HMD Global Rilis Ulang Jadwal Pembaruan Android 11 Untuk Nokia

  • Whatsapp
Jadwal Pembaruan Android 11 Untuk Nokia

HMD Global berhasil merilis kloter pertama dari ponsel Android dengan merek Nokia sebagai perangkat dengan pembaruan OS Android yang sering dan cepat. Perusahaan itu telah memenuhi janji mereka selama beberapa tahun terakhir, namun seiring bertambah banyaknya produk dibawah naungan mereka dimana setidaknya sudah ada tujuh ponsel baru di tahun 2021 ini, mereka berjuang keras untuk mempertahankan siklus pembaruan yang cepat meskipun agak terlihat kuwalahan.

Pada awalnya HMD merilis jadwal pembaruan Android 11 untuk perangkat – perankat besutan mereka pada Oktober tahun lalu. Pada saat itu, tiga ponsel Nokia diharapkan akan menerima Android 11 sebelum awal tahun 2021, dimana sisa jajaran produk terbaru akan menyusul pada paruh pertama 2021.

Bacaan Lainnya

Sayangnya sesuai laporan XDADeveloper, HMD Global tidak membuat banyak perubahan signifikan pada sistem operasi Android, dan gagal untuk memenuhi jadwal itu. Nokia 8.3 5G adalah perangkat pertama perusahaan yang mendapatkan Android 11, dan pembaruannya datang pada bulan Februari, bukan kuartal keempat 2020 seperti yang mereka rencanakan.

Pada akhirnya mereka mengatur ulang penjadwalan, misal Nokia 6.2 dalam jadwal yang terbaru diperkirakan akan mendapatkan Android 11 pada kuartal ketiga 2021, bukan pada kuartal kedua seperti jadwal sebelumnya. Sementara itu, Nokia 5.3 yang sebelumnya dijadwalkan akan mendapatkan pembaruan sekitar Q4 2020 hingga Q1 2021 mundur hingga sekitar akhir kuartal ini.

Baca juga: HMD Global Rilis Enam Ponsel Nokia Seri X, G dan C

HMD sendri hingga saat ini tak menyebutkan mengapa waktu pembaruannya meleset dari jadwal semula, namun kemungkinan besar alasannya adalah perusahaan itu tidak mengontrol sebagian besar perangkat keras dan perangkat lunak untuk ponselnya. Sebagian besar ponsel bermerek Nokia dikembangkan dan diproduksi oleh ODM eksternal, yang bertanggung jawab untuk memelihara dukungan perangkat lunak.

Jadwal pembaruan Android 11 yang direvisi untuk ponsel Nokia (Sumber Nokia)

Sebuah laporan dari Omdia pada tahun 2020 menunjukkan bahwa mayoritas smartphone bermerek Nokia dirancang oleh ODM, dengan Lenovo, OPPO, dan Xiaomi juga menjual sejumlah besar ponsel berdesain ODM.

Sebagai gambaran ponsel andalan HMD Android 2020 untuk wilayah Amerika Serikat yakni Nokia 8.3 5G UW, hanya dijanjikan akan menerima satu pembaruan lagi setelah Android 11. Sementara itu kompetitor mereka, Samsung, memberikan pembaruan OS selama tiga dan empat tahun dukungan untuk patch keamanan bagi sebagian besar ponselnya.

Sekarang tampaknya pemilik Nokia 6.2 akan menerima pembaruan bersama dengan pemilik Nokia 7.2 dan Nokia 9 PureView pada Q3 2021. Hingga saat ini, sekitar 8 smartphone Nokia telah menerima update dengan Nokia 2.4 menjadi yang terbaru untuk yang menerima pembaruan Android 11.

Menurut rencana peluncuran pembaruan terbaru, Nokia 1 Plus, Nokia 1.3, Nokia 5.3, Nokia 5.4, Nokia 3.4, Nokia 6.2, dan Nokia V8 5G UW akan mendapatkan pembaruan pada kuartal kedua. Nokia 9 PureView, atau satu-satunya smartphone andalan yang dimiliki Nokia dalam daftar akan mendapatkan pembaruan di akhir Q2 dan awal Q3 2021, sementara beberapa perangkat Nokia 6.2 dan Nokia 7.2 akan menerima pembaruan di Q3, atau mungkin juga di Musim Gugur, atau bahkan Musim Dingin 2021. (via)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *