Samsung Galaxy M42, Ponsel 5G Pertama Samsung dari Seri M

  • Whatsapp
Galaxy M42
Ilustrasi (image Samsung Galaxy A51)

Jajaran smartphone seri M milik Samsung pertama kali dipasarkan di India pada tahun 2019, pada perkembanganya seri M memiliki wilayah penjualan yang diperluas ke wilayah lain. Melihat kesuksesan tersebut, Samsung akan terus berupaya menambah lebih banyak perangkat dari seri tersebut.

Produsen asal Korea Selatan tersebut diperkirakan akan meluncurkan ponsel terbaru mereka dalam Samsung Galaxy M42 yang sebelumnya dikabarkan akan segera di resmikan untuk pasar Eropa. Nah, sekarang beberapa informasi mengenai spesifikasi dari Galaxy M42 telah bermunculan.

Bacaan Lainnya

Sesuai laporan terbaru, Galaxy M42 telah masuk dalam Wi-Fi Alliance listing yang menunjukan bahwa perangkat itu memiliki nomor model SM-M4268B, akan menjadi perangkat pertama dalam seri Galaxy M yang hadir dengan konektivitas 5G. Terungap pula bahwa ponsel itu akan menjalankan ssistem operasi Android out-of-the-box.

samsung galaxy m42

Laporan sebelumnya telah menyebutkan bahwa Galaxy M42 akan mengusung layar AMOLED dengan kecepatan refresh 90Hz. Baterai berkapasitas 6.000 mAh ditanamkan untuk memberikan daya yang lebih awet bagi para pengguna, tak lupa Samsung juga memberikan dukungan pengisian cepat.

Dari sisi kamera, Galaxy M42 memiliki sensor kamera utama 64 MP pada bagian belakang dan 32 MP di bagian depan untuk keperluan selfie serta video call. Saat ini masih belum ada informasi resmi tentang tanggal perilisan Galaxy M42 ini.

Terkait 5G Samsung sebelumnya mengumumkan bahwa mereka telah mencapai terobosan dalam kecepatan data 5G yang menggunakan teknologi E-UTRAN New Radio ual Connectivity (EN-DC). Teknologi ini memungkinkan para operator seluler meningkatkan kecepatan dan jangkauan 5G dengan memanfaatkan jaringan 4G yang telah ada.

Seperti dikutip dari situs resmi mereka, teknologi tersebut berhasil menggabungkan frekuensi 4G 40 MHz dan frekuensi 5G 800Mhz dalam mmWave di sebuah demonstrasi yang dilakukan di markas mereka.

Baca juga: Samsung Galaxy M12 Resmi Dirilis, Hadir dengan layar 90Hz, Baterai 6000 mAh dan Exynos 850 8nm

Teknologi tersebut juga memanfaatkan agregasi operator yang menggabungkan beberapa saluran spektrum untuk mendapatkan efisiensi yang lebih besar dan meningkatkan kecepatan data melalui jaringan nirkabel. Demonstrasi yang berhasil memberikan blueprint untuk memberikan jalur yang cepat, stabil, dan efektif ke dalam layanan 5G.

“Melalui demonstrasi ini, Samsung dengan bangga mencapai sebuah terobosan rekor lainnya dalam  hal kecepatan data 5G, sekarang fokus kami pada kekuatan penggunaan  dengan pendekatan 4G dan 5G ganda, yang dikirimkan langsung ke satu pengguna,” kata Ji-Yun Seol, Wakil Presiden, dan Kepala dari Air Technology Group, Networks Business di Samsung.

“Hal itu memperkuat komitmen kami untuk memberikan solusi 5G terbaik kepada para pelanggan kami dan dukungan berkelanjutan kami untuk membantu operator seluler mempercepat manfaat layanan 5G bagi para pengguna mereka.”

Samsung sendiri mengaku pencapain itu adalah buah dari penelitian yang dilakukan selama bertahun – tahun. Pada tahun 2018 mereka mulai memperkenalkan kemampuan 5G dengan salah satu koneksi data New Radio (NR) 5G multi gigabit pertama yang memiliki kecepatan hingga 1,7Gbps. Pada tahun selanjutnya mereka telah melampaui rekor dengan peningkatan kecepatan menjadi 2,65Gbps yang diikuti oleh 4,3 Gbps pada tahun 2020. Saat ini dengan kecepatan 5,32 Gbps mereka telah melakukan perkembangan yang sangat signifikan.

Samsung sendiri selalu berupaya mendorong industri untuk memajukan jaringan 5G dengan portofolio produk pemasaran terkemuka dari RAN dan Core yang tervirtualisasi sepenuhnya hingga solusi jaringan pribadi dan alat otomatisasi bertenaga AI. Perusahaan saat ini menyediakan konektivitas ke ratusan juta pengguna di seluruh dunia. (via)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *