Google Segera Rilis Fitur Astrotimelapse Terbaru, Saingi Starry Timelapse Milik Realme ?

  • Whatsapp
Google Astrotimelapse

Perkembangan dunia fotografi ponsel semakin berkembang, saat ini Google dilaporkan sedang mengerjakan fitur baru yang dapat membuat mode astrofotografi pada ponsel Pixel menjadi lebih menarik. Hal ini pertama kali diungkapkan oleh XDA Developers yang telah menemukan sebuah bukti fitur Astrotimelapse baru di aplikasi Pixel Tips terbaru v3.4.0.373287606.

Google biasanya meluncurkan pembaruan untuk aplikasi Pixel Tips – nya beberapa hari sebelum pembaruan untuk Feature Drop, jadi ada kemungkinan bahwa fitur Astrotimelapse baru akan tiba bersama dengan Feature Drop pada bulan Juni mendatang, tentu saja untuk semua ponsel Pixel yang mendukung mode Astrophotography.

Read More

Meskipun belum ada detail yang diungkapkan, jika dilihat dari penamaan menunjukkan bahwa fitur yang segera hadir akan memungkinkan pengguna Pixel untuk bisa menangkap video timelapse dari langit malam hari. Sebelumnya Realme 8 Pro, yang diluncurkan pada awal tahun ini telah menawarkan fitur serupa yang mereka sebut sebagai Starry Timelapse.

Satu-satunya detail yang telah terungkap sejauh ini adalah bahwa fitur tersebut akan membutuhkan versi 8.2.3 dari aplikasi Google Camera. Saat ini, versi terbaru dari Google Camera yang tersedia adalah 8.2.2, jadi ini memungkinkan pembaruan akan segera diluncurkan.

Selain fitur Astrotimelapse yang baru, pembaruan Pixel Tips terbaru juga menyertakan “tip” tentang fitur Folder Terkunci yang dipamerkan selama Google I/O bulan lalu. Fitur ini awalnya hanya akan tersedia di ponsel Pixel, namun kemungkinan besar dapat berkembang untuk dapat digunakan ke ponsel Android premium dari merek lain di masa mendatang.

Google Astrotimelapse
Image Google Pixel 5

Sementara sebelumnya Google juga dilaporkan sedang mencari solusi dari masalah lama yang berasal dari zaman film yakni pemrosesan gambar cenderung disetel untuk warna kulit yang lebih terang dan bukan subjek hitam dan coklat. Google mengumumkan upaya untuk mengatasinya di kamera dan produk pencitraan miliknya, dengan fokus membuat gambar orang kulit berwarna  menjadi lebih indah dan lebih akurat.

Perubahan ini nantinya akan datang ke kamera Pixel milik Google pada musim gugur ini, dan perusahaan mengatakan akan membagikan apa yang dipelajarinya di seluruh ekosistem Android yang lebih luas. Secara khusus, Google membuat perubahan secara signifikan pada keseimbangan putih otomatis dan algoritma eksposur untuk meningkatkan akurasi warna kulit gelap berdasarkan kumpulan data gambar yang lebih luas yang menampilkan wajah hitam dan coklat.

Dengan metode ini, Google sendiri memiliki tujuan untuk menghindari orang kulit berwarna yang terlalu terang dan cenderung menimbukkan titik jenuh dalam foto untuk representasi yang lebih akurat.

Google juga telah melakukan perbaikan untuk selfie mode potret, dimana mereka berhasil membuat peta kedalaman yang lebih akurat untuk jenis rambut keriting dan bergelombang. Ini lebih baik dari metode sebelumnya yang hanya memotong rambut subjek. Perusahaan mengatakan masih banyak yang harus dilakukan, meskipun masih akan memiliki penghalang sejak beberapa tahun lalu pada bagian pengenalan dan inklusi gambar, namun ini adalah langkah yang patut disambut baik ke arah yang benar. (via)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *