5 Cara Membuat dan Upload Youtube Shorts Video

cara membuat youtube shorts

Sudah tahu belum kalau tahun depan Youtube akan membelakukan monetize pada shorts, jadi para Youtuber akan mendapatkan keuntungan dari video shorts yang mereka unggah. Nah apakah sobat sudah tahu cara membuat dan upload video Shorts? Untuk itu kami akan membahasnya secara lengkap.

Youtube akan membuat perubahan di tahun 2023 dengan memberikan keuntungan pada Youtuber dari video Shorts yang mereka upload, dengan adanya pengumuman tersebut sekarang ini Youtube Shorts sudah dibanjiri oleh video video baru demi meraih pendapatan di tahun depan nantinya.

Selain itu Youtube juga mengubah algoritma mereka, yang mana Shorts menjadi lebih cepat dan banyak mendapatkan view sehingga lebih cepat menyebar dan viral, tak heran Youtuber terkenal sekarang ini sudah mulai membuat video pendek yang menarik.

Nah jangan sampai ketinggalan, Sobat harus tahu nih cara membuat dan upload Youtube Shorts untuk mendapatkan pundi-pundi uang dari Youtube Patner.

Apa itu Youtube Shorts?

Youtube Shorts adalah video berdurasi pendek yang hanya memiliki durasi maksimal 60 detik, hal ini sama seperti Reels Instagram dan juga TikTok.

Fitur Shorts ini, youtuber bisa mengunakan musik komersil sehingga membuat konten menjadi lebih menarik.

Youtube menghadirkan Shorts bukan tanpa alasan, pastinya Youtube ingin bersaing secara langsung dengan TikTok yang menjadi sosial media dengan video pendek populer.

Maka tak heran Youtube juga membuka kesempata para kreator video mendapatkan uang dari Monetize video pendek tersebut.

Baca juga: Cara Melihat Gaji Youtuber Dari AdSense

Cara Membuat Youtube Shorts yang Menarik

cara upload youtube shorts

Nah untuk membuat Youtube Shorts dengan mudah, sobat bisa memanfaatkan aplikasi bernama canva, kenapa canva? karena aplikasi ini menyediakan banyak banget footage video yang bisa digunakan secara gratis.

Disamping itu Menggunakan Canva Premium juga mempermudah sobat membuat Youtube Shorts karena di dalam aplikasi juga terdapat fitur editing video, sobat bisa memotong, menambahkan musik ke dalam video dengan mudah.

Sobat bisa menari tutorial membuat Shorts di Canva, karena sudah banyak banget para blogger yang sudah membuat tutorial lengkapnya.

Atau kalau jika malas membuat video, sobat bisa memanfaatkan video dari sosial media lain seperti TikTok, sobat bisa download TikTok tanpa Watermark dan upload ulang di youtube Shorts, sobat bisa ubah musiknya langsung di dalam Youtube itu sendiri.

Cara Upload Youtube Shorts

Nah jika sobat sudah mempunya video ada dua cara upload video Youtube short, bisa langsung dari aplikasi yang ada di HP, atau melalui PC. Keduanya sama-sama mudah.

Cara Upload Youtube Shorts dari HP

Cara pertama sobat bisa menggunakan video yang ada di gallery hp sobat untuk dijadikan shorts, cara ini cukup mudah.

Untuk upload video pendek dan menjadikannya Shorts, sobat bisa langsung membuka aplikasi Youtube yang dimiliki.

Jika sudah terbuka, dibagian bawah ada menu tanda tambah silahkan klik, dan pilih buat video shorts. Nah sobat bisa langsung memilih video pendek mana yang ingin di unggah dan menambahkan backsound musik yang menarik.

Jangan lupa memberikan judul video dan juga tag secara lengkap ya.

Cara kedua sobat bisa menggunakan video durasi panjang yang sudah diupload di channel yang dimiliki. Caranya cukup buka video panjang tersebut, dan klik Remix, dan pilih edit menjadi video Shorts.

Sobat bisa langsung mengambil bagian yang menarik dari video panjang yang dimiliki, nantinya caranya hampir sama seperti sobat upload video langsung dari gallery, bedanya fitur remix tersebut penonton akan bias langsung klik ke video berdurasi panjangnya.

Remix ini sangat bagus dijadikan cuplikan sehingga penonton Shorts penasaran dengan video versi panjangnya.

Cara Upload Youtube Shorts dari PC

Cara selanjutnya sobat bisa upload video pendek untuk jadikan shorts melalui PC atau laptop. Caranya juga cukup mudah.

Sebenarnya untuk uplouad video Short melalui PC caranya seperti upload video panjang, sobat bisa klik menu Upload video, kemudian pilih video berdurasi pendek maksimal 60 detik, setelah selesai jangan lupa membuat judul dan wajib menyertakan tagar #Shorts dengan tagar ini Youtube akan mendeteksi bahwa video tersebut di unggah untuk shorts video.

Tapi dewasanya, Youtube sekarang sudah mampu metracking durasi video, jadi sepertinya kedepannya sobat tidak perlu lagi memberikan tagar #Shorts yang ada di judul video tersebut, karena otomatis Youtube akan mendeteksi bahwa video tersebut berdurasi pendek.

Baca juga: Youtube Go Versi Baru dan Lama

Video Short Dongkrak Pertumbuhan Subscriber

Sekarang ini Youtube sedang gencar-gencarnya untuk para konten kreator mengunggah video berdurasi pendek, dan saat ini sepertinya masih mudah untuk mendapatkan banyak view dan juga subscribe dari Shorts video.

Jadi jika sobat adalah Youtuber baru yang sedang mengejar subscriber, tak ada salahnya untuk memperbanyak unggah video pendek dan menjadikannya shorts.

Tips agar lebih mendapatkan banyak view, pastikan menggunakan video yang sedang trend dan juga musik yang sedang ramai digunakan.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks