Kompatibel Adalah Istilah Yang Sering Disematkan Untuk Perangkat, Lalu Apa Artinya?

kompatibel adalah

Seringkali kita mendengar istilah ‘kompatibel’ dalam beberapa keterangan dan notifikasi di sistem perangkat seperti “perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini“. Memang compatible atau kompatibel adalah istilah yang sering disematkan. Lalu apa arti dari kompatibel? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Kompatibel?

arti kompatibel adalah ?

Istilah kompatibel merupakan istilah yang memang sering tertera pada sistem, dan perangkat yang ingin menginstal aplikasi. Dalam KBBI (kamus besar bahasa Indonesia), ‘Kompatibel’ sendiri memiliki makna mampu bergerak dan bekerja dengan keserasian, dan kesesuaian (misalnya mesin, komputer).

Jadi, jika ada notifikasi kompatibel dengan versi ini saat Sobat ingin memasang suatu aplikasi atau memperbarui sistem, maka artinya perangkat HP atau Laptop Sobat memiliki syarat yang cukup untuk dapat memasang aplikasi tersebut.

Aplikasi atau software memang memiliki standar tertentu untuk bisa digunakan di HP atau Laptop/PC, misalnya membutuhkan OS terbaru, tipe HP, lokasi Sobat, dan lain sebagainya. Selain itu pembaruan sistem juga membutuhkan syarat tertentu seperti dukungan RAM, memori, dan versi OS perangkat.

Perangkat Tidak Kompatibel

Perangkat Tidak Kompatibel

Sedangkan jika ada istilah “perangkat anda tidak kompatibel”, itu artinya HP, laptop, atau komputer Sobat tidak memenuhi standar untuk bisa menginstal aplikasi atau memperbarui sistem.

Penyebab perangkat tidak kompatibel adalah karena beberapa faktor, dan biasanya notifikasi menyertakan apa yang membuat perangkat tidak kompatibel.

Penyebab Perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi ini

Nah, pada beberapa kasus perangkat yang tidak kompatibel mungkin ada karena beberapa faktor, beberapa faktor umumnya sebagai berikut:

  • Perangkat seperti HP Android Sobat menggunakan versi Android lama, sedangkan aplikasi atau pembaruan hanya mendukung untuk Android terbaru misalnya Android 10.
  • HP atau laptop Sobat tidak memiliki perangkat keras tertentu yang dibutuhkan aplikasi. Misalnya ada aplikasi untuk mengisi saldo e-money, namun handphone Sobat belum memiliki sensor NFC, maka pengisian saldo tidak bisa dan fitur tersebut menjadi tidak kompetibel.
  • Perangkat yang Sobat gunakan tidak sesuai dengan persyaratan aplikasi. Misalnya apk PUBG Mobile sobat ingin pasang di PC tanpa menggunakan emulator Android, maka akan muncul notifikasi aplikasi tidak kompatibel.
  • Layanan Google Play Store memiliki file log yang salah. Pada beberapa kasus, hal ini bisa menjadi penyebab yang membuat aplikasi tidak kompatibel.
  • Aplikasi atau apk yang ingin di download tidak tersedia di lokasi Sobat. Banyak aplikasi di Google Play Store yang hanya bisa diakses untuk negara tertentu.
  • Ponsel Sobat tidak memiliki spesifikasi yang cukup untuk menjalankan aplikasi. Misalnya pada beberapa game berukuran besar saat ini seperti Genshin Impact, game tersebut hanya mampu dimainkan dengan minimal RAM 4 GB.

Itulah kira-kira beberapa penyebab mengapa perangkat tidak kompatibel. Intinya kompatibel adalah sinonimnya istilah yang muncul apabila perangkat Sobat mendukung dan memenuhi syarat, dan maksud tidak kompatibel adalah perangkat tidak memenuhi syarat.

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel

Jika berbicara bagaimana mengatasi perangkat yang tidak kompatibel, sebenarnya untuk mengatasinya ada banyak cara tergantung karena apa perangkat tersebut menjadi tidak kompatibel.

Nah, beberapa caranya akan kami ulas untuk Sobat, pastikan simak hingga tuntas ya!

Cari Tempat Download Aplikasi Alternatif (di luar Play Store)

download aplikasi apk agar kompatibel dengan perangkat

Nah, salah satu cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel adalah dengan mengunduh apk tersebut di luar Google Play Store. Ada banyak web atau aplikasi yang menyediakan layanan pengunduhan.

Beberapa diantaranya ada Amazon App Store, Blackmart Alpha, Baidu, APK Mirror, APK Pure, atau bahkan melalui laman kami yang menyediakan berbagai mentahan aplikasi resmi dan mod di sini.

Silakan Sobat kunjungi tempat yang menyediakan aplikasi-aplikasi tersebut agar bisa kompatibel dengan HP Sobat, karena tempat tersebut memiliki kebijakan yang bebas, tidak seperti kebijakan di Google Play Store yang cukup ketat dan memiliki syarat tertentu.

Menginstal Dengan File APK

Masih ada hubungan dengan menggunakan tempat download alternatif. Nah, Sobat bisa menggunakan tempat download aplikasi alternatif untuk mendapatkan bahan mentahan file apk yang diinginkan.

Setelah Sobat mendapatkannya melalui beberapa situs contoh seperti www.androidponsel.com/download/, APKPure, atau APKmirror, Sobat bisa mengatur setelan perizinan.

Karena aplikasi dari luar Play Store membutuhkan izin sistem di perangkat. Cara membuka perizinannya cukup muda, Sobat dapat mengaktifkan Sumber Tidak Diketahui melalui Settings > Security > Unknown Source.

Ubah Lokasi Menggunakan VPN

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, kemungkinan aplikasi tidak kompatibel adalah karena aplikasi tersebut hanya mendukung perangkat yang berada di cakupan area tertentu saja, biasanya pada aplikasi fintech, dan juga game.

Nah, di sini Sobat bisa langsung mengatasinya dengan melakukan trik mengubah wilayah perangkat Android atau Apple dengan menggunakan aplikasi VPN (Virtual Private Network)

Cara menggunakannya cukup mudah, Sobat bisa download aplikasi VPN, lalu pilih lokasi di VPN yang sesuai dengan negara di mana aplikasi tersebut bisa digunakan.

Misalnya saat Sobat ingin mencoba game Android terbaru yang biasa terlebih dulu hadir untuk pengguna di wilayah China, maka Sobat bisa menggunakan VPN lalu hubungkan ke server China agar bisa mengunduh bahkan memainkannya.

Kendati begitu, jika menggunakan VPN gratis terkadang ada beberapa kendala yang muncul saat mengakses dan memainkan aplikasi tersebut, kemungkinan besar akan mendapatkan kendala seperti aplikasi tidak lancar atau ping merah saat bermain game online multiplayer.

Solusinya Sobat bisa berlangganan VPN versi premium yang berbayar, maka fitur yang diberikan akan lengkap.

Update OS Android Menjadi Terbaru

Jika penyebab aplikasi tidak kompatibel adalah karena dukungan OS Android atau Windows yang digunakan masih versi lama, Sobat bisa perbarui atau update OS Android dan Windows ke versi yang memenuhi syarat aplikasi.

Biasanya pada beberapa aplikasi membutuhkan HP Android 6.0 Marshallow ke atas. Jadi, bagi Sobat yang masih menggunakan versi 5.0, aplikasi menjadi tidak kompatibel.

Jika ponsel Android Sobat mendukung untuk pembaruan OS, maka silakan perbarui OS.

Untuk memperbarui versi sistem operasi, Sobat biasanya hanya perlu menghubungkan HP ke jaringan internet yang stabil, kemudian masuk ke bagian Settings, cari opsi System Update, lalu pilih Download Manually. Jika tidak bisa memperbarui, kemungkinan ponsel Sobat tidak memiliki ruang memori yang cukup.

Untuk perangkat Windows, Sobat bisa memperbarui ke versi Windows minimal yang dapat mengakses aplikasi atau software tersebut. Sobat bisa memperbarui Windows melalui menu Windows update.

ROOT HP dan Custom ROM

Nah, cara mengatasi perangkat tidak kompatibel jika semua cara telah dicoba adalah dengan me-root sistem perangkat agar semua akses kendali sobat bisa kontrol penuh.

Namun cara ini tidak kami sarankan, pasalnya dibutuhkan teknik khusus, dan apabila salah dalam prosesnya maka sistem akan menjadi error juga mengakibatkan kerusakan pada hardware handphone.

Nah, jika sudah me-root ponsel Android Sobat, Sobat bisa custom ROM.

Custom ROM ini bisa membuat aplikasi menjadi kompatibel secara paksa dengan mengubah versi perangkat untuk mendapatkan versi OS Android terbaru.

Banyak Custom ROM Android yang populer dan seringkali digunakan seperti CyanogenMod yang kini sudah bertransformasi menjadi LineageOS.

Intinya cara mengatasi perangkat tidak kompatibel adalah dengan melakukan metode sesuai dengan masalah pada perangkat Sobat.

Baca juga Istilah lainnya di bawah ini:

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai arti kompatibel, dan cara mengatasi perangkat yang tidak kompatibel dengan beberapa trik yang bisa kami sampaikan untuk Sobat.

Silakan Sobat coba cara mengatasinya sesuai alasan kenapa perangkat Sobat tidak kompatibel ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *