5 Aplikasi Parental Control Android dan Tips Memilihnya

Parental Control Android

Artikel ini bertujuan untuk memperkenalkan beberapa Aplikasi Parental Control Android terbaik untuk dapat menjaga keamanan Anak ketika menggunakan gadget.

Sobat! Menjaga keamanan dan kenyamanan anak-anak kita saat online jadi sesuatu yang penting banget, lho. Makanya, nggak heran jika banyak orang tua mencari cara terbaik buat ngawasin aktivitas online anak-anak mereka.

Nah, salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi parental control untuk perangkat Android. Aplikasi-aplikasi ini dirancang untuk membantu orang tua dalam memantau dan mengendalikan penggunaan perangkat digital oleh anak-anak mereka.

Aplikasi parental control ini nggak cuma buat memblokir akses ke konten yang nggak pantas, tapi juga bisa buat mengatur waktu penggunaan perangkat, memantau aktivitas online, hingga melacak lokasi.

Sangat berguna untuk menjaga anak-anak kita tetap aman di dunia maya yang penuh dengan berbagai macam risiko.

Beberapa aplikasi parental control yang cukup populer di kalangan orang tua, termasuk:

1. Qustodio

Qustodio

Qustodio adalah salah satu pemain terkemuka di arena aplikasi kontrol orang tua, menawarkan solusi lintas platform yang bisa digunakan di Android, iOS, Windows, Mac, dan Kindle.

Dengan versi gratis, Sobat sudah bisa menikmati fitur dasar seperti penjadwalan penggunaan perangkat dan pemblokiran konten yang tidak pantas.

Namun, jika ingin mendalami lebih jauh, versi berbayarnya menambahkan pemantauan SMS dan media sosial, serta kontrol aplikasi yang lebih detil. Keunggulan Qustodio adalah kemudahannya dalam mengatur dan memantau aktivitas online anak dari dashboard yang user-friendly.

2. Mobicip

Mobicip

Mobicip menyuguhkan fitur-fitur pengawasan yang cukup kuat dengan dukungan untuk berbagai sistem operasi, yang memungkinkan penguncian perangkat, pemblokiran aplikasi, serta rekaman riwayat pencarian dan penjadwalan penggunaan perangkat.

Platform ini bisa mengawasi hingga 15 perangkat, membuatnya ideal untuk keluarga besar. Fitur yang menarik dari Mobicip adalah kemampuannya untuk mengatur tingkat penyaringan konten berdasarkan usia anak, memastikan bahwa mereka terlindungi dari konten yang tidak pantas.

3. Screen Time

Screen Time

Screen Time lebih fokus pada manajemen waktu penggunaan layar, memungkinkan orang tua untuk mengatur batas harian, jadwal tidur, dan jadwal sekolah untuk penggunaan perangkat.

Fitur pelacakan lokasi, pemblokiran aplikasi, dan penyaringan konten internet membuat Screen Time menjadi pilihan yang baik untuk orang tua yang ingin mengontrol penggunaan perangkat secara keseluruhan tanpa mengawasi setiap detil aktivitas online anak.

Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS.

4. Aplikasi dari Perusahaan Keamanan Siber

Kaspersky SafeKids
Kaspersky SafeKids

Perusahaan keamanan siber ternama seperti ESET, Kaspersky, dan Norton juga menawarkan solusi parental control dengan ESET Parental Control, Kaspersky Safe Kids, dan Norton Family.

Aplikasi-aplikasi ini tidak memberlakukan batasan jumlah perangkat dan menawarkan fitur pelacakan lokasi, manajemen dan pemblokiran aplikasi, serta penyaringan konten internet.

Solusi ini ideal bagi keluarga yang mengutamakan keamanan siber serta ingin memastikan keamanan perangkat dan data anak-anak mereka.

5. iKeyMonitor

iKeyMonitor adalah aplikasi yang menawarkan lebih dari 45 fitur untuk memantau hampir setiap aspek dari penggunaan ponsel oleh anak, termasuk rekaman kedua sisi pesan obrolan, pengambilan foto dan tangkapan layar dari jauh, serta fitur mendengarkan dan merekam suara sekitar secara real-time.

iKeyMonitor beroperasi dalam mode diam-diam untuk mencegah penghapusan atau gangguan, dan menawarkan paket gratis yang cukup lengkap.

Setiap aplikasi memiliki keunggulan dan fitur uniknya, Sobat. Jadi, pilihlah berdasarkan apa yang paling sesuai dengan kebutuhan keluarga Sobat.

Ingat, kenyamanan dan keamanan anak-anak kita di dunia digital adalah prioritas utama. Jadi, jangan ragu untuk menginvestasikan waktu dan sumber daya dalam memilih solusi parental control yang tepat!

    Tips Memilih Aplikasi parental control

    Memilih aplikasi kontrol orang tua (parental control) yang pas memang bisa bergantung pada berbagai faktor, termasuk usia anak, kebutuhan spesifik keluarga, dan tentu saja, anggaran yang tersedia.

    Ini penting banget karena setiap keluarga punya kebutuhan yang berbeda-beda tergantung pada dinamika dan tantangan unik yang mereka hadapi.

    1. Untuk Anak di Bawah 12 Tahun

    Ketika anak-anak masih kecil, fokus utamanya mungkin adalah melindungi mereka dari konten yang nggak pantas atau bahaya online lainnya.

    Di sinilah fitur pemblokiran konten menjadi super penting. Aplikasi yang menyediakan penyaringan konten yang kuat dan kemampuan untuk memblokir situs web atau aplikasi tertentu bisa jadi sangat membantu.

    2. Untuk Remaja

    Nah, kalau anak-anak sudah beranjak remaja, tantangannya bisa berubah. Mereka mungkin lebih banyak menggunakan aplikasi pesan instan dan media sosial, yang berarti orang tua mungkin ingin lebih fokus pada pengawasan aplikasi semacam ini.

    Ditambah lagi, remaja juga mulai menggunakan laptop atau komputer lebih sering untuk tugas sekolah atau kegiatan lainnya, sehingga kemampuan untuk mengawasi perangkat ini juga menjadi penting.

    3. Menyesuaikan dengan Kebutuhan Keluarga

    Setiap keluarga unik dan memiliki kebutuhan serta preferensi yang berbeda. Itulah mengapa penting buat menyesuaikan pilihan aplikasi dengan situasi spesifik keluarga Sobat.

    Misalnya, jika keluarga Sobat sering menggunakan lebih dari satu jenis perangkat, mencari aplikasi yang mendukung multi-platform bisa jadi keputusan yang bijak.

    4. Pertimbangkan Harga dan Fitur

    Terkadang, aplikasi dengan versi gratis sudah cukup memenuhi kebutuhan keluarga. Namun, beberapa keluarga mungkin memerlukan fitur yang lebih komprehensif yang biasanya hanya tersedia pada versi berbayar.

    Jadi, penting untuk mempertimbangkan baik-baik fitur apa saja yang benar-benar dibutuhkan dan berapa banyak anggaran yang bisa dialokasikan untuk ini.

    Intinya, Sobat, jangan pernah ragu untuk menggunakan semua alat yang tersedia untuk melindungi anak-anak kita di dunia digital.

    Dengan sedikit riset dan pemahaman tentang kebutuhan spesifik keluarga, Sobat bisa menemukan solusi parental control yang tepat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan si kecil online.

    Karena pada akhirnya, keamanan anak-anak kita di dunia maya adalah prioritas utama kita semua. Tetap waspada dan bijak dalam memilih, ya, Guys!

    Selain itu AndroidPonsel juga sudah membahas aplikasi MSpy untuk sadap HP dan Aplikasi Trackview, siapa tahu kamu tertarik untuk membacanya juga.



    Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Bergabung Di Komunitas Kami

    X
    Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks