9 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik

oli motor matic terbaik

Salah satu tips penting agar mesin motor matic lebih awet dan tidak cepat rusak adalah mengganti oli motor secara teratur jika waktunya sudah tiba. Sebab, oli motor berfungsi sebagai pelapis antara dinding ruang mesin dengan piston, sekaligus sebagai pelumas agar piston bergerak bebas.

Proses pembakaran di dalam ruang mesin sangat dipengaruhi oleh gerak bebas piston. Jika piston bergerak bebas dan lancar, proses pembakaran akan berlangsung dengan sempurna. Dari sini tentu sudah dipahami kalau fungsi oli mesin sangatlah penting

Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya menggunakan oli motor matic terbaik untuk motor matic kesayangan Anda. Jika Anda membutuhkan rekomendasi oli motor matic yang tepat, pastikan Anda membaca ulasan pada postingan ini sampai selesai.

Detail Ulasan 9 Oli Motor Matic Terbaik

1. Top 1 Action Matic

Top 1 Action Matic

Salah satu oli mesin motor yang direkomendasikan untuk motor matic kesayangan Anda adalah Top 1 Action Matic. Meskipun awalnya oli ini dibuat untuk motor merek Honda dan Yamaha, namun di lapangan digunakan untuk mesin motor apapun karena kualitasnya sudah terbukti dalam menjaga performa mesin.

Berkat kadar sintetiknya yang tinggi, suara mesin motor yang menggunakan oli mesin ini sangat halus., Dengan begitu, tentu motor tersebut lebih nyaman digunakan. Terlebih lagi dengan adanya smooth riding additive pada oli mesin ini, menjadikan akselerasi mesin lebih maksimal. 

Saat ini Top 1 Action Matic dijual di pasaran dengan kisaran harga Rp.35.000 – Rp.52.000. Produknya tersedia dalam ukuran 800 ML sampai 1 liter dengan viskositas SAE 10W-30, 10W-40 dan 20W-40. Oleh karena itu, pastikan Anda membeli oli yang sesuai dengan tipe motor Anda.

2. Castrol Active Matic

Castrol Active Matic

Rekomendasi berikutnya untuk oli terbaik untuk motor matic kesayangan Anda adalah Castrol Active Matic. Oli mesin yang berasal dari British Petroleum, Inggris ini dijual dengan harga yang lumayan mahal, yaitu berkisar Rp.50.000. Harganya memang mahal, tapi sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Oli motor matic ini tentunya sudah memiliki standar API SN. Berkat bahan bakunya yang terdiri dari bahan dasar semi sintetik yang lumayan kental, menjadikan suara mesin motor yang menggunakan oli ini terdengar sangat halus.

Saat ini oli motor tersebut tersedia dalam ukuran 1 liter dengan viskositas SAE 10W-30 dan 20W-40. Karena kualitasnya yang tinggi, Castrol Active Matic merupakan pilihan oli mesin terbaik untuk motor kesayangan Anda.

3. Shell Advance AX7 Matic

Shell Advance AX7 Matic

Oli motor matic yang bernama Shell Advance AX7 Matic atau Royal Dutch Shell ini berasal dari Belanda. Bahan utamanya adalah semi sintetik, yang menjadikan suara mesin motor lebih halus dan akselerasinya lebih sempurna.

Sebagai salah satu oli mesin yang sudah mendapatkan standar dari API-SM, tentu menggunakan Shell Advance AX7 Matic sebagai oli mesin motor matic Anda merupakan keputusan yang tepat. Meskipun harganya lumayan mahal, yaitu berkisar Rp.55.000. Ukuran produknya yang tersedia di pasaran saat ini adalah 0,8 liter hingga 1 liter.

4. Federal Matic 30

Castrol Active Matic

Oli motor matic yang satu ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan oli terbaik dengan harga murah. Meskipun harga jualnya hanya berkisar Rp.35.000, namun kualitasnya sudah banyak dibuktikan oleh pengguna oli mesin ini.

Berkat bahan baku active coly yang terdapat di dalamnya, oli motor matic terbaik ini dipercaya sangat efektif dalam melindungi gesekan antar komponen mesin. Oli mesin ini menggunakan standar JASO MP dan hadir dalam viskositas 10W-30 berukuran 800ML.

5. Motul Scooter LE 10W 30

Motul Scooter LE 10W 30

Oli matic terbaik lainnya yang juga direkomendasikan bagi Anda adalah Motul Scooter LE 10W-30. Oli yang hadir dalam ukuran 0,8 liter ini sangat populer di kalangan pembalap nasional dan internasional. Ini saja sudah bisa menjadi bukti kalau kualitas oli motor ini tidak perlu diragukan.

Tidak berlebihan jika oli mesin yang satu ini dimasukkan ke dalam oli motor matic terbaik. Sebab, bisa digunakan pada motor matic yang baru maupun yang lama. Kualitas bahan bakunya menjadikan performa mesin motor matic kesayangan Anda akan selalu terjaga.

6. Repsol Moto 4T 10W 30 Matic

Repsol Moto 4T 10W 30 Matic

Jika Anda membutuhkan oli motor matic Honda terbaik yang juga bisa digunakan pada motor matic Suzuki dan Yamaha, maka Repsol Moto 4T 10W 30 Matic merupakan pilihan yang tepat. Harga jualnya juga terjangkau, berkisar Rp 35.000 hingga Rp 40.000 saja. Meskipun murah, kualitas oli mesin ini tidak kalah dari oli motor lainnya yang dijual dengan harga mahal.

Oli mesin ini juga sudah berstandar API SJ dan JASO MB dengan viskositas 10W-30. Jika Anda membutuhkan oli mesin yang mampu menjaga performa mesin tetap maksimal dan suaranya halus, maka gunakanlah Repsol Moto 4T 10W 30 Matic.

7. Suzuki Genuine Oil SGO

Suzuki Genuine Oil SGO

Oli mesin yang satu ini tentu hanya bisa digunakan untuk motor Suzuki. Hal itu tentu diketahui dari namanya yaitu Suzuki Genuine Oil SGO. Bagi Anda yang mencari oli motor terbaik untuk motor Suzuki kesayangan Anda, maka oli mesin ini merupakan pilihan yang tepat.

Harga jualnya lumayan terjangkau, yaitu berkisar Rp 45.000 saja. Kapasitas yang terdapat dalam kemasan produknya adalah 0,8 liter dengan viskositas 10W-40 API SL. Oli mesin motor ini juga berstandar JASO MB

Keunggulan oli motor matic terbaik yang satu ini bukan hanya menjaga performa mesin tetap maksimal, tetapi juga efektif dalam mencegah korosi dan oksidasi mesin. Dengan begitu, mesin motor kesayangan Anda bisa lebih awet dan tahan lama digunakan.

8. AHM SPX2

AHM SPX2

Oli mesin yang satu ini sangat terkenal di kalangan bikers motor matic Honda. Bahkan, banyak dari dealer resmi Honda yang menggunakan AHM SPX2 sebagai oli motor matic mereka. Harga jualnya sangat terjangkau, yaitu berkisar Rp 44.000.

Isi dalam setiap kemasan produknya sebanyak 800 ML. Oli motor ini sudah berstandar JASO MP dan API SL, dengan viskositas 10W-30. Meskipun banyak digunakan pada motor merek Honda, bukan berarti motor merek lainnya seperti Yamaha dan Suzuki tidak bisa menggunakannya.

9. BM1 PC 1500 Matic

BM1 PC 1500 Matic

Jika Anda ingin performa motor matic kesayangan Anda tetap terjaga dan suara mesinnya tetap halus, cobalah gunakan BM1 PC 1500 Matic. Banyak yang sudah membuktikan kalau oli mesin motor ini sangat efektif digunakan sebagai pelumas mesin untuk perjalanan jarak jauh.

Harga jual oli motor yang satu ini memang lumayan mahal, yaitu berkisar Rp 95.000. Meskipun demikian, kualitas yang ditawarkan tentu sebanding dengan harga jualnya yang mahal. Selain memiliki standar JASO MB, oli mesin ini juga sudah berstandar API SL dengan viskositas 10W-30.

Akhir Kata

Fungsi oli motor dalam menjaga agar performa mesin tetap maksimal dan lebih awet, seharusnya Anda hanya menggunakan oli motor matic terbaik. Daftar oli motor terbaik yang direkomendasikan pada postingan kali ini bisa menjadi referensi bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.