Apa Arti Gamon? Yuk Simak Penjelasannya!

gamon

Pergaulan di kalangan anak-anak muda melalui media sosial kerap kali menghadirkan istilah-istilah gaul yang berlaku di antara mereka. Terkadang istilah tersebut justru membingungkan ketika didengarkan oleh orang-orang dewasa. Wajar sih, karena memang istilah gaul itu hanya berlaku untuk mereka.

Salah satu istilah yang sering didengarkan adalah Gamon. Lantas apa arti Gamon yang sebenarnya? Tidak perlu bingung, artikel kali ini akan menjelaskan tentang istilah tersebut dan beberapa istilah gaul lainnya. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Apa Arti Sebenarnya dari Gamon?

gamon

Jika sobat aktif di media sosial atau hangout bersama anak-anak muda  gaul, sedikit banyak sobat tentu pernah mendengarkan istilah Gamon. Istilah tersebut sering sekali terdengar khususnya di kalangan anak-anak muda yang pernah merasakan putus cinta.

Kata Gamon sebenarnya merupakan singkatan dari ‘gagal move on’. Jadi, istilah tersebut digunakan untuk orang-orang yang tidak bisa melupakan hubungan masa lalu.

Orang-orang yang Gamon bisa diketahui dari kebiasaan dia yang tiba-tiba membicarakan tentang mantannya; kebaikan-kebaikan dan kelebihan-kelebihan dari mantannya. Jika sobat mendapatkan ada orang-orang seperti itu, pertanda kalau orang tersebut terjatuh ke dalam Gamon.

Ciri-Ciri Orang yang Mengalami Gamon

Orang yang mengalami Gamon bisa diketahui dari beberapa ciri-ciri yang sering nampak pada orang tersebut, yaitu :

  • Sering bercerita tentang mantannya, seperti kebaikan-kebaikannya, atau kenangan saat masih bersamanya.
  • Mudah teringat dengan berbagai hal yang berkaitan dengan mantannya, seperti makanan dan minuman favorit, tempat nongkrong favorit, dan lain sebagainya.
  • Masih sering stalking atau kepo dengan kehidupan mantannya.
  • Masih menyimpan barang-barang pemberian mantannya.
  • Masih terasa berat untuk memulai hubungan dengan orang lain.

Tips Agar Tidak Mengalami Gamon

Selain mengetahui apa arti Gamon, tidak kalah penting juga untuk mengetahui tips agar tidak mengalami Gamon. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan :

Baca juga: Istilah What Does Rawr Mean Artinya Apa? Sempat Viral!

1. Hubungi Teman Lama

Sobat tentu memiliki teman lama yang mungkin sudah lama tidak berjumpa dan berkomunikasi. Sebagai teman lama, tentu banyak hal-hal menarik dan seru yang pernah dilalui. Nah, agar terhindar dari Gamon, sebaiknya hubungi teman lama tersebut untuk mengulangi berbagai keseruan yang pernah dilakukan bersama. Dengan begitu, sobat bisa terhindar dari memikirkan mantan dan pikiran terasa lebih fresh.

2. Cari Teman Baru

Sulit untuk menghubungi teman lama? Tidak perlu khawatir, saatnya sobat mencari teman baru. Manfaatkan saja media sosial yang sangat banyak saat ini untuk mencari teman baru dan menjalin pertemanan. Dengan begitu, sobat bisa lebih rileks dan tidak terikat dengan kenangan bersama mantan.

3. Mencari Kesibukan Baru

Jika teman lama sulit dihubungi dan sobat enggan untuk mencari teman baru, maka sibukkan diri dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat.  Dengan menyibukkan diri melakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat, sobat bisa melupakan mantan dengan cepat.

4. Lakukan Hal-hal yang Membuat Bahagia

Sobat punya hobi atau aktivitas yang terasa menyenangkan dan mengasikkan? Mengapa tidak sibukkan diri dengan melakukannya. Dengan begitu, sobat bisa merasakan kegembiraan, sehingga bisa lebih mudah melupakan mantan.

5. Cari Bantuan Profesional

Jika sobat kesulitan melakukan semua cara-cara yang disebutkan di atas, sobat bisa mencari bantuan profesional yang bisa membantu mengatasi masalah Gamon yang menimpa. Bisa menghubungi psikiater, tokoh agama, dan yang lainnya.

Jika sobat mengalami Gamon, cobalah melakukan tips-tips yang disebutkan di atas. Niscaya tips-tips tersebut bisa membantu move on dan melangkah ke arah hidup yang lebih baik dan lebih bahagia.

Arti Kata-kata Gaul Lainnya

Selain mengetahui arti kata Gamon, di bawah ini akan disebutkan beberapa kata gaul lain beserta artinya:

Baper

Kata baper merupakan singkatan gaul dari bawa perasaan. Istilah ini merujuk kepada seseorang yang mudah sekali memasukkan ke dalam hati segala ucapan dan tindakan orang lain.

Prenjon

Kata Prenjon merupakan plesetan dari friendzone yang berarti zona teman. Kata gaul ini digunakan untuk menggambarkan hubungan pertemanan antara seorang pria dan seorang wanita yang sebenarnya ada cinta di antaranya.

Bucin

Kata Bucin merupakan singkatan dari budak cinta. Kata gaul ini merujuk kepada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, sehingga sanggup untuk melakukan apa saja demi orang yang dia cintai.

Gercep

Kata Gercep merupakan singkatan dari gerakan cepat. Kata gaul ini berupa anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya.

Halu

Kata Halu merupakan singkatan dari halusinasi. Kata gaul ini digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki khayalan tinggi.

Japri

Kata Japri merupakan singkatan dari jalur pribadi atau jaringan pribadi. Kata gaul ini merujuk kepada aktivitas pesan pribadi yang dilakukan di antara dua orang.

Mantul

Kata mantul merupakan singkatan dari mantap betul. Kata gaul ini digunakan sebagai apresiasi terhadap sesuatu. Jadi bentuknya seperti pujian.

Gaje

Kata Gaje merupakan singkatan dari gak Jelas atau enggak jelas. Kata gaul ini digunakan kala seseorang tidak memahami atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

Mager

Kata mager merupakan singkatan dari kalimat malas gerak. Kata gaul ini sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

Ghosting

Kata Ghosting merupakan kata gaul yang dimaksudkan untuk menunjukkan makna ditinggalkan tanpa kabar atau hubungan yang tidak jelas.

Kepo

Kata Kepo merupakan singkatan dari knowing every particular object. Kata gaul ini sering didefinisikan sebagai rasa ingin tahu yang berlebihan terkait kepentingan atau urusan orang lain.

Pansos

Kata Pansos merupakan singkatan dari panjat sosial. Kata gaul ini bisa diartikan sebagai usaha seseorang dalam melakukan pencitraan diri agar nantinya bisa mendapatkan perhatian dan memiliki status sosial tinggi.

Ngab

Kata Ngab memiliki makna Bang. Kata gaul ini merupakan kata sapaan untuk kakak laki-laki. Biasanya kata gaul ini digunakan di media sosial untuk memanggil seseorang.

Bestie

Kata Bestie diambil dari bahasa Inggris yang bermakna best friend atau teman dekat. Kata gaul ini biasa digunakan dalam slang internasional dengan arti yang sama.

Nolep

Kata Nolep merupakan plesetan dari kata bahasa inggris yaitu No Life. Kata gaul ini merujuk pada seseorang yang lebih suka tinggal dan berdiam diri di rumah daripada bergaul.

Kicep

Kata Kicep digunakan untuk menggambarkan seseorang yang tidak bisa membalas perkataan lawannya.

Gabut

Kata gabut merupakan singkatan dari gaji buta. Kata gaul ini tidak hanya digunakan untuk menggambarkan makan gaji buta, tapi juga mewakili perilaku seseorang yang sama sekali tidak melakukan aktivitas apapun atau bingung untuk melakukan apa.

Julid

Kata Julid merupakan kata gaul yang berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Kata gaul ini umumnya digambarkan pada seseorang yang memberikan komentar negatif yang menyudutkan seseorang.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa arti Gamon dan kata-kata gaul lainnya yang cukup populer di kalangan anak-anak muda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks