Telkom dan Leap-Telkom Digital Gerakkan Digitalisasi UMKM Melalui Platform PaDi di Ajang F1H2O 2023

F1H2O F1 Powerboat

Pada tanggal 24-26 Februari 2023, kejuaraan dunia F1 Powerboat World Championship 2023 (F1H2O) digelar di Danau Toba, Sumatra Utara. Ajang internasional ini berhasil meningkatkan perekonomian Sumatera Utara, khususnya di kawasan Danau Toba, melalui peningkatan kebutuhan akomodasi, restoran, dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ramai didatangi pengunjung.

Pada momen penting ini, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) turut ambil peran dalam menggerakkan roda perekonomian di Kabupaten Toba dan Sumatra Utara. Telkom memperkenalkan platform PaDi UMKM dari Leap-Telkom Digital kepada para pelaku UMKM lokal. PaDi UMKM merupakan platform Business to Business (B2B) yang mempertemukan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan UMKM di tanah air. Hal ini memungkinkan para UMKM merambah pasar ke BUMN sehingga dapat mengoptimalkan jumlah transaksi dan membantu meningkatkan kesejahteraan UMKM.

Direktur Digital Business Telkom, Fajrin Rasyid, mengatakan, sepanjang tahun 2022 dan di tahun sebelumnya, UMKM telah memberikan kontribusi lebih dari 60% bagi Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Oleh karena itu, UMKM memegang peranan penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. “Telkom mengembangkan PaDi UMKM untuk mendongkrak UMKM tanah air sehingga mampu bertumbuh dan naik kelas. Hadirnya PaDi UMKM di ajang F1H2O 2023 merupakan salah satu upaya Telkom agar para pelaku UMKM di Kabupaten Toba dan wilayah Sumatra Utara bisa memanfaatkan platform digital untuk menunjang aktivitas bisnisnya,” ujar Fajrin.

Kehadiran PaDi UMKM di ajang F1H2O menjadi bukti nyata Telkom dalam mempercepat pembangunan infrastruktur serta platform digital yang berkelanjutan bagi UMKM. Telkom berharap platform PaDi UMKM dapat membantu para pelaku UMKM untuk dapat beralih ke era digital dan menjangkau pasar lebih luas, yang berimbas pada meningkatnya perekonomian daerah.

Sejak diluncurkan pada pertengahan tahun 2020, nilai transaksi yang dihasilkan antara BUMN dan UMKM lewat PaDi UMKM mencapai lebih dari Rp5,1 triliun dengan sekitar 240 ribu jumlah transaksi. Hingga saat ini, sudah ada 92 BUMN yang tergabung di PaDi UMKM sebagai pembeli yang siap menyerap produk-produk UMKM, dengan lebih dari 85 ribu UMKM yang terdaftar di dalam platform PaDi UMKM.

UMKM yang terdaftar di dalam PaDi UMKM memiliki kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan nilai transaksi, khususnya melalui penjualan kepada BUMN. Selain itu, PaDi UMKM juga terintegrasi dengan produk-produk digital lain yang berada di bawah payung Leap-Telkom Digital, sebagai upaya mengakselerasi digitalisasi yang merata bagi masyarakat di seluruh Indonesia sehingga dapat mewujudkan kedaulatan digital nasional yang sejalan dengan target pemerintah.

PaDi UMKM secara aktif mengadakan banyak program untuk meningkatkan pendapatan UMKM, salah satunya adalah kegiatan Business Matching yang telah dilakukan sejak tahun lalu. Kegiatan Business Matching pertama yang diadakan pada Januari 2023 berhasil mencatatkan nilai transaksi hingga lebih dari Rp30 miliar untuk UMKM.

PaDi UMKM menjadi solusi bagi para pelaku UMKM yang ingin memperluas pasar dan meningkatkan kinerja bisnisnya dengan mengoptimalkan potensi bisnis melalui platform digital. Telkom berkomitmen untuk terus memperluas jangkauan dan layanan yang diberikan melalui PaDi UMKM, sehingga dapat memberikan manfaat bagi seluruh UMKM di Indonesia.

Sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkom mengembangkan layanan digital dengan menggunakan teknologi terbaru dan inovatif. Leap-Telkom Digital merupakan umbrella brand produk dan layanan digital Telkom turut berkontribusi dalam mengembangkan platform digital bagi UMKM di Indonesia. Dalam rangka meningkatkan perekonomian UMKM, Leap-Telkom Digital senantiasa mengadakan kegiatan pelatihan dan edukasi untuk para pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan teknologi dengan optimal.

Dengan kehadiran PaDi UMKM di ajang F1H2O 2023, Telkom dan Leap-Telkom Digital berharap dapat memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM di Sumatra Utara dan seluruh Indonesia. Bagi para pelaku UMKM yang ingin memanfaatkan layanan PaDi UMKM, dapat mengakses informasi lebih lanjut melalui tautan https://leap.digitalbisa.id/our-product/padi-umkm. Telkom dan Leap-Telkom Digital siap membantu para pelaku UMKM untuk beralih ke era digital dan menunjang pertumbuhan bisnisnya.

Dengan semangat untuk terus mengembangkan ekosistem digital yang berkelanjutan, Telkom dan Leap-Telkom Digital akan terus berinovasi dan menciptakan solusi digital terbaik bagi masyarakat Indonesia. Kunjungi website resmi Telkom di https://telkom.co.id/ dan Leap-Telkom Digital di https://leap.telkom.co.id/ untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan digital yang ditawarkan.

Telkom F1 Powerboat
Pengenalan platform PaDi UMKM dari Leap-Telkom Digital oleh tim product kepada pelaku UMKM pada ajang F1H2O.


Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks