Saat ini semua sistem yang dilakukan di perkantoran atau administrasi sudah mulai online. Oleh karena itu ada pula sistem online yang digunakan oleh guru dan tenaga pendidikan. Program yang satu ini sudah digunakan cukup lama namun tetap selalu ada pembaruan. Oleh karena itu pastinya akan ada suatu hal baru setiap tahunnya. Adapun hal – hal baru yang bisa anda nikmati adalah sebagai berikut dalam DHGTK online. Penasaran? Berikut ini adalah pembahasannya secara ringkas untuk anda.

Hal – Hal Baru Yang Ada Di DHGTK

Ada hal – hal baru dari hadir GTK yang bisa anda temui mulai dari tampilan hingga fungsi yang tersedia. Adapun daftar hadir online yang dikhususkan oleh guru dan tenaga pendidikan ini fungsinya cukup banyak. Hal inilah yang mempengaruhi untuk semua tenaga pendidikan dan guru wajib mengetahui dan mempelajarinya secara pasti. Adapun beberapa tampilan yang baru yang bisa anda maksimalkan sehingga anda bisa dengan mudah menggunakannya secara baik dan tepat. Penasaran dengan tampilan baru dari DHGTK? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda ketahui terkait tampilan baru dari daftar hadir online ini untuk guru dan tenaga pendidikan.

1. Adanya uraian DHGTK

Salah satu tampilan baru dari DHGTK versi terbaru adalah terdapat uraian dari program tersebut. Adapun uraian ini bertujuan agar para penggunanya mengerti dan memahami kegunaan dari program tersebut. Tidak hanya kegunaannya saja sebagai daftar hadir online, namun terdapat tujuan pula dalam penggunaan aplikasi tersebut. Ada pula penjelasan dari PP No 19 tahun 2017 pasal 15 dan Peraturan Menteri Keuangan No 50 tahun 2017 yang membahas tentang dasar pembayaran tunjangan profesi guru. Hal ini akan sangat memberikan informasi kepada guru dan tenaga pendidikan untuk mendapatkan hal – hal yang perkaitan dengan daftar hadir dan tunjangan profesi guru.

2. Menu Cek Kehadiran secara mudah

Adapun di dalam DHGTK yang versi barunya, saat ini sudah ada fitur untuk cek kehadiran. Oleh karena itu untuk guru dan tenaga pendidikan yang sudah absen bisa melihat dan mengecek kehadirannya. Hal ini bentuknya menjadi transparan karena dengan mudah guru dan tenaga pendidikan mengetahui apakah absen online dapat bekerja dengan baik dan maksimal. Adapun hal ini juga sebagai pengingat anda agar anda lebih rajin dan tepat waktu untuk datang dan absen. Hal inilah yang mempermudah guru dan tenaga pendidikan untuk menjaga agar tidak terjadi absen kosong. Hal in cukup membantu guru dan tenaga pendidikan.

3. Menu Login

Adapun menu login dari daftar hadir online ini memiliki dua fungsi. Fungsi pertama untuk login sekolah yang dipegang datanya oleh kepala sekolah. Fungsi adanya login dengan id sekolah bertujuan bermacam – macam seperti hal – hal yang berkaitan dengan administrasi. Hal ini akan memudahkan sekolah dalam melakukan pengecekan apapun yang berkaitan dengan administrasi dan berhubungan dengan Dinas Pendidikan. Kemudian untuk fungsi yang kedua, digunakan untuk login Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota. Fungsi ini juga hampir sama dengan login id sekolah. Bertujuan untuk mengurusi administrasi sekolah dengan Dinas Pendidikan setempat. Kemudian bisa juga memberikan arahan dan perintah agar dapat memudahkan dalam proses penerimaan data.

4. Validasi Data Guru

Kemudian adapun hal baru dari DHGTK yang bisa digunakan yaitu dengan adanya validasi data guru. Hal ini sebagai informasi yang penting dan harus diketahui oleh guru yang bersangkutan. Data – data ini cukup penting sehingga harus di isi dengan baik dan benar. Adapun  data – data ini nantinya akan menjadi data individu yang membuat guru dan tenaga kependidikan mengetahui performa masing – masing dan guru – guru lainnya. Hal ini pula yang menjadi pembiasaan terhadap guru dan tenaga kependidikan untuk membiasakan mengisi data yang benar dan terbaik. Oleh karena itu adanya validasi data ini dapat membantu guru dan tenaga kependidikan.

5. Panduan Penggunaan DHGTK

Jika anda kesulitan dalam menggunakan daftar hadir online ini, maka anda jangan khawatir. Hal ini dikarenakan pada versi baru dari DHGTK ini memiliki panduan lengkap dalam penggunaannya. Hal inilah yang memudahkan guru dan tenaga kependidikan untuk memahami lebih baik lagi penggunaan daftar hadir online ini. Tentu saja dengan adanya panduan akan memudahkan anda untuk mendapatkan dan memahami sistem ini. Panduan ini sangat berarti untuk orang – orang yang gagap teknologi. Oleh karena itu fitur panduan penggunaan DHGTK ini sangat membantu orang – orang yang ingin menggunakan aplikasi ini tapi belum memahami dengan baik aplikasi daftar hadir ini.

Pertanyaan Yang Sering Ditanya Tentang DHGTK

Ada beberapa hal yang mungkin menjadi pertanyaan seperti bagaimana cara absen atau dan lain sebagainya. Maka pada bahasan berikutnya bisa anda ketahui beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan dalam penggunaan DHGTK. Pertanyaan – pertanyaan ini jug menjadi salah satu cara yang mudah untuk membantu para penggunanya untuk memahami lebih baik lagi tentang aplikasi daftar hadir online. Memang tidak terlalu penting namun hal ini membuat anda menjadi lebih memahami kepentingan dan kegunaan dari aplikasi yang satu ini. Penasaran? Berikut ini adalah pembahasannya untuk anda tentang pertanyaan yang sering diajukan tentang DHGTK.

1. Apa itu DHGTK?

Pertanyaan ini sering muncul dan tentu saja menjadi sebuah pertanyaan umum. Walaupun sudah dijelaskan di sistem namun tentu saja hal ini bisa memberikan banyak arti. Intinya sistem ini adalah daftar hadir online yang digunakan oleh guru dan tenaga kependidikan. Untuk sekolahnya mulai dari negeri ataupun swasta. Hal ini menjadi sebuah data dan bisa dilakukan absensi secara harian, mingguan, dan bulanan.

2. Pencatatan absen dilakukan oleh siapa?

Ada hal – hal lainnya dalam DHGTKyang sering ditanyakan seperti siapa yang melakukan pencatatan? Jadi jawabannya adalah ada dua yang bisa melakukan pencatatan. Pertama adalah dari pihak operator dapodik dan dari pihak kepala sekolah. Namun pada umumnya nantinya ayang akan berurusan dalam masalah absensi pastinya dari pihak Dapodik. Kepala sekolah juga bisa melakukannya namun tugasnya akan sebatas seperti pengecekan absen dan hal – hal yang ganjil jika terjadi masalah pada sistem.

Baca juga:

3. Bagaimana cara pengisian absen?

Telah dijelaskan sebelumnya jika absen bisa dilakukan kapan saja. Jika tidak bisa harian maka bisa digunakan sistem mingguan. Jika tidak bisa mingguan maka bisa digunakan sistem bulanan. Hal ini menandakan kemudahan dalam penggunaannya sehingga para guru dan tenaga kependidikan bisa menyesuaikan dengan program yang dijalankan oleh sekolah. Hal ini membuat sistem ini menjadi salah satu sistem absen gtk yang mudah untuk digunakan.

Demikian informasi penting tentang DHGTK dan lain – lainnya. Semoga informasi ini bisa membantu anda memahami daftar hadir online yang telah diciptakan khusus guru dan tenaga kependidikan. Semoga bisa menggunakan dengan baik dan benar.

Tinggalkan komentar di sini