Review Spesifikasi POCO C40 Harga Cuma Sejutaan

POCO C40

Halo Sobat AndroidPonsel, kali ini kita akan review HP baru dari POCO, yaitu POCO C40 yang harganya cuma sejutaan lebih tepatnya di harga Rp.1.599.000. Tentu harga murah dan merakyat ini sangat dinantikan, lalu bagaimana dengan spesifikasinya?.

Ok, untuk itu kami akan mengulas spesifikasi dari POCO C40 ini jadi untuk sobat yang ingin membelinya sebainya simak dulu spesifikasinya ya.

Spesifikasi POCO C40

Review POCO C40

Tidak seperti biasa, kali ini POCO hadir di lini entry level dengan menghadirkan HP harga sejutaan yang tentu saja sangat berbeda dengan HP sebelumnya yang sudah mereka keluarkan.

HP ini hadir dengan dimensi 169.6 x 76.6 x 9.2 mm dan hanya memiliki berat hanya 204 gram saja. Dan bagian layar hadir dengan panel IPS LCD 400 nits dengan layar berukuran 6,7 1 inci yang cukup luas, dan layarnya menghadirkan resolusi 720 x 1650 piksel serta menadpatkan proteksi dari Corning Gorilla Glass yang tidak diketahui versi berapa yang digunakannya.

Dibagian depan ini dilengkapi dengan sensor kamear sebesar 5MP, yang disematkan di bagian atas layar sehingga menghasilkan bentuk seperti tetesan air pada HP.

Oh ia, POCO C40 ini hadir dengan Dual SIM Nano ya, jadi sobat bisa menggunakan dua SIM Card secara bersamaan guna menggunakan dua nomor telpon yang berbeda.

Bagian belakang Poco C40

Beralih ke bagian belakang dari HP, terlihat adanya modul kamera yang tersematkan LOGO khas POCO, ya seperti kebanyakan HP POCO lainnya pasti ada logo di modul kamera tersebut.

Kamera belakang mendapatkan konifgurasi dua sensor kamera, yaitu Kamera utama 13 MP, f/2.2, (wide), PDAF dan sensor kedalaman 2 MP f/2.4. Dengan kombinasi ini, sobat bisa menghasilkan gambar yang aestetik apalagi akan mudah mendapatkan hasil foto bokeh. Selain itu kamera juga dilengkapi dengan LED flash berbentuk persegi panjang.

Di bagian belakang juga terdapat sensor pemindai sidik jari, yang berfungsi untuk mengunci layar HP menggunakan sidik jari yang terdaftar.

Sedangkan di sisi kanan perangkat, sobat akan menemukan tombol power dan juga volume. Di bagian atas ada Jack audio 3.5mm yang berfungsi sebagai tempat konektor penghubung headset dan juga speaker yang support dengan jack audio tersebut.

Performa POCO C40

Menariknya POCO C40 ini hadir dengan dukungan Chipset prosesor JLQ JR510 dengan fabrikasi 11nm, pasti sobat baru pernah mendengar chipset ini bukan?.

Nah chip JLQ JR510 ini memang chip yang digunakan pertama kali di C40, dan ini dibuat oleh JLQ Technology yang sudah bergerak dibidang perangkat lunak dan keras. Laman website perusahaan ada di JLQ.com.

Dilansir dari laman resmi JLQ.com, JR510 tidak hanya memiliki Modem GSM terkemuka, yang sepenuhnya dapat memenuhi persyaratan pasar luar negeri, tetapi juga mengadopsi CPU Arm Cortex A55 octa-core yang lebih canggih dan GPU Arm Mali G52, juga sebagai teknologi FinFET 11-nanometer canggih Samsung.

Selain itu JR510 juga mengintegrasikan prosesor akselerasi AI (NPU) perangkat keras independen, yang dapat memberikan daya komputasi 1.2TOPS. Menarik bukan?.

Chip prosesor tersebut disandingkan dengan RAM dengan pilihan 3 GB atau 4 GB dengan pilihan penyimpanan 32 / 64 GB, oh ia sobat juga bisa menambahkan kapasitas penyimpanan dengan microSDXC ya. Sedangkan OSnya hadir berbasiskan Android 11 yang dibalut dengan antaramuka MIUI 13 yang sudah dikostum khusus untuk POCO.

Fitur POCO C40

Selain spesifikasi yang memang dibuat untuk kalangan entry level, tapi menariknya POCO C40 ini dibekali dengan fitur yang cukup bisa dibilang berbeda.

Salah satunya adalah mendapatkan sertifikasi IP52 yang sudah tahan terhadap debu dan cipratan air, ya walaupun cipratan tapi sudah termasuk cukup ok lah ya.

Selain itu HP ini juga sudah mendapatkan kapasitas baterai yang besar, ya HP ini dibekali dengan 6000 mAh yang juga dilengkapi dengan adaptor charge sebesar 10W menggunakan kabel USB-C yang tentu saja akan mempercepat pengisian baterainya.

Fitur lainnya POCO C40 ini dibekali dengan NFC di beberapa negara, tapi belum kami ketahui apakah NFC juga hadir di Indonesia atau tidak.

Kesimpulan Spek

Menurut kami, di harga Rp 1,5 jutaan POCO C40 ini menjadi layak menjadi pilihan sobat yang sedang mencari HP 1 jutaan. Yang menjadi pertimbangan kami kenapa merekomendasikan HP ini adalah ada pada kapasitas baterainya yang besar dan dukungan power pengisian 10W yang cukup mengakomodasi.

Tapi tetap sobat juga harus mempertimbangkan penggunaan chipsetnya, karena yang digunakan adalah chipset baru dari JLQ jadi sobat boleh menunggu review uji kebolehan dari chipset tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *