Indonesia Perkuat UMKM: Gernas BBI & BBWI Dorong Ekonomi

BBI-BBWI Sukses Ajak UKM Naik Kelas
Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya (kiri) didampingi SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza (kanan) mengunjungi salah satu UMKM binaan Telkom dalam acara “Harvesting Day” sebagai acara puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) di Taman Fatahillah, Jakarta Barat (19/11).

Jakarta, 22 November 2023 – Dalam upaya membangun ekonomi yang lebih tangguh, Indonesia kini menyoroti peran vital Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sektor ini, yang terdiri dari lebih dari 64,2 juta unit, telah berkontribusi secara signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) negara dan penciptaan lapangan kerja. Ini merupakan sebuah langkah strategis, mengingat UMKM menyerap hampir 96,92% dari total tenaga kerja nasional.

Dalam rangka mendukung pertumbuhan UMKM, pemerintah Indonesia, bersama dengan Telkom Indonesia sebagai salah satu BUMN utama, telah menyelenggarakan acara “Harvesting Day”. Acara ini, yang merupakan puncak dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), diadakan di Taman Fatahillah, Jakarta Barat, pada tanggal 19 November.

Heru Budi Hartono, Pj Gubernur DKI Jakarta, menekankan pentingnya acara tersebut, mengatakan, “Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah pusat maupun Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan, mengembangkan, mempromosikan produk buatan Indonesia, mudah-mudahan tahun depan bisa dilaksanakan lagi di Jakarta menjelang ulang tahun Jakarta di tahun mendatang.”

Selain memamerkan produk-produk UMKM, Harvesting Day juga menjadi sarana untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas UMKM. Loto Srinaita Ginting, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, mengungkapkan, “Sejak kickoff tanggal 8 September 2023, telah banyak pencapaian yang diraih. Setidaknya lebih dari 200 pelatihan dan pendampingan bagi UMKM telah dilaksanakan, yang melibatkan 12.533 peserta.”

Telkom Indonesia, sebagai pemain kunci dalam mendukung UMKM, telah meluncurkan berbagai inisiatif. Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya, menjelaskan, “Telkom terus berupaya mendukung transformasi UMKM Indonesia agar naik kelas. Mulai dari berbagai program melalui PaDi UMKM, termasuk business matching, penyediaan solusi IT untuk UKM, hingga partisipasi dalam gernas BBI-BBWI ini.”

Acara ini juga mencatat pencapaian ekonomi yang mengesankan dengan total transaksi sebesar Rp353,7 miliar. Ini menandai kesuksesan kolaborasi antara pemerintah, Telkom Indonesia, dan pelaku UMKM. Diharapkan, keberhasilan ini dapat menginspirasi pelaku UMKM Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan daya saing mereka di tingkat global, terutama dalam konteks ekosistem ekonomi digital.

Selain itu, acara ini turut mendukung sektor pariwisata dengan melibatkan 7.079 wisatawan dalam berbagai program tur, seperti Walking Tour dengan destinasi seperti Kota Tua dan Kepulauan Seribu. Ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam mengintegrasikan pariwisata dan UMKM, dua sektor yang saling mendukung dalam memajukan ekonomi.

Harvesting Day tidak hanya menjadi tonggak penting dalam upaya pemerintah mengangkat UMKM, tetapi juga menandai komitmen berkelanjutan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berdaya saing global.



Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks