Cara Daftar dan Verifikasi Google Bisnisku: Panduan Lengkap Untuk Pemula

google bisnisku

Hai Sobat Pebisnis, mau tau cara mendaftar dan verifikasi Google Bisnisku? Nah, Google Bisnisku atau lebih dikenal dengan Google My Business adalah alat yang wajib kamu gunakan. Dengan ini, bisnismu bisa muncul di Google Maps, loh! Dan tahu nggak sih, semua ini GRATIS! Yuk, simak langkah-langkahnya.

Kenapa Harus Daftar Google Bisnisku?

Oke, sebelum lanjut ke bagian teknis, mari kita bicara soal “Mengapa?”—Mengapa sih kamu, Sobat Pebisnis, perlu memanfaatkan Google Bisnisku? Nah, berikut ini beberapa alasan yang bisa membuatmu terpikat:

1. Tingkatkan Visibilitas Bisnis di Google

Bayangkan bisnismu muncul setiap kali orang mencari layanan atau produk yang kamu tawarkan di Google. Itu akan jadi pemasaran 24/7 yang nggak perlu kamu bayar sepeserpun!

2. Semua Informasi di Satu Tempat

Dari alamat, nomor telepon, hingga jam operasional, semua informasi tentang bisnismu akan tampil di satu platform. Ini akan memudahkan calon pelanggan untuk menghubungimu atau bahkan langsung datang ke lokasimu.

3. Interaksi Langsung dengan Pelanggan

Google Bisnisku memungkinkan pelanggan untuk meninggalkan ulasan dan pertanyaan. Ini memberimu kesempatan untuk berinteraksi langsung dan membangun relasi yang lebih baik.

4. Analitik dan Insight

Dapatkan data berharga tentang bagaimana orang menemukan bisnismu, dari kata kunci apa yang mereka gunakan hingga demografi mereka. Ini bisa menjadi sumber intelijen pemasaran yang sangat berharga.

5. Update dan Promo Jadi Lebih Mudah

Punya event atau promo baru? Kamu bisa langsung update di Google Bisnisku. Ini pasti lebih cepat dan efisien daripada meng-update informasi di berbagai platform.

6. Gratis!

Last but not least, ini semua GRATIS! Jadi, kamu bisa mendapatkan semua keuntungan ini tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Untuk sobat yang mempunyai bisnis offline, kalian bisa baca Kenapa Bisnis Offline Harus Daftar di Google Bisnisku.

Bagian 1: Daftar & Verifikasi

Siap untuk memulai petualangan bisnismu di Google Bisnisku? Tenang, kita akan melewati setiap langkahnya satu per satu. Yuk, mulai!

Langkah 1: Buka Website Google Bisnisku

Cara Melakukannya:

  1. Buka browser favoritmu, bisa Chrome, Firefox, atau apapun itu.
  2. Masuk ke Google Bisnisku.
  3. Cari tombol ‘Kelola Sekarang’ dan klik!

Tips:

Pastikan kamu sudah login dengan akun Google yang ingin kamu gunakan untuk bisnismu. Ini akan mempermudah proses selanjutnya.

Langkah 2: Isi Nama Bisnismu

Cara Melakukannya:

Masukkan nama bisnismu yang memang sudah kamu pikirkan matang-matang. Nama ini akan muncul di Google Maps dan pencarian Google, lho.

Tips:

Pilih nama yang mudah diingat, unik, dan tentu saja, relevan dengan apa yang kamu jual atau tawarkan.

Langkah 3: Pilih Tipe Bisnismu

Cara Melakukannya:

Kamu akan diberi tiga pilihan:

  1. Retail Online: Cocok untuk kamu yang fokus di e-commerce.
  2. Toko Lokal: Jika kamu punya toko fisik.
  3. Bisnis Layanan: Untuk jasa atau layanan.

Tips:

Pilih jenis bisnis yang paling sesuai, karena ini akan mempengaruhi bagaimana bisnismu muncul di hasil pencarian.

Langkah 4: Masukkan Detail Kontak

Cara Melakukannya:

Di sini kamu harus memasukkan alamat lengkap dan kontak bisnismu. Jangan sampai salah, ya!

Tips:

Masukkan juga website dan media sosial jika ada. Ini akan memberikan pelanggan lebih banyak cara untuk terhubung denganmu.

Langkah 5: Verifikasi Akunmu

Cara Melakukannya:

Setelah semua data terisi, langkah selanjutnya adalah verifikasi. Google akan mengirimkan kode ke alamat yang kamu masukkan untuk memastikan bahwa bisnismu adalah nyata.

Tips:

Pastikan semua data yang kamu masukkan benar dan up-to-date. Kesalahan kecil bisa memperlambat proses verifikasi.

Nah, Sobat Pebisnis, itulah langkah-langkah daftar dan verifikasi Google Bisnisku. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Bagian 2: Cara Mempromosikan Google Businessku

Sobat! Jadi sekarang kamu sudah tahu cara daftar dan verifikasi Google Bisnisku. Tapi tunggu dulu, ada hal yang nggak kalah penting nih, yaitu cara mempromosikan Google Bisnisku. Simak yuk!

Langkah 6: Posting Update Terbaru

Cara Melakukannya:

Google Bisnisku memungkinkan kamu untuk membuat postingan yang akan muncul langsung di halaman bisnismu. Mau ada produk baru atau promo keren? Posting saja!

Tips:

Usahakan untuk rutin update, minimal seminggu sekali. Ini akan membuat bisnismu tampak aktif dan informatif.

Langkah 7: Manfaatkan Fitur Ulasan

Cara Melakukannya:

Ajak pelangganmu untuk meninggalkan ulasan positif setelah bertransaksi. Ulasan ini sangat berpengaruh dalam menarik pelanggan baru.

Tips:

Balas setiap ulasan yang masuk, baik itu positif atau negatif. Ini menunjukkan bahwa kamu peduli pada pelanggan.

Langkah 8: Gunakan Foto Berkualitas

Cara Melakukannya:

Upload foto-foto berkualitas tinggi dari produk atau layananmu. Ini bisa jadi magnet yang menarik pelanggan untuk mencoba produkmu.

Tips:

Gunakan foto yang menggambarkan bisnismu dengan jelas. Misalnya, jika kamu punya restoran, tunjukkan foto makanan yang paling populer.

Langkah 9: Analisis Insight

Cara Melakukannya:

Google Bisnisku menawarkan fitur analitik yang memberimu insight tentang pelanggan. Kamu bisa melihat dari mana saja mereka menemukanmu, dan informasi demografis lainnya.

Tips:

Manfaatkan data ini untuk menyempurnakan strategi pemasaranmu. Misalnya, jika banyak pelanggan datang dari pencarian lokal, fokuslah pada SEO lokal.

Langkah 10: Gunakan Fitur Promo

Cara Melakukannya:

Beberapa fitur di Google Bisnisku memungkinkan kamu untuk membuat promo atau diskon khusus yang akan muncul di halaman bisnismu.

Tips:

Jadikan promo ini sebagai sesuatu yang eksklusif untuk pengunjung Google Bisnisku. Ini akan membuat mereka merasa spesial dan lebih mungkin untuk bertransaksi.

Jadi, sudah siap untuk mempromosikan bisnismu ke level selanjutnya? Semoga tips di atas bisa membantu kamu, Sobat!

Kesimpulan

Tuh kan, Sobat Pebisnis, siapa bilang urusan bisnis selalu rumit? Dengan daftar dan verifikasi Google Bisnisku, mendaftar dan mempromosikan bisnismu itu se-simpel ABC. Dari mulai nge-brand nama bisnismu, interaksi dengan pelanggan, hingga memahami mereka lebih dalam, semua bisa kamu lakukan di satu platform yang user-friendly ini. Dan yang paling hebat, semua itu GRATIS!

Jadi, tunggu apa lagi? Kesempatan untuk mengoptimalkan bisnismu sudah di depan mata. Yuk, manfaatkan Google Bisnisku sekarang juga! Jika kamu ingin menambahkan lokasi di Google Maps tapi bukan lokasi bisnis, Sobat juga bisa melakukannya loh, caranya sangat mudah!

Terimakasih sudah membaca, dan semoga sukses selalu menghampiri bisnismu. Ingat, update dan promosi itu penting. Jadi, jangan sampai ketinggalan ya, Sobat Pebisnis!



Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks