Poco M3 vs Samsung A50 dari Segi Performa, Spesifikasi, dan Harga

  • Whatsapp
Poco M3 Vs Samsung A50 (1)

Saat ini, smartphone menjadi bagian yang penting dalam kehidupan karena menjadi media komunikasi, interaksi dan juga mendapatkan informasi serta berbagai aktivitas lainnya. Ketika kamu akan membeli sebuah smartphone, maka mengetahui spesifikasi menjadi langkah terbaik agar dapat memperoleh smartphone yang sesuai dengan kebutuhan.

Review perbandingan Poco M3 vs Samsung A50 dapat menjadi informasi yang membantu kamu untuk mendapatkan ponsel terbaik. Samsung tentunya menjadi brand yang terkenal di tanah air. Namun, tidak ada salahnya jika kamu  menggunakan ponsel keluaran Xiaomi terbaru.

Bacaan Lainnya

Perbandingan Poco M3 vs Samsung A50

Poco M3 vs Samsung A50

Kali ini Xiaomi kembali menawarkan smartpone Poco M3 dengan spesifikasi yang baik namun harga yang terjangkau. Xiaomi memang selalu menawarkan spesifikasi yang tinggi untuk smartphone yang diproduksi. Walaupun spesifikasinya bagus, namun harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau jika dibandingkan dengan ponsel dari brand  lain dengan spesifikasi serupa.

Kali ini, Poco M3 akan dibandingkan dengan Samsung A50. Tanggal rilis kedua ponsel ini memiliki perbedaan lebih dari satu tahun. Jika Poco M3 diperkenalkan pada November 2020, Samsung A50 telah terlebih dahulu dirilis pada Februari 2019. Simak informasi selengkapnya tentang desain, performa, kamera, dan spesifikasi lainnya dari Poco M3 dan Samsung A50 berikut ini.

Desain, Layar, Ukuran, dan Material Pembuatan

Poco M3 vs Samsung A50 memiliki dimensi yang tidak jauh berbeda dengan bobot di dibawah 200 gram saja. Untuk layar bagian depan, Poco M3 dan Sasmung A50 sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass 3 yang membuat kamu tidak perlu khawatir akan goresan. Body Poco M3 dan Samsung A50 dibuat dengan material plastik.

Keduanya juga memiliki beberapa pilihan warna. Teknologi layar yang digunakan pada Poco M3 adalah IPS sedangkan Samsung A50 menggunakan Super Amoled. Keduanya cukup bagus untuk dengan warna tampilan 16 juta. Dengan resolusi layar yang sama, ukuran layar Poco M3 dan Samsung A50 hanya berbeda tipis. Poco M3 memiliki ukuran layar 6,53 inci sedangkan Samsung A50  memiliki ukuran layar 6,4 inci.

Performa Chipset Prosesor dan RAM

Dilihat dari Chipset yang digunakan tentunya kamu sudah tidak asing dengan penggunaan Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm) pada ponsel keluaran Xiaomi karena Poco M3 juga menggunakan chipset tersebut. Sedangkan Samsung A50 menggunakan chipset Exynos 9610 Octa (10nm).

Karena diluncurkan terlebih dahulu, Samsung A50 menggunakan sistem operasi Android 9.0 sedangkan Poco M3 sudah menggunakan versi yang lebih baru yaitu Android 10. Poco M3 dan Samsung A50 tersedia dalam kapasitas penyimpanan memori 64GB RAM 4GB dan kapasitas penyimpanan 128GB RAM 4GB.

Kamera dan Fitur

Poco M3 memiliki tiga kamera dengan kamera utama 48 MP didukung dengan 2MP makro dan 2 MP depth. Sedangkan Samsung A50 juga memiliki tiga kamera namun kamera depan hanya 25 MP dengan dukungan 8 MP ultrawide dan 5 MP depth. Baik Poco M3 maupun Samsung A50 memiliki video dengan 1080 piksel.

Samsung A50 memiliki kamera depan yang lebih unggul yaitu 25 MP sedangkan Poco M3 hanya 8 MP. Kamera depan Poco M3 dilengkapi dengan fungsi panorama sedangkan Samsung A50 dilengkapi dengan HDR. Kamera depan dua ponsel ini dapat digunakan untuk merekam video dengan kualitas 1080 piksel.

Fitur dan Sensor

Samsung A50 dan Poco M3 belum dilengkapi dengan NFC. Keduanya sudah menggunakan teknologi bluetooth 5.0. Untuk kamu yang masih menyukai radio, kamu tidak perlu khawatir karena kamu dapat menemukan fitur Radio di kedua smartphone ini. Keduanya tentu sudah dilengkapi dengan colokan earphone.

Fitur lainnya, Poco M3 sudah dilengkapi dengan Audio 24 bit sedangkan Samsung A50 dilengkapi dengan fitur pembatalan bising aktif dengan mikrofon khsusus.  Kedua smartphone ini juga memiliki sensor sidik jari. Poco M3 memasang fitur ini di bagian samping sedangkan Samsung menempatkannya pada bagian bawah tampilan. Poco M3 juga memiliki port inframerah.

Kapasitas Baterai dan Daya Pengisian

Kapasitas baterai Samsung A50 adalah 4000 mAh. Kapasitas tersebut tidak lebih besar dari Poco M3 yang menggunakan baterai berkapasitas 6000 mAh. Poco M3 juga mendukung pengisian cepat 18W dan reserve charging. Sedangkan Samsung A50 mendukung pengisian cepat 15W dan memiliki fitur ANT+.

Harga Poco M3 dan Samsung A50

Harga yang ditawarkan untuk Xiaomi Poco M3 dan Samsung A50 terpaut jauh. Untuk mendapatkan smartphone Poco M3 kamu hanya perlu mempersiapkan budget dikisaran mulai 2,1 juta rupiah. Sedangkan untuk meminang Samsung A50 kamu perlu mempersiapkan budget mulai dari kisaran 2,9 juta rupiah.

Harga POCO M3 diShopeeLazadaBlibli
Harga Samsung Galaxy A51 di ShopeeLazadaBlibli

Kelebihan dan Kekurangan

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangna dari Poco M3 dan Samsung A50 yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan sebelum membeli produk. Berikut ulasan singkat tentang kelebihan dan kekurangna keuda smartphone tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Poco M3

Xiaomi Poco M3 memiliki beberapa kelebihan diantaranya kamera utama 48 MP yang dapat mengabadikan momen berharga dengan baik. Selain itu, kapasitas baterai ponsel ini juga dapat menjadi pertimbangan karena dengan harga yang sangat terjangkau, ponsel ini dibekali dengan baterai 6000 mAh. Selain itu, ponsel juga mendukung fitur fast charging.

Adanya pilihan kapasitas penyimpanan juga membantu kamu untuk memperoleh ponsel yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Fitur lainnya juga cukup mumpuni dengan menggunakan OS Android 10. Kekuranannya adalah dukungan kamera makro yang masih 2MP. Selain itu, Poco M3 juga belum dilengkapi dengan teknologi NFC.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A50

Samsung A50 dapat menjadi pilihan tepat ketika kamu ingin mendapatkan ponsel dengan kapastias penyimpanan dan RAM yang besar. Dengan fitur ultrawide, kamu dapat mendapatkan hasil jepretan yang lebih bagus. Selain itu, kamu juga dapat menikmati kamera 25 MP untuk selfie. Pasalnya saat ini tidak banyak yang berani memasang kamera depan dengan kualitas yang bagus.

Walaupun begitu, kamera belakang 25 MP masih kalah jika dibandingkan dengan ponsel di kelasnya. Selain itu, kapasitas baterai yang digunakan juga kecil. Hal itu mungkin dapat mengganggu kenyamanan kareana perlu mengisi ulang daya lebih sering. Namun, Samsung A50 sudah mendukung fast charging sehingga kamu tidak perlu terlalu khawatir. Samsung A50 juga belum menggunakan NFC.

Baca juga: Poco M3 vs Samsung A31 dari Segi Fitur Spesifikasi dan Harga

Kesimpulan

Poco M3 dan Samsung A50 merupakan perbandingan yang sangat menarik. Kedua ponsel ini memiliki fitur yang hampir mirip. Keduanya juga belum dilengkapi dengan NFC. Namun, Poco M3 dapat menjadi pilihan ponsel dengan kapasitas baterai yang besar dan fitur lainnya yang unggul juga. Sedangkan jika kamu suka berselfie, maka Samsung A50 juaranya karena dibekali dengan kamera depan 25MP.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *