Tutorial Cara Cek LCD Xiaomi dengan Cepat dan Mudah

  • Whatsapp
cara cek LCD Xiaomi

Mengetahui cara cek LCD Xiaomi merupakan hal yang sangat penting. Sebab, terkadang kamu perlu sekali-kali mengecek langsung kondisi layar smartphone Xiaomi yang kamu gunakan. Jika memang terdapat kerusakan, kamu bisa segera memperbaikinya sebelum bertambah parah.

Saat kamu membeli smartphone Xiaomi bekas, tentu kamu perlu mengecek dengan seksama seluruh kondisi ponsel tersebut, termasuk layarnya. Karena layar atau LCD memiliki fungsi yang sangat penting pada smartphone, maka pengecekan harus dilakukan secermat mungkin.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, pada tutorial kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cek LCD Xiaomi dengan cepat dan mudah.

cara cek LCD Xiaomi

Cek LCD Xiaomi Secara Langsung

Meskipun cara cek LCD Xiaomi yang satu ini terkesan kuno, tapi terbukti masih efektif sampai saat ini. Kamu hanya perlu mengeceknya dengan tenang dan cermat untuk memastikan kondisi layar atau LCD smartphone tersebut baik-baik saja.

Pastikan tidak ada keretakan pada layar. Gunakan senter untuk memeriksa kondisi keretakan dengan seksama. Perhatikan juga warna layarnya, pastikan tidak ada perubahan yang terjadi. Karena jika warna layar berubah (biasanya cenderung berwarna kuning atau coklat), pertanda ada masalah pada software atau hardware ponsel Xiaomi tersebut.

Coba tekan perlahan LCD smartphone Xiaomi tersebut, pastikan tidak terasa loggar atau bergoyang walaupun sedikit. Jika terasa sedikit goyangan atau longgar, berarti layar sudah mulai bermasalah akibat pernah terjatuh.

Cek LCD Xiaomi Menggunakan Kode Rahasia

Cara cek LCD Xiaomi selanjutnya adalah dengan menggunakan kode rahasia. Xiaomi memang menyediakan kode rahasia tertentu yang bisa digunakan untuk mengecek kondisi speaker, bluetooth, mic, layar, dan lain sebagainya.

Untuk pengecekan layar, kamu tinggal mengetikkan *#*#64663#*#*. Nanti akan muncul beberapa pilihan menu. Nah, pilih saja menu no.4 untuk menguji Touch Sensor. Setelah itu kamu diharuskan untuk menyentuh semua kotak yang kosong. Nah, isi saja semua kotak yang kosong dengan sentuhan.

Jika semua kotak berhasil muncul dengan warna hijau atau biru, pertanda kondisi layar smartphone tersebut baik-baik saja. Sebaliknya, jika disentuh tetap berwarna putih, pertanda Layar sentuh ponsel tersebut rusak.

Baca Juga : Xiaomi Akan Rilis Ponsel Dengan Sensor 200 MP ?

Menggunakan Aplikasi Cek Touchscreen

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengecek LCD smartphone Xiaomi dalam rangka memastikan kondisi layarnya baik-baik saja adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi cek touchscreen.

Saat ini sudah banyak aplikasi cek touchscreen yang bisa didownload gratis dari Google Play Store dan cara penggunaannya pun sangat mudah. Di antara contoh aplikasi tersebut adalah sebagai berikut :

  • Touchscreen Test
    Dengan menggunakan aplikasi ini Sobat dapat egan mudah melakukan tes komponen terutama layar agar memastikan bagian tersebut berfungsi dengan baik. Jadi dengan aplikasi ini Sobat bisa memastikan semua bagian layar berfungsi dengan baik dengan tingkat sensitifitas yang normal. Cara penggunaannya hanya dengan menginstall aplikasi dan klik tombol tes lalu mulailah dengan sentuhan setiap sudut layar.
  • Multi Touch Test
    Dengan aplikasi ini, Sobat bisa melakukan test pada layar dengan cara yang sederhana dan memberikan kemudahan dalam memeriksa keadaan panel layar sentuh termasuk melakukan test multi-touch. Cara menggunakannya cukup mudah. Aplikasi ini mendapatkan reting bintang 4.4 dengan komentar yang cukup bagus dari para penggunanya.
  • Display Tester
    Sama seperti kedua aplikasi test diatas, aplikasi display tester ini bisa digunakan untuk melakukan pengecekan layar smartphone termasuk Xiaomi, Samsung, OPPO, Vivo, Advan, ASUS dan handphone Android lainnya dengan sangat mudah. Display Tester memungkinkan pengujian kualitas tampilan layar sehingga Anda bisa mengetahui bahwa layar ponsel dalam keadaan normal.

Selain ketiga aplikasi di atas, tentu saja masih ada beberapa aplikasi cek LCD Xiaomi, Samsung, OPPO, Vivo, Advan, ASUS dan lainnya yang tidak saya sebutkan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengeceknya langsung dari Google Play Store dan membaca keterangan masing-masing aplikasi tersebut langsung dari sana.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *