Bisnis  

Mengapa UMKM Harus Memiliki Website Pribadi di Era Digital Ini?

website umkm toko online

Pada 4 Oktober 2023, TikTok Shop resmi menutup layanannya di Indonesia. Penutupan ini diakibatkan oleh keputusan pemerintah Indonesia yang melarang transaksi e-commerce di platform media sosial, termasuk TikTok Shop. TikTok mengungkapkan rasa penyesalan atas keputusan ini, terutama karena berdampak pada jutaan penjual yang sebelumnya beraktivitas di platform tersebut.

Pertimbangkan Untuk Mulai Membuat Website Toko Online Sendiri

Berkaca dari pengalaman TikTok Shop yang harus ditutup terlebih dahulu karena regulasi pemerintah, bukan tidak mungkin akan ada perubahan lainnya pada Platform e-commerce lainnya.

Maka dari itu UMKM harus mempertimbangkan untuk memiliki website toko online sendiri. Karena dengan website UMKM memiliki banyak keuntungan, termasuk tidak bergantungnya pendapatan penjualan dari platform tertentu.

Memiliki website pribadi bukan hanya menjadi simbol profesionalisme, namun juga sebagai langkah strategis dalam mengadaptasi diri dengan tren digital saat ini. Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari memiliki website Toko online sendiri.

1. Meningkatkan Pendapatan dan Memperluas Pasar

Dengan memiliki website, UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan pendapatannya. Website memudahkan pelanggan dari berbagai daerah untuk mengakses produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, website juga dapat diintegrasikan dengan berbagai platform media sosial dan pemasaran online lainnya, sehingga membantu dalam mempromosikan bisnis dan menarik lebih banyak pelanggan.

2. Pemanfaatan Era Digital

Era digital yang terus berkembang membuat banyak pebisnis beralih ke penjualan secara online, dan memiliki website sendiri memudahkan UMKM dalam menjalankan bisnis pemasaran dan penjualan online.

Dengan website, UMKM dapat memanfaatkan berbagai tools digital marketing seperti SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) untuk meningkatkan visibilitas online, serta analytics untuk memahami perilaku pelanggan dan mengoptimalkan strategi pemasaran.

Selain itu, website juga menjadi platform yang dapat diandalkan dalam menjaga komunikasi dengan pelanggan dan menyediakan informasi penting tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Mengembangkan website pribadi juga menciptakan identitas digital yang kuat untuk bisnis UMKM. Dengan design yang menarik dan konten yang informatif, website dapat menjadi refleksi dari nilai dan kualitas yang ditawarkan oleh UMKM tersebut.

Di era yang serba digital ini, memiliki website sendiri bukan hanya menjadi kebutuhan, namun juga investasi jangka panjang yang dapat membantu UMKM bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

3. Promosi Sesuai Keinginan

Memiliki website pribadi memberi kebebasan penuh kepada UMKM dalam menentukan strategi promosi yang sesuai dengan target pasar dan karakter bisnis. Berbeda dengan platform jualan online yang terkadang memiliki batasan dalam hal promosi, website pribadi mengizinkan UMKM untuk menawarkan berbagai insentif menarik seperti diskon besar-besaran, cashback, gratis ongkos kirim, atau bahkan program loyalitas untuk pelanggan setia.

Melalui website pribadi, UMKM juga bisa mengatur dan mengelola kampanye promosi kapan saja sesuai kebutuhan, sehingga lebih fleksibel dalam merespons dinamika pasar​.

4. Profesionalisme dan Kredibilitas

Website yang dirancang dengan profesional tidak hanya mencerminkan brand dan visi bisnis, tetapi juga meningkatkan kredibilitas di mata konsumen. Tampilan website yang menarik dan informatif, serta user-friendly, dapat meninggalkan kesan positif dan membangun kepercayaan konsumen.

Selain itu, website pribadi juga memungkinkan UMKM untuk menyediakan kontak resmi dan informasi penting lainnya, yang semakin memperkuat kredibilitas dan transparansi bisnis​.

5. Toko Digital yang Dapat Dijamin Kredibilitasnya

Website adalah representasi digital dari bisnis yang menunjukkan keseriusan UMKM dalam berbisnis. Sebagai toko digital, website memudahkan konsumen untuk melihat dan memahami produk atau jasa yang ditawarkan, serta membaca testimoni atau review dari pelanggan lain.

Ini adalah cara bagi konsumen untuk mengetahui keberadaan dan kredibilitas bisnis UMKM di era digital. Selain itu, website juga dapat diintegrasikan dengan berbagai platform media sosial dan pemasaran online, yang memperluas jangkauan dan interaksi dengan pelanggan, serta memudahkan dalam membangun reputasi online yang baik​.

Melalui poin-poin di atas, terlihat jelas bahwa memiliki website toko online sendiri bukan hanya sekadar tren, namun menjadi kebutuhan bagi UMKM untuk bertahan dan berkembang di era digital ini. Selain memberikan banyak keuntungan, website juga menjadi investasi jangka panjang yang dapat mendukung keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis UMKM.

Kesimpulan

Penutupan TikTok Shop di Indonesia mungkin membawa dampak bagi para pelaku UMKM yang sebelumnya bergantung pada platform tersebut. Namun, ini juga membuka peluang bagi UMKM untuk memiliki website toko online sendiri yang dapat memberikan banyak keuntungan, mulai dari meningkatkan pendapatan, memperluas pasar, hingga membangun kredibilitas bisnis.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi UMKM untuk segera beralih dan memanfaatkan websit sebagai platform jualan online mereka.



Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks