilan utama atau Home, Sobat bisa pilih opsi menu Top-Up & Tagihan.
  • Kemudian Sobat bisa lanjutkan dengan ketuk opsi Uang Elektronik.
  • Di sini Sobat silakan tap tombol Update Saldo untuk mengecek saldo e-money Sobat dengan NFC di iPhone.
  • Nantinya aka nada intruksi untuk pemvacaan kartu. Sobat bisa tempelkan kartu elektronik Mandiri E-Money atau BRI BRIZZI persis di sekitar kamera belakang ponsel dimana area tersebut adalah letak sensor NFC di iPhone Sobat.
  • Jika belum terbaca, pastikan Sobat membetulkan posisi kartu elektronik tersebut.
  • Maka nantinya akan terbaca jenis kartu e-money tersebut, dan sisa saldo yang ada.
  • Juga pada beberapa kartu akan ditampilkan nomor kartu.

Cara Top Up Kartu E-Money Dengan NFC iPhone di Tokopedia

Kabar baik bagi pengguna Tokopedia, bukan hanya bisa melihat saldo e-money semata, namun Tokopedia juga sudah mendukung top up atau pengisian saldo dengan NFC iPhone.

Sejauh ini kartu yang didukung yaitu Mandiri E-Money dan BRI BRIZZI. Berikut langkah-langkah pengisian saldo e-money melalui Tokopedia dengan fitur NFC iPhone:

  • Untuk memulai top up, Sobat bisa pilih opsi Silahkan klik Top Up Sekarang dan masukkan nominal yang ingin di transfer (Di sini Sobat bayar dengan OVO terlebih dahulu jika saldo tidak mencukupi).
  • Sobat bisa memasukkan nominal minimal 10 ribu rupiah.
  • Jika sudah, klik tombol Bayar/Pay.
  • Sebelum itu, pastikan dulu bahwa nomor dan saldo sudah benar.
  • Kemudian Sobat bisa langsung bayar dengan OVO Cash. Lalu ikuti proses pembayaran sampai tuntas.
  • Selanjutnya jika sudah berhasil, Sobat bisa kembali ke menu Home.
  • Lalu pilih kembali menu Top Up dan Tagihan, dan pilih Uang Elektronik.
  • Di sini Sobat bisa ketuk opsi Update Saldo dipojok kanan atas layar.
  • Selanjutnya Sobat bisa dekatkan kartu Mandiri e-money atau BRI BRIZZI yang akan sobat top up ke area NFC iPhone seperti saat Sobat mengecek saldo.
  • Tunggu proses konfirmasi berjalan. Pastikan Sobat tidak menggeser atau memindahkan kartu dari area NFC.
  • Jika berhasil, maka akan muncul pop up “berhasil”.

Begitulah cara mengaktifkan nfc di iphone xr, iPhone 7 dan versi lainnya untuk mengecek saldo kartu e-money menggunakan NFC iPhone. Sekarang Sobat tidak perlu lagi repot-repot pergi ke ATM untuk dapat melakukan top up atau isi saldo kartu e-money.

Baca juga ulasan lainnya 10+ HP dengan Teknologi NFC Harga Murah (Update 2020) yang bisa Kamu dapatkan!

Akhir Kata

Demikian penjelasan apa itu NFC iPhone, cara kerja, dan iOS mana saja yang bisa menggunakannya. Bagaimana? sekarang Sobat bisa lebih mudah bukan karena adanya teknologi NFC ini? Selamat mencoba! Bagikan artikel ini agar banyak orang lebih tahu!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *