Membandingkan Spesifikasi dan Fitur Poco M3 Vs Samsung A11

  • Whatsapp
Poco M3 Vs Samsung A11

Samsung merupakan salah satu brand yang sudah dikenal di tanah air. Saat ini dapat dikatakan samsung telah merajai pasar pasalnya inovasi dan teknologi yang digunakan pada ponsel keluaran Samsung selalu menarik minat pembeli. Harga yang ditawarkan juga beragam sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki.

Mencoba bersaing di pasar smartphone, Xiaomi Poco M3  hadir dengan menawarkan spesifikasi unggulan namun harga terjangkau. Spesifikasi yang dimiliki juga tidak kalah dari smartphone dikelasnya. Jika kamu dihadapkan pada dua pilihan antara Poco M3 vs Samsung A11, mana yang akan kamu pilih?

Bacaan Lainnya

Perbandingan Poco M3 Vs Samsung A11

Poco M3 Vs Samsung A11 (1)

Agar dapat mengetahui smartphone terbaik untuk kamu gunakan, maka kamu dapat mengetahui spesifikasi dari Poco M3 dan Samsung A11. Membandingkan fitur dari kedua smartphone ini tentu menjadi hal yang menarik. Samsung menjadi brand yang sudah melekat di hati para pengguna smartphone tanah air. Sedangkan Xiaomi juga memiliki ruang tersendiri dengan harga yang terjangkau namun fiturnya mumpuni.

Poco M3 dirilis sekitar bulan November 2020, sedangkan Samsung Galaxy 2020 dirilis pada Maret 2020. Walaupun rilis di tahun yang sama, tidak berarti keduanya tidak memiliki perbedaan. Beberapa fitur dari keduanya dapat dijadikan pertimbangan sebelum meminang salah satu dari Poco M3 atau Samsung A11.

Desain, Layar, Ukuran, dan Material Pembuatan

Dilihat dari segi desain, keduanya sudah menggunakan glass front. Glass front Poco M3 lebih unggul karena telah menggunakan Gorilla Glass 3. Glass front jenis ini memang sudah banyak digunakan walopun belum meredam benturan. Selanjutnya, body dari Poco M3 dan Samsung A11 dibuat dari bahan plastik begitu juga dengan frame.

Teknologi layar yang digunakan pada Poco M3 adalah LCD IPS sedangkan Samsung A11 menggunakan PLS TFT. Dari segi penggunaan teknologi layar, Poco M3 lebih unggul. Ukuran layar kedua gadget ini tidak terlalu berbeda. Poco M3 disajikan dengan 6,53 inchi sedangkan Samsung A11 memiliki ukuran 6,4 inchi.  Dari segi resolusi layar, perbedaan keduanya cukup jauh. Poco M3 memiliki resolusi 1080 x 2340 sedangkan Samsung A11 hanya beresolusi 720 x 1560 piksel.

Performa Chipset Prosesor dan RAM

Berbekal Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm), tentunya Chipset yang digunakan Poco M3 sudah lebih unggul. Begitu juga dengan tipe CPU yang digunakan. Keduanya sudah memiliki slot khusus untuk memori eksternal bertipe mircoSDX. Poco M3 tersedia dengan kapasitas 64GB RAM 4GB dan 128GB RAM 4GB. Sedangkan Samsung A11 tersedia dengan kapasitas 32GB RAM 2GB dan 32GB RAM 3GB.

Kamera dan Fitur Poco M3 dan Samsung A11

Keamera belakang Poco M3 dibekali dengan 48 piksel sedangkan Samsung A11 hanya 13 MP saja. Poco M3 sudah dilengkapi dengan fitur makro dengan kamera 2MP dan deep dengan kamera 2MP juga. Sedangkan Samsung A11 belum mendukung makro, namun memiliki fitur ultrawide dengan kamera 5MP and deep 2MP.

Kedua kamera yang digunakan sudah mendukung HDR, Flash Led dan panorama. Hasil resolusi rekaman video juga memiliki kesamaan yaitu 1080 piksel. Untuk kamera depan, keduanya memiliki kamera 8MP. Kamera depan Poco M3 juga dilengkapi dengan fitur panorama. Hasil rekaman video untuk kamera depan Poco M3 dan Samsung A11 adalah 1080 piksel.

Fitur dan Sensor

Baik Poco M3 maupun Samsung A11 sudah mendukung jaringan GSM, HSPA, LTE, GPRS, Edge, Wifi, dan GPS. Kedua ponsel ini belum dilengkapi dengan teknologi NFC. Selain itu, untuk konektivitas sudah tersedia blueetooth. Keduanya memiliki colokan headphone untuk membantu kenyamanan pengguna.

Poco M3 dan Samsung A11 sudah dilengkapi dengan fitur sidik jari. Poco M3 menempatkan sensor di bagian samping sedangkan Samsung A11 memasang sensor sidik jari dibagian belakang. Poco M3 juga memiliki port inframerah sedangkan Samsung A11 tidak dilengkapi dengan inframerah.

Kapasitas Baterai dan Daya Pengisian

Dilihat dari kapasitas baterainya, Poco M3 lebih unggul. Dengan kapasitas 6000 mAh tentu akan mempernyaman penggunaan smartphone tanpa sering mengisi daya. Sedangkan samsung A11 menggunakan baterai berkapasitas 4000 mAh. Keduanya sudah mendukung fast charging. Untuk Poco M3 juga sudah dilengkapi fitur reserve charge.

Harga Poco M3 Vs Samsung A11

Dari segi harga, Samsung A11 lebih terjangkau yaitu hanya di kisaran 1,9 juta sedangkan Poco M3 berada di kisaran 2,1 juta hingga 2,4 juta rupiah. Harga yang ditawarkan tentunya berbeda. Hal itu bergantung pada kapasitas RAM dan kapasitas penyimpanan. Baik Poco M3 maupun Samsung A11 memiliki beberapa pilihan kapasitas.

Harga Poco M3 diShopeeLazadaBlibli
Harga Samsung A11 diShopeeLazadaBlibli

Baca juga: Poco M3 Vs Samsung A21S Berdasarkan Spesifikasi dan Harga

Kelebihan dan Kekurangan

Xiaomi dan Samsung menjadi brand yang sudah dipercaya oleh masyarakat tanah air untuk smartphone. Walaupun begitu, baik Poco M3 maupun Samsung A11 memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri seperti berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Poco M3

Poco M3 hadir di pasaran dengan menawarkan fitur yang mumpuni dan harga yang terjangkau tentunya. Dari segi layar, kapasitas penyimpanan, kamera, RAM, dan kapasitas baterai Poco M3 dapat dipilih. Berbekal kamera 48 MP tentu cukup bagus untuk mengabadikan moment berharga kamu. Selain itu, RAM yang besar juga memudahkan kamu untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan nyaman.

Sayangnya, kamera pada ponsel ini belum mendukung ultrawide. Kamera untuk makro dan deep juga hanya 2MP. Selain itu, di era digital saat ini, beberapa orang memilih ponsel yang memiliki fitur NFC untuk mempermudah transaksi. Tentunya Poco M3 akan lebih menarik minat pembeli jika dilengkapi dengan fitur ini.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A11

Seperti ponsel samsung lainnya, Samsung A11 juga berbekal kamera utama 48MP yang cukup memuaskan untuk mengambil gambar. Selain itu, kamera juga sudah dilengkapi dengan fitur ultrawide dan deep yang cukup mumpuni dikelasnya. Untuk dikisaran harga 2 jutaan, ponsel Samsung satu ini tentu dapat dipilih dengan fitur yang cukup lengkap dan harga yang terjangkau.

Namun, Samsung A11 memiliki daya baterai yang kecil dibandingkan dengan ponsel di kisaran harganya. Selain itu, dikisaran harga ini tentunya smartphone keluaran Samsung belum dilengkapi dengan fitur NFC. Kapasitas penyimpanan yang tidak terlalu besar mungkin tidak cocok untuk kamu yang memiliki banyak aktifitas dengan smartphone. Walaupun sudah mendukung fast charging, namun akan lebih nyaman jika menggunakan ponsel dengan daya baterai yang besar.

Kesimpulan Poco M3 vs Samsung A11

Sama-sama berada di kisaran harga 2 jutaan, namun Poco M3 dan Samsung A11 memiliki fitur yang dapat dikatakan cukup jauh perbedaannya. Dilihat dari segi kamera, kapasitas penyimpanan, dan kapasitas baterai Poco M3 lebih unggul. Jadi, jika kamu mencari ponsel kisaran 2 jutaan dan memilih antara Poco M3 dan Samsung A11 maka akan lebih baik kamu memilih Poco M3.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar