Inilah Kelebihan dan Kekurangan E-Rapor Sebagai Raport Online

  • Whatsapp
raport online

Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini menyebabkan perubahan pada banyak bidang, termasuk di bidang pendidikan. Salah satu contohnya adalah munculnya aplikasi raport online yang bisa diakses menggunakan jaringan internet. 

Keberadaan raport yang tersistem secara online ini tentunya memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Apalagi, raport online tersebut dirilis resmi oleh Kemdikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) sehingga keakuratannya tidak perlu diragukan lagi.

Bacaan Lainnya

Kelebihan Raport Online

raport online

Penggunaan raport online memiliki beberapa kelebihan yang akan saya sebutkan di bawah ini :

Praktis

Pengisian data-data pada raport online lebih praktis dan lebih cepat. Sebab, sobat hanya butuh sekali input data nilai siswa. Sobat tidak perlu lagi menginput nilai di dapodik karena secara sistem, nilai yang disebutkan dalam e-rapor secara otomatis sudah terinput ke dalam nilai siswa di dapodik.

Fleksibel

Berdasarkan keterangan di atas, diketahui bahwa penggunaan raport online akan memudahkan sobat dalam menentukan penilaian berdasarkan karakteristik Kompetensi Dasar. Pasalnya, dalam Kurikulum 2013 terdapat beragam jenis penilaian yang  bisa sobat terapkan. Bahkan, bobot penilaian juga bisa sobat sesuaikan sendiri.

Akuntabel

Tanpa sobat repot-repot melakukan perhitungan , secara otomatis sobat akan mendapatkan hasil akhir yang sudah diolah oleh sistem. Hasil pengelolaannya akurat sehingga tidak perlu takut salah perhitungan.

Menguntungkan Wali Kelas

Keberadaan raport online sangat menguntungkan bagi wali kelas. Pasalnya, wali kelas sudah tidak terbebani lagi oleh penulisan lembar demi lembar rapor siswa. Selain itu, wali kelas juga bisa lebih mudah dalam memantau proses input nilai dari Tab perencanaan penilaian. Sebab, pengiriman nilai yang sudah dibuat guru mata pelajaran akan terlihat di akun wali kelas dengan gambar checklist bewarna hijau.

Bisa Input Melalui Jaringan

Sobat juga bisa mengerjakan E-rapor melalui laptop di manapun sobat berada selama masih dalam jangkauan satu jaringan dengan server, baik melalui wifi maupun LAN.

Intinya, E-rapor merupakan  sistem penilaian berbasis aplikasi yang dibuat dalam rangka memudahkan tugas pendidik dalam melaporkan hasil belajar kepada orang tua dengan beragam kelebihan yang dimilikinya.

Kami juga sudah menulis artikel mengenai Download Aplikasi Absensi Siswa Berbasis Web Gratis. Silahkan buka artikelnya untuk mendownload aplikasi tersebut.

Meskipun aplikasi E-rapor ini memiliki banyak kelebihan, bukan berarti tidak memiliki kekurangan sama sekali. Sebagaimana aplikasi lainnya, aplikasi raport online ini juga memiliki beberapa kekurangan. Di antara kekurangan tersebut adalah butuh waktu untuk mempelajari dan menerapkan aplikasi ini.

Setelah menginstall aplikasinya, bukan berarti langsung seketika itu bisa digunakan dengan mudah. Faktanya, banyak orang yang sudah menggunakan aplikasi ini membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk memahami bagaimana cara menggunakan dan menerapkan aplikasi ini. Bahkan, sebagian sekolah sampai butuh 2 semester untuk bisa menerapkannya dengan benar sebagaimana yang seharusnya.

Terlepas dari semua itu, aplikasi raport online ini tetap sangat bermanfaat karena memberikan kemudahan dalam membuat laporan hasil belajar anak didik. Silahkan kunjungi link http://ditsmp.kemdikbud.go.id/erapor/ jika kamu ingin mengunduh aplikasinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *