Gadget  

Kelebihan dan Kekurangan Nokia 5.3, Ada Apa Saja Sih di Dalamnya?

nokia 5.3

Eits, tunggu dulu nih sebelum kamu memutuskan untuk beli smartphone baru. Coba deh pertimbangkan dulu Nokia 5.3. Smartphone ini keluaran dari Nokia, salah satu produsen gadget yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kira-kira apa aja ya kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini? Yuk, kita cari tahu bareng-bareng!

Yuk Intip Kelebihan Nokia 5.3!

Desain Keren dan Layar yang Oke Punya

Salah satu yang pertama akan kamu lihat dari Nokia 5.3 ini adalah layarnya yang gede banget, sepanjang 6,55 inci. Layar jenis IPS LCD ini sudah menggunakan resolusi HD+ 720 x 1.600 piksel dengan rasio layar 20:9.

Jadi, menonton film atau bermain game jadi lebih seru dan puas. Ditambah lagi, layarnya sudah dilindungi Gorilla Glass 3 yang tahan goresan dan benturan, jadi kamu gak perlu takut layar smartphone kamu jadi kusam atau retak-retak.

Desain bodynya juga stylish dengan dimensi fisik 164.3 x 76.6 x 8.5 mm dan bobot 185 gram. Bentuknya yang slim dan bobot yang pas membuatnya nyaman banget buat digenggam dan gak bikin pegal.

Performa Gahar dengan Kapasitas Penyimpanan yang Lega

Dapur pacu Nokia 5.3 gak perlu diragukan lagi nih. Smartphone ini didukung oleh chipset Qualcomm Snapdragon 665 dengan CPU Octa-core dan GPU Adreno 610. Jadi, kamu bisa buka banyak aplikasi sekaligus tanpa khawatir lemot.

Soal kapasitas penyimpanan, Nokia 5.3 ini punya RAM 6 GB dan memori internal 64 GB. Tapi kalau kamu merasa kurang, tenang aja, kamu bisa tambah memori hingga 512 GB dengan micro SD. Jadi, kamu gak perlu khawatir kehabisan ruang buat simpan foto, video, atau download aplikasi.

Kamera? Jangan Ditanya!

Yang suka hunting foto atau video, wajib nih punya Nokia 5.3. Smartphone ini dilengkapi dengan empat kamera belakang yang siap memanjakan hobi fotografi kamu: 13 megapiksel untuk foto standar, 5 megapiksel untuk foto wide angle, 2 megapiksel untuk foto macro, dan 2 megapiksel untuk depth sensor.

Dengan kombinasi kamera ini, kamu bisa eksplorasi gaya fotografi kamu dengan lebih bebas. Buat yang doyan selfie atau sering video call, ada juga kamera depan 8 megapiksel yang siap memanjakan kamu.

Baterai Tahan Lama

Nokia 5.3 dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh. Dengan baterai sebesar ini, kamu bisa main game atau nonton film sepuasnya tanpa khawatir baterai cepat habis. Ditambah lagi, smartphone ini sudah mendukung pengisian daya cepat 10W. Jadi, kamu gak perlu nunggu lama buat isi ulang baterainya, dan bisa langsung melanjutkan aktivitas dengan smartphone kesayangan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Smartphone TECNO SPARK 10C NFC: Ulasan Lengkap

Ada Juga Nih Kekurangan Nokia 5.3

Resolusi Layar Masih Biasa Aja

Layar gede sih oke, tapi resolusi layar Nokia 5.3 ini masih HD+, belum Full HD. Jadi, kalau kamu orang yang detail banget soal visual, mungkin kamu bakal merasa tampilannya kurang tajam atau kurang detail. Tapi kalau kamu gak terlalu pilih-pilih soal resolusi layar, ini gak akan jadi masalah sih.

Harganya? Cukup Bikin Kantong Jebol

Nokia 5.3 ini dibanderol dengan harga Rp 2.999.000. Cukup mahal sih, apalagi kalau kita bandingkan dengan smartphone lain yang spesifikasinya setara atau bahkan lebih unggul, tapi harganya lebih murah. Jadi, sebelum memutuskan beli, mending kamu cek dulu deh smartphone lain dalam rentang harga yang sama.

Bluetooth-nya Masih Versi Lama

Kalau kamu suka banget transfer data via Bluetooth atau pakai perangkat Bluetooth seperti earphone atau speaker, mungkin kamu akan sedikit kecewa. Soalnya, Nokia 5.3 ini cuma dilengkapi dengan Bluetooth 4.2, bukan versi terbaru. Jadi, mungkin agak kurang cepat atau efisien dibandingkan dengan smartphone yang sudah pakai versi Bluetooth yang lebih baru.

Sistem Operasinya Belum yang Terbaru

Meski sudah pakai Android 10 dan fitur stock Android (Android One) yang bikin tampilannya jadi lebih clean dan gampang dioperasikan, tapi perlu diingat nih, ini bukan versi terbaru. Banyak kok smartphone lain yang sudah pakai versi Android yang lebih baru. Tapi, kalau kamu gak terlalu peduli dengan update sistem operasi, ini bukan jadi masalah besar sih.

Jadi, itulah beberapa kekurangan dari Nokia 5.3. Meski punya beberapa kekurangan, tapi tetap saja ini merupakan pilihan yang cukup oke, tergantung dari kebutuhan dan budget kamu. Selamat berburu gadget, ya!

Kesimpulan

Nokia 5.3 merupakan pilihan smartphone yang cukup menarik dengan beberapa kelebihan dan kekurangan. Smartphone ini menawarkan layar besar dengan perlindungan Gorilla Glass 3, performa yang solid berkat chipset Qualcomm Snapdragon 665, kapasitas penyimpanan yang lega, kamera yang mantap untuk eksplorasi fotografi, dan baterai yang tahan lama.

Namun, seperti semua produk, Nokia 5.3 juga memiliki beberapa kelemahan. Resolusi layarnya yang masih HD+ mungkin kurang memuaskan bagi sebagian orang yang menginginkan tampilan yang lebih tajam. Harganya yang relatif mahal juga bisa membuat beberapa orang berpikir dua kali, mengingat ada banyak smartphone lain dengan spesifikasi setara atau lebih baik yang harganya lebih murah. Selain itu, versi Bluetooth yang masih 4.2 dan sistem operasi Android 10 yang bukan yang terbaru juga bisa menjadi pertimbangan bagi sebagian pengguna.

Secara keseluruhan, keputusan untuk membeli Nokia 5.3 tentu akan tergantung pada kebutuhan dan preferensi individu. Jika kamu mencari smartphone dengan desain keren, layar besar, dan performa kuat, Nokia 5.3 bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika kamu lebih memperhatikan resolusi layar, harga, dan fitur terbaru, mungkin ada opsi smartphone lain yang lebih sesuai.

Maka dari itu, sebelum membeli, sebaiknya pelajari dan bandingkan terlebih dahulu dengan produk lain dalam kisaran harga yang sama. Selamat mencari smartphone yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kantong kamu!



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bergabung Di Komunitas Kami

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks