Spesifikasi Xperia 1 III dan Xperia 5 III, Dua Produk Baru Sony Dengan Kamera Tercanggih

  • Whatsapp
Xperia 1 III dan Xperia 5 III

Sony baru saja mengumumkan kehadiran Xperia 1 III dan Xperia 5 III yang diklaim sebagai ponsel yang telah dilengkapi dengan fitur – fitur paling canggih. Fitur tersebut digadang – gadang tidak hanya akan mengungguli smartphone manapun, namun juga perangkat – perangkat elektronik lain.

Dua fitur menonjol yang diusung Xperia 1 Mark III adalah layar 4K  dengan refresh rate 120 Hz dan lensa telefoto variabel, kedua fitur tersebut merupakan yang pertama kalinya dibawa oleh sebuah ponsel.

Read More

Melihat lebih detail tentang lensa telefoto, Sony melakukan lompatan teknologi dengan satu – satunya produsen ponsel yang menawakan lensa telefoto yang memiliki panjang fokus yang dapat disesuakin secara optik, baik pada 70mm f / 2.3 dan 105mm f / 2.8 di dalam modul lensa telefoto tunggal.

Xperia 1 III dan Xperia 5 III black

Sony juga memadukan lensa optik tersebut dengan sebuah sensor Dual Phase Detection yang tentu saja menawarkan kemampuan autofokus Dual Phase Detection. Ini akan membantu perangkat untuk mendapatkan fokus secara instan bahkan saat terjadi peralihan panjang fokus 70mm ke 105mm.

Sementara lensa telefoto menerima peningkatan yang signifikan, kamera utama 24mm dan sensor eide angle 16mm tak mengalami banyak perubahan jika dibandingkan dengan apa yang telah disematkan Sony kepada Xperia Pro dan Xperia 1 Mark II.

Ponsel ini menggunakan algoritma khusus yang memiliki basis AI dan sensor 3D iToF (waktu penerbangan) untuk mengukur jarak dan mendeteksi fokus pada subjek meskipun subjek untuk sementara terhalang atau tidak terlihat oleh sensor.

Ponsel ini menghitung fokus otomatis hingga 60 kali per detik dan dapat memotret dan menyimpan hingga 20 bingkai per detik dengan tingkat presisi yang amat tinggi, fokus akurat, dan pencahayaan yang dioptimalkan.

Xperia 1 Mark III dibekali dengan layar OLED 4K 120Hz, ini merupakan ponsel pertama yang menawarkan panel tersebut dalam sebuah tampilan “CinemaWide” 6,5 inci 21: 9. Disisi lain Xperia 5 III mengusung layar OLED HDR 21: 9 dengan ukuran 6,1 inci yang lebih kecil namun membawa kecepatan refresh yang sama yakni 120Hz.

Sony mengatakan bahwa kedua varian itu telah dilengkapi dengan tampilan setara 10-bit (8-bit dengan penghalusan 2-bit) yang menampilkan warna tanpa garis melintang dan mendukung ruang warna BT.2020.

Keduanya mampu  merekam video dengan resolusi 4K hingga 120 bingkai per detik serta memotret dalam rasio 21: 9 dalam 24/25/30/60 bingkai per detik. Ini juga dilengkapi dengan delapan preset manajemen warna yang berbeda dan mikrofon memiliki teknologi filter terhadap hembusan angin cerdas milik Sony yang dapat menekan kebisingan angin.

Baca juga: Sony Xperia Ace 2 Compact Akan Hadir Dengan Snapdragon 690

Fitur baru pada kedua model tersebut mencakup berbagai peningkatan UI yang dirancang khusus untuk para pembuat film. Pengguna dapat dengan mudah memeriksa berapa banyak memori kosong yang tersisa dan berapa banyak waktu perekaman yang masih tersedia dan juga memeriksa parameter mana yang mereka gunakan pada klip tertentu untuk diterapkan ke proyek lain.

Dua – duanya juga dipacu oleh prosesor Snapdragon 888 dimana Xperia 1 III didukung oleh RAM 12GB dan memori intenal 256GB atau 512GB. Sementara Xperia 5 III memiliki versi 8GB / 128GB serta 8GB / 256GB. Keduanya juga disokong dengan baterai berkapasitas  4.500mAh dengan dukungan pengisian cepat hingga 30W. (via)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *