Xiaomi 12S / Ultra Series Mendapatkan Peningkatan Versi Stabil Android 13 / MIUI 14

Xiaomi 12 s Android 13

Xiaomi 12s atau Ultra dikabarkan mendapatkan update pembaharuan OS ke Android 13 dengan antaramuka MIUI 14.

Xiaomi merupakan salah satu vendor besar smartphone yang telah merilis berbagai produk flagship yang berkualitas, namun memiliki harga jual yang terjangkau. Tidak heran jika produk-produk yang dirilisnya selalu laris di pasaran.

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Agar produk-produk Xiaomi tidak tertinggal dari para pesaingnya, pihak Xiaomi selalu memperbarui sistem operasi yang disematkan pada produk-produk tersebut, termasuk dalam hal ini Xiaomi 12S dan Xiaomi 12S Ultra.

Dilansir dari gizchina.com, Xiaomi 12S dan Xiaomi 12S Ultra menerima versi stabil Android 13 / MIUI 14 . Pembaruan baru ini turut menghadirkan versi utama Android 13, serta berbagai fitur baru MIUI 14. Nomor versi spesifiknya adalah versi stabil 14.0.2.0.TLACNXM dan ukuran paket unduhan sebesar 5,7GB.

Sistem MIUI 14 Menghadirkan Peningkatan yang Layak

Xiaomi 12 s Android 13

Info resmi mengenai pembaruan ini menunjukkan kalau sistem MIUI 14 memberikan peningkatan dalam beberapa fitur. Sistemnya sangat sederhana dan hadir dengan footprint memori yang kecil.

Peningkatan yang terjadi juga sangat efektif terhadap penggunaan dalam jangka panjang. Demikian pula pengaruhnya dalam sistem tetap baru, bahkan setelah waktu yang sangat lama. Dengan adanya peningkatan ini, arsitektur mesin foton, aplikasi sistem, serta aplikasi pihak ketiga berjalan lebih cepat dari yang seharusnya.

Sistemnya tidak hanya mulus, tetapi juga menghadirkan kapasitas hemat daya yang lumayan. Peningkatan tersebut juga dapat menghadirkan visi baru yang dipersonalisasi, termasuk mendukung kemampuan privasi.

Sistem MIUI 14 menggunakan “ultra-pure system” yang baru. Xiaomi menganggap sistem ini “sangat murni” karena dilengkapi dengan firmware minimum yang paling mahal. Memori kecil dan pra-instal aplikasi yang digunakannya paling sedikit.

Berdasarkan informasi yang tersebar, pengguna dapat menghapus semua aplikasi internal dan hanya menyisakan delapan aplikasi yang relevan saja. Misalnya, panggilan telepon, pesan teks, jam, toko aplikasi, dan beberapa aplikasi lainnya. Penggunaan aplikasi dalam jumlah terbatas menjadikan kinerja ponsel lebih ringan dan lancar.

Dalam 12 tahun terakhir, MIUI telah memutakhirkan sistem Android dan firmware telah mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Pengguna smartphone seringkali merasa kesal disebabkan banyaknya aplikasi sistem yang terpasang otomatis di ponsel. Padahal, aplikasi-aplikasi tersebut pada dasarnya tidak terlalu berguna untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Jika kondisinya demikian, tentu saja keberadaan aplikasi-aplikasi tersebut justru merugikan pengguna karena membutuhkan banyaknya ruang penyimpanan internal.

Ketika sistem membaca banyak aplikasi, otomatis kinerja sistem tersebut akan menjadi lebih berat. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap performa ponsel tersebut.

Oleh karena itu, MIUI memutuskan untuk membebaskan sistem dan bobotnya telah berkurang 23% dibandingkan versi sebelumnya.

Pada pendahulunya yaitu MIUI 13, peningkatan yang ada lebih terfokus pada peningkatan privasi pengguna. Hal ini berbeda dengan MIUI 14, di mana fokus peningkatannya terjadi pada beberapa fitur guna meningkatkan pengalaman selular para penggunanya. Sistem MIUI 14 akan dikembangkan berdasarkan Android 12 dan 13.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Update Terbaru Langsung! OK No thanks