Bandingkan Spesifikasi Vivo S1 Pro vs Samsung Galaxy A50s Ponsel dengan Kamera 48MP

| | , ,

Sebelumnya kami sudah membandingkan antara Vivo S1 dengan Vivo S1 Pro ponsel yang baru saja dirilis oleh produsen smartphone asal China tersebut. Kini kita akan membandingkan antara Vivo S1 Pro vs Samsung Galaxy A50s. Kedua smartphone ini hadir dengan sensor utama sebesar 48MP. Lantas ponsel mana yang memiliki spesifikasi lebih mumpuni? Kami akan “korek” spesifikasinya secara lengkap di halaman ini. Pastikan kalian sudah subscribe androidponsel.com agar selalu mendapatkan update berita HP terbaru ya!

Lihat juga versi lain dari ponsel ini : Vivo S1 vs Galaxy A50 sama-sama menggunakan triple kamera

Vivo s1 Pro vs Samsung Galaxy A50s Post
Bandingkan Vivo s1 Pro vs Samsung Galaxy A50s

Compare Vivo S1 Pro vs Galaxy A50s

Perbandingan pertama, kami akan melihat dari sisi desain dari kedua HP tersebut. keduanya hadir dengan teknologi panel layar yang sama yakni menggunakan Super AMOLED dengan takik berbentuk tetesan air sebagai tempat kamera depan. Urusan ukuran kedua HP hadir dengan perbedaan yang sangat tipis, Galaxy A50s mendapatkan 6,4 inci sedangkan S1 Pro hadir dengan 6,38 inci namun sama-sama menghasilkan resolusi layar sebesar 1080 x 2340 piksel dengan proteksi dari Corning Gorilla Glass yang masing-masingnya belum kami ketahui versinya.

Pada bagian belakang, kedua handphone hadir dengan desain cover yang berbeda. Selain itu kedua ponsel tersebut hadir jumlah sensor dan susunan kamera yang berbeda. Vivo S1 Pro hadir dengan empat kamera yang disematkan dibagian tengah di dalam frame kotak, sementara Galaxy A50s menyematkan kamera utama secara vertikal di bagian pojok kanan atas. Keduanya dilengkapi dengan LED Flash dan tidak ada pemindai sidik jari di bagian ini, melainkan pemindai sudah berada pada bagian layarnya.

Kemampuan Kamera Vivo S1 Pro vs Galaxy A50s

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, kedua HP hadir dengan salah satu sensornya sebesar 48MP. Tapi Galaxy A50s hanya dibekali dengan tiga sensor, sedangkan Vivo S1 Pro sudah mendapatkan empat sensor. Bagaimana dengan konfigurasinya? Kalian dapat melihatnya di bawah ini;

Kamera Belakang Vivo S1

  • 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF
  • 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4″, 1.12µm
  • 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (dedicated macro camera)
  • 2 MP, f/2.4, depth sensor

Kamera Utama Samsung Galaxy A50s

  • 48 MP, f/2.0, (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF
  • 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide)
  • 5 MP, f/2.2, depth sensor

Perbandinganya cukup signifikan bukan? Galaxy A50s tidak memiliki lensa makro sehingga tidak memiliki kemampuan menangkap gambar super kecil. Untuk itulah kami memberikan keunggulan kamera pada Vivo S1 Pro karena lebih baik dijuamlah sensornya. Namun untuk urusan hasil sepertinya keduanya tidak akan jauh berbeda.

Berdasarkan pantauan yang kami lakukan melalui internet, kami baru menemukan hasil dari kamera Galaxy A50s di situs GSMArena. Berikut adalah beberapa sempelnya;

"Perbandingan

"Perbandingan

Dikutip dari laman GSMArena, Mereka mengatakan bahwa Galaxy A50s mampu menangkap gambar di siang hari dengan baik, tapi hasilnya tidak luar biasa. Berikut adalah kutipan dari laman tersebut, “Samsung cenderung berlebihan dalam pengurangan noise, yang mengurangi banyak detail pada gambar. Ini kemudian mengimbangi dengan penajaman, yang cenderung menyebabkan haloing di sekitar tepi benda.”

Sayangnya kami belum mendapatkan hasil kamera dari Vivo S1 Pro, jadi kami tidak mengetahui hasil kualitas gambar yang dihasilkan. Jadi untuk bagian kamera kami belum mengetahui mana yang terbaik dari kedua ponsel tersebut.

Untuk kamera depan. Kedua HP hadir dengan sensor yang sama yaitu sebesar 32MP dengan berbukaan f/2.0.

Baca jugaAsus Zenfone 6 vs Realme X2 Pro Bandingkan HP di Harga 7 Jutaan

Performa Prosesor Snapdragon 655 vs Exynos 9611

Selanjutnya adalah perbandingan performa antara Vivo S1 Pro vs Galaxy A50s. Karena keduanya hadir dengan chip prosesor yang berbeda. Berikut adalah rinciannya;

Vivo S1 Pro 

  • Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
  • CPU ( Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver))
  • GPU Adreno 610

Samsung Galaxy A50s

  • Exynos 9611 (10nm)
  • CPU (Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53))
  • GPU Mali-G72 MP3

Jika dilihat dari konfigurasi CPU, tentu saja Samsung Galaxy A50s hadir dengan kinerja yang lebih baik. Tapi kita akan melihat perbandingan kedua chip tersebut di laman versus.com. Dari laman tersebut Exynos 9611 hadir dengan poin lebih tinggi yaitu 80, sedangkan Snapdragon hanya mendapatkan poin sebesar 76. Berikut adalah beberapa kelebihan dari kedua chip tersebut;

Alasan Qualcomm Snapdragon 665 lebih baik daripada Samsung Exynos 9611?

  • 2.98GB/s bandwidth memori lebih banyak
  • 2GB ukuran memori RAM lebih besar
  • Mendukung ECC memory.

Inilah mengapa Samsung Exynos 9611 lebih baik daripada Qualcomm Snapdragon 665?

  • 5.26% kecepatan jam CPU lebih cepat
  • 1334MHz kecepatan ram lebih tinggi?
  • 1nm lebih kecil ukuran semikonduktornya
  • 2 lebih banyak kanal memori?

Dari perbandingan tersebut terlihat masing-masing chip memiliki kelebihan, namun dari sisi poin tentu saja Exynos 9611 berada di atas SD655. Kalian bisa melihat perbandingan kedua chip ini di halaman resmi yang kami kutip di sini.

Kedua smartphone ini hadir dengan dukungan RAM dan penyimpanan internal yang berbeda. Vivo S1 Pro hadir dengan RAM 8GB dengan penyimpanan sebesar 128GB. Sedangkan Galaxy A50s hadir dengan pilihan RAM 4GB atau 6GB dengan penyimpanan internal 64GB atau 128GB. Keduanya dibekali dengan slot microSD untuk dapat memperluas penyimpanan secara eksternal.

Kapasitas Baterai dan Fitur Lainnya

Untuk urusan kapasitas baterai, Vivo S1 Pro hadir dengan kapasitas lebih besar yaitu 4500 mAh dengan dukungan pengisian cepat berdaya 18W. Sedangkan Galaxy A50s hanya berbekal kapasitas 4000 mAh dengan pengisian cepat 15W. Untuk fitur lainnya kalian dapat melihat detail perbedaannya di bawah ini;

FiturVivo S1 ProSamsung Galaxy A50s
LoudspeakerYesYes
jack 3.5mmYesYes
Active noise cancellation with dedicated micActive noise cancellation with dedicated mic
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspotWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
NFCYes (market dependent)
Infrared portNoNo
RadioFM radioFM radio
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
WarnaKnight Black, Fancy SkyPrism Crush Black, Prism Crush White, Prism Crush Green, Prism Crush Violet2

Dalam compare fitur dari masing-masing HP menunjukan, bahwa Galaxy A50s hadir dengan dukungan NFC, sementara Vivo S1 Pro tidak mendapatkannya. Walaupun dikatakan bahwa NFC masih belum begitu penting, tapi kami meyakini bahwa fitur NFC akan semakin penting kedepannya. Tentunya ini akan bergantung pada kalian, akan digunakan sebagai apa HP yang Sobat gunakan? Jika mencakup dengan kebutuhan pembayaran instan tentu saja NFC akan sangat penting. Dilihat dari beberapa fitur lainnya sepertinya tidak ada perbedaan.

Harga dan Kesimpulan

Bicara soal harga kalian dapat melihat list harganya di bawah ini; (Harga bisa saja berbeda dari waktu ke waktu)

  • Harga Vivo S1 Pro RAM 8GB/ 128GB Rp. 3.999.000
  • Harga Samsung Galaxy A50s RAM 6GB /128GB Rp. 4.999.000

Dari daftar diatas, tentu saja Vivo S1 Pro hadir dengan harga yang lebih murah dengan perbandingan hampir satu juta. Dengan menghemat buget 1 juta Sobat bisa mendapatkan smartphone dengan spek yang tidak kalah dari pesaingnya.

Untuk itu kalian dapat melihat kelebihan dan kekurangan dari masing-masing ponsel di bawah ini;

Kelebihan Vivo S1 Pro 

  • Layar Super AMOLED
  • Quad Camera 48MP
  • Baterai 4500 Mah
  • Pengisian Cepat 18W

Kekurangan Vivo S1 Pro

  • Tidak Mendapatkan Fitur NFC

Kelebihan Samsung Galaxy A50s

  • Layar Luas dengan Panel Super AMOLED
  • Fitur NFC
  • Kinerja CPU Lebih Cepat

Kekurangannya 

  • Hanya Triple Kamera dibandingakan Vivo S1

Pilih yang mana  Vivo S1 Pro vs Samsung Galaxy A50?

Dari perbandingan spesifikasi lengkap antara kedua HP kalian sudah dapat menyimpulkan mana yang hadir dengan spek lebih baik, walaupun keduanya hadir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi dari sisi buget ada perbedaan yang cukup jauh sehingga kalian sudah dapat menyimpulkannya, keputusan ada pada diri Anda dan pastikan sudah sesuai buget dan kebutuhan ya!

Previous

Jam Tangan Pintar Honor Magic Watch 2 Resmi Dirilis dengan Dua Varian Ukuran

10 Game Mobile Truk Simulator Android Terbaik

Next

Tinggalkan komentar di sini