Memahami Kegunaan Beserta Keuntungan Menggunakan Internet Banking

  • Whatsapp
Keuntungan Internet Banking

Mungkin Internet Banking bukan nama yang asing lagi bagi telinga sobat, namun sobat sudah tahu belum kegunaan beserta keuntungan dari Internet Banking? Jika masih belum paham, yuk simak yang akan kami jabarkan di bawah ini!

Perlu sobat ketahui, Internet banking adalah suatu aktivitas transaksi yang berhubungan dengan perbankan atau masalah keuangan di bank. Aktivitas transaksinya yaitu sudah pasti menggunakan jaringan Internet yang memungkinkan pengguna dapat melakukan aktivitas transaksi dimana saja seperti di kantor, di rumah, di kampus, dan lainnya. Bahkan juga pengguna bisa bertransaksi dengan kapanpun alias tidak dibatasi waktu.

Bacaan Lainnya

Internet Banking atau yang biasa dikenal dengan e-banking (electronic banking) juga tersedia di negara kita. Adapun di Indonesia sendiri, saat ini sudah banyak bank-bank Indonesia yang menyediakan fasilitas tersebut, seperti BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI, Danamon, Niaga, dan bank lainnya.

Perlu sobat ketahui, banyak sekali keuntungan yang di dapat jika menggunakan internet banking. Apa saja keuntungan atau manfaat dari internet banking atau e-banking? Yup sobat bisa simak terus!

Keuntungan Menggunakan Internet Banking

Dapat Transaksi Uang Non Tunai

Nah keuntungan pertama yang bisa sobat dapatkan jika menggunakan internet banking adalah sobat sebagai nasabah tidak perlu repot-repot pergi ke ATM atau bank untuk melakukan transfer uang kepada teman ataupun kerabat.

Sobat sebagai Nasabah cukup login ke situs bank yang bersangkutan, memasukkan rekening tujuan serta nominal rupiah atau dolar yang akan ditransfer, lalu dalam hitungan menit bahkan detik, dengan cepat uang akan berpindah ke rekening yang dituju. Jadi lebih mudah kan!

Dapat Membayar Tagihan Kebutuhan Rumah Tangga

Keuntungan lainnya adalah sobat atau nasabah dapat membayar tagihan bulanan atas kebutuhan rumah tangga sobat. Dengan e-banking memungkinkan sobat bisa seperti membayar tagihan listrik, Wifi, TV Berlangganan, Air, Pajak, Asuransi Kesehatan, Biaya Pendidikan, pajak, dan lain sebagainya dengan mudah dari rumah tanpa harus datang langsung ke tempatnya atau mengantri di ATM.

Dapat Membayar Belanja Online / E-Commerce

Nah bagi sobat pecinta belanja mungkin dengan e-banking bisa sangat membantu sobat untuk memudahkan pembayaran! Saat ini para penyedia e-commerce seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia, dan lainnya pasti sudah mengadakan metode pembayaran via e-banking atau Internet Banking.

Dapat Mengecek Saldo Mutasi Rekening

Jika ingin melihat saldo rekening, sobat tidak perlu repot-repot lagi pergi ke ATM terdekat, cukup dengan memanfaatkan fasilitas e-banking, maka sobat bisa mengecek saldo kapan pun di mana pun dengan handphone + koneksi internet.

Di internet banking pun, sobat atau nasabah bisa melihat data transaksi keuangan (mutasi rekening) dalam beberapa hari, minggu atau bulan terakhir sesuai dengan aktivitas transaksi sobat.

Dapat Melakukan Pembayaran Pulsa

Pastinya ditengah pandemi covid-19 ini pulsa sangat dibutuhkan baik untuk telpon, SMS, maupun untuk pengisian kuota internet. Nah dengan e-banking atau internet banking, sobat tidak perlu datang ke konter pulsa atau ke indomaret atau alfamart, cukup dari rumah saja sambil rebahan sobat sudah bsa mengisi pulsa sesuai dengan saldo yang ada di rekening sobat!

Dapat Membayar Top Up games

Bagi sobat gaming atau pecinta game tentunya hal ini bisa sangat membantu untuk Top Up diamonds dengan mudah kapanpun dan dimanapun. Nah game-game seperti Mobile Legend, PUBG, FreeFire, Call of Duty dan lainnya menyediakan metode pembayaran via e-banking lho!

Nah tentu saja ini memberikan kemudahan bagi sobat gaming agar akun semakin GG dengan pembelian diamond yang mudah!

Dapat Mengetahui Informasi Kartu Kredit

Manfaat Internet Banking lainnya yaitu melihat informasi tagihan kartu kredit, informasi saldo, data transaksi dan informasi lain-lain. Kartu kredit di sini tentunya kartu kredit yang diterbitkan oleh pihak bank. Nah sobat bisa menanyakan ke customer service pihak bank sobat untuk lebih jelasnya.

Bagaimana Cara Mendaftar Internet Banking?

Untuk dapat mendaftar dan menikmati manfaat beserta keuntunga e-banking, sobat bisa mendaftar internet banking baik melalui ATM, melalui customer service, maupun langsung melalui bank yang bersangkutan.

Untuk mendaftar langsung sangat mudah, sobat bisa pergi ke bank yang bersangkutan dan sobat bisa tanya ke petugas untuk nantinya diantar dan diarahkan untuk mendaftar e-banking.

Untuk mendaftar melalui customer service, sobat bisa menghubungi nomor customer service bank yang bersangkutan, yang mana nantinya akan diarahkan.

Nah untuk mendaftar di mesin ATM pun bisa, sobat hanya perlu memasukkan kartu debit di mesin ATM lalu input pin, buka menu pilihan internet banking dan mendaftar sesuai dengan panduan yang ada.

Baca Juga : Cara Cek BI Checking atau SLIK Via HP Dengan Mudah

Risiko atau Kelemahan Internet Banking

Adanya Risiko Kejahatan Cyber

Yup, seperti yang kita tahu, di dunia ini tidak ada sistem manapun yang benar-benar aman atau istilahnya adalah “No system is safe”. Nah kejahatan cyber bisa saja terjadi kepada sobat atau nasabah lainnya karena berbagai faktor hal. Jadi untuk mengantisipasi, sobat jangan mengunduh aplikasi ilegal dan jangan mengunjungi web sembarangan, yang mana itu bisa saja disusupi virus atau malware yang dapat melacak aktivitas ponsel sobat termasuk aktivitas transaksi e-banking.

Terjadinya Server Down

Server down sana terjadi terhadap server Bank. Jika server down terjadi, maka untuk beberapa saat sobat atau nasabah tidak dapat melakukan transaksi.

Perlu Adaptasi

Nah kelemahan terakhir menurut androidponsel adalah bagi beberapa orang yang belum biasa menggunakan aplikasi semacam ini, khususnya orang tua yang kurang paham teknologi, perlu beberapa waktu untuk bisa mengerti dalam menjalankan aplikasi e-banking dengan baik dan benar.

Tips Agar E-Banking Aman

  • Agar e-banking sobat aman, sebaiknya sobat mengunci ganda ponsel sobat, termasuk mengunci aplikasi e-banking.
  • Juga jangan sembarangan mengunduh dan menggunakan aplikasi ilegal.
  • Tidak mengunjungi web yang mencurigakan,
  • Mengganti Pin dan Password secara berkala
  • Dan selalu bertanya kepada customer service bank yang bersangkutan jika terjadi kejanggalan mengenai aktivitas transaksi

Akhir Kata

Bagaimana? Sudah cukup mengerti bukan tentang keuntungan internet banking, cara daftar, kelemahan menggunakan e-banking, serta tips agar e-banking aman? Silahkan sobat simak ulasan diatas jika masih belum jelas. Terima kasih dan semoga sukses selalu! ?

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini