Cara Mengetahui Mac Menggunakan Prosesor Intel atau Apple Silicon

  • Whatsapp
Cara Mengetahui Mac Prosesor Intel atau Apple Silicon

Membahas Apple Mac, tentu menjadi perhatian tersendiri bagi para pengguna laptop. Hadir dengan harga dan teknologi serta material yang cukup berbeda dengn produk lainnya, produk laptop Apple mampu menarik minat orang-orang.

Bagi sobat yang baru membeli produk laptop Apple, mungkin sobat masih bingung melihat spesifikai laptop Mac sobat. Nah kali ini kami akan membahas bagaimana cara untuk mengetahui Mac menggunakan prosesor intel atau apple silicon. Sobat penasaran bukan bagaimana caranya? Silahkan simak terus pembahasan ini ya!

Bacaan Lainnya

Bagaimana Cara Mengetahui Mac Menggunakan Prosesor Intel atau Apple Silicon?

Untuk memastikan apakah Macbook yang sobat gunakan menggunakan prosesor Intel atau Apple Silicon, sebaiknya ikuti langkah mudah berikut ini.

  1. Klik Ikon Apple

    Pertama, sobat silahkan buka laptop Mac kalian, lalu masuk ke dekstop . Kemudian pilih ikon Apple yang ada di sisi pojok kiri atas.Cara Mengetahui prosesor Mac 1

  2. Pilih Opsi Mengenai Mac Ini / About This Mac

    Setelah itu, sobat akan melihat beberapa opsi, disini sobat bisa klik opsi Mengenai Mac Ini atau jika settingan sobat dalam bahasa inggris berarti About This MacCara Mengetahui prosesor Mac

  3. Lihat Informasi Yang Tertera

    Jika sobat sudah klik opsi sebelumnya, maka sobat akan masuk ke laman informasi tentang spesifikasi singkat lapop Mac Sobat. Adapun Informasi tersebut berupa versi laptop, jenis processor, kapasitas memori, grafik, serta nomor seri dari laptop sobat sendiri. Nah untuk mengetahui jenis processor, sobat bisa lihat pada informasi processor. Jika tertulis Intel Core, maka memang sobat masih menggunakan processor Intel. Jika informasi processor tersebut tertera Chip Apple M1, maka sobat laptop Mac sobat sudah menggunakan processor Apple SiliconCara Mengetahui prosesor Mac

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk mengeceknya?

Apakah ada perbedaan dari processor Intel dan Apple Silicon (Apple M1)?

Kalau dibilang ada perbedaan, pastinya jelas terdapat perbedaan. Karena tiap pengembang memiliki penyematan teknologi yang berbeda. Jadi, hasil kinerja atau performa juga tentu berbeda.

Nah, berdasarkan beberapa informasi dari Apple Forum, salah satunya dari labkom99.com, letak perbedaan processor Intel dengan Apple Silicon kira-kira yaitu sebagai berikut :

Note : Kami memberikan contoh perbedaan dengan menggunakan Mackbook Pro 13 Inch

Sisi Spesifikasi :

Chip M1: Chip Apple M1, CPU 8-Core, dengan 4 core performance dan 4 core efisiensi energi, 8-Core GPU, 16-Core Neurel Engine.

Sedangkan Untuk Chip Intel adalah prosesor Intel Core i5 generasi ke-10 (Turbo Boost hingga 3.8GHz), dilengkapi dengan L3 cache 6MB shared. Atau prosesor Intel Core i7 generasi ke-10 (Turbo Boost hingga 4.1GHz), dilengkapi dengan L3 Cach 8MB shared.

Dukungan Video :

Untuk processor atau chip M1 sendiri, ini dapat secara bersamaan mendukung layar internal pada resolusi awal yang dapat menampilkan puluhan juta warna. Dan layar eksternal dengan resolusi hingga 6K (60Hz). 

Sedangkan untuk Versi Intel, ini mendukung tampilan bawaan pada resolusi awal yang dapat menampilkan puluhan juta warna. Dan layar eksternal 6K dengan resolusi 6016×3384 piksel (60Hz). Mendukung lebih dari satu miliar warna atau resolusi Layar eksternal 5K dengan 5120×2880 piksel (60Hz). Mendukung lebih dari satu miliar warna atau hingga dual layar eksternal 4K dengan resolusi 4096×2304 piksel (60Hz) yang mendukung puluhan juta warna.

Penyimpanan :

Solid state hard drive hingga 2TB adalah opsional untuk versi M1. Sedangkan untuk processor Intel hingga solid state drive 4TB opsional

Kesimpulan Singkat :

Nah jika sobat pengguna Mac yang hanya mengguna untuk hal-hal umum seperti menonton youtube, berselancar di internet, lalu senang editing foto dan video sederhana, maka MacBook Pro 13 dengan chip atau processor M1 akan lebih baik. Karena bisa dikatakan masa pakai baterai lebih tahan lama. 

Sedangkan untuk sobat yang bisa menggunakan Mack untuk coding / membuat pemrograman, desain dan editing video dengan ukuran yang besar, membuat animasi, dan hal-hal yang bersifat create, sobat bisa mengguanakan MacBook Pro 13 dengan chip atau processor Intel. Karena apa? pada chip Intel sendiri, akan lebih matang dalam pengolahan perangkat lunak.

Jadi bisa sobat nilai sendiri, lebih baik Processor Intel atau Apple Silicon.

Akhir Kata

Cara Mengetahui Mac Menggunakan Prosesor Intel atau Apple Silicon cukup mudah bukan? Silahkan sobat simak dan ikuti langkah-langkah yang kami jabarkan ya!

Baca juga: Seri iPhone 12 Dominasi Daftar 10 Ponsel Dengan Penjualan Terlaris Januari 2021

Oh iya, tak lupa kami ingatkan, Sobat juga bisa join ke channel telegram @androidponsel untuk update berita-berita teknologi terbaru! Tinggal klik saja ikon Join to telegram di atas, maka sobat sudah mendapatkan berita ter-update secara gratis~ Salam teknologi! 😊             

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *