Definisi Multitouch Pada Android, Fungsi, dan Cara Mengetesnya

Multitouch

Dalam penggunaan smartphone Android, definisi multitouch dan fungsi-fungsinya perlu diketahui. Pasalnya, fungsi multitouch dapat memberikan pengalaman lebih maksimal kepada para pengguna smartphone Android. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fitur ini, yuk simak pembahasannya berikut.

Apa Definisi Multitouch Pada Android?

Teknologi multitouch sendiri pertama kali ada di sistem operasi atau OS Android Froyo. Sebelumnya, para pengguna Android memakai OS Eclair yang belum mendukung fungsi multitouch. Namun, setelah di-update ke Froyo, perangkat Android akan mendukung dua titik sentuhan.

Sederhananya, multitouch pada perangkat Android merupakan layar yang dapat mengenali sentuhan lebih dari satu jari sekaligus. Saat ini, hampir semua smartphone Android yang dijual telah memiliki layar multitouch.

Dengan adanya multitouch, tentu pengguna smartphone bisa dengan mudah bermain game online. Beberapa game keren, seperti Cytus dan Mobile Legends akan semakin seru saat dimainkan dengan menggunakan Android yang mendukung banyak multitouch.

Apa Fungsi dari Multitouch Pada Android?

Tidak hanya ditentukan dari sistem operasi saja, kemampuan multitouch Android juga dipengaruhi oleh jenis layar dan sensor pada smartphone. Sebab, sensor pada layar smartphone ada yang bisa mendeteksi dua titik sentuh, tiga titik sentuh, hingga puluhan titik sentuhan jari secara bersamaan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, multitouch berfungsi untuk mempermudah penggunaan smartphone, seperti saat memainkan game. Adapun beberapa fungsi lain dari multitouch, yakni:

Memperbesar tampilan gambar

Sebagai pengguna Android, tentu sudah tidak asing dengan cara untuk memperbesar objek gambar dalam smartphone. Ya, untuk memperbesar tampilan gambar biasanya akan dilakukan dengan mencubit layar ke arah luar.

Gerakan mencubit layar bisa disebut juga dengan pinch out. Fitur multitouch inilah yang membuat pengguna dapat melakukan gerakan mencubit layar untuk memperbesar objek gambar pada smartphone.

Memperkecil gambar atau foto

Fungsi lain dari multitouch adalah dapat memperkecil tampilan objek gambar. Fitur yang disematkan pada Android ini berguna untuk mengecilkan gambar lewat gerakan mencubit layar ke arah dalam.

Gerakan mencubit layar ke arah dalam ini biasa disebut dengan pinch in. Pinch out dan pinch in dalam penggunaan smartphone merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan di mana keduanya digerakkan oleh fitur multitouch.

Bagaimana Cara Mengetes Fitur Multitouch?

Multitouch

Keberadaan fitur multitouch pada sebuah perangkat HP Android menjadi suatu keharusan. Pasalnya, jika fitur ini hilang atau mengalami kerusakan, maka dapat smartphone mungkin tidak dapat merespon sentuhan jari pada layar.

Meski tidak ada cara untuk menambahkan fitur multitouch pada smartphone, ada beberapa langkah pengecekannya. Langkah agar Android support multitouch bisa dilakukan dengan mudah, antara lain:

Unduh aplikasi multitouch tester

Sebelum melakukan pengecekan terhadap fungsi multitouch pada HP Android, pengguna perlu mengunduh aplikasi multitouch tester. Dengan bantuan aplikasi tambahan ini, pengguna dapat mengetahui apakah multitouch pada smartphone berfungsi dengan baik atau tidak.

Cek apakah Android support multitouch

Solusi terbaik untuk mengetes fitur ini adalah dengan mengecek apakah smartphone sudah support multitouch. Cara mengeceknya pun cukup mudah, yaitu cukup menempelkan beberapa jari pada layar.

Untuk mengetahui apakah Android sudah support multitouch atau belum, pengguna bisa melihat melalui beberapa lingkaran yang ada di layar ponsel pada aplikasi Multitouch Tester. Lingkaran dengan beragam warna dapat menandakan bahwa HP Android telah support fitur tersebut.

Itu dia informasi terkait definisi multitouch, fungsi, serta cara mengetes fiturnya. Apabila smartphone Android tidak merespon gerakan multitouch pada layar, pastikan untuk segera membawanya ke service center terdekat, ya.

Feedback: Jika ada informasi yang keliru silahkan sampaikan melalui halaman Kontak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *