8 Rekomendasi Software Pembuat Animasi Terbaik Gratis

Artikel ini kami memberikan daftar rekomendasi software pembuat animasi terbaik berlisensi Open Source yang artinya dapat digunakan secara gratis.

Salah satu format unggulan untuk pembuatan konten ialah animasi dan dibikin lebih mudah dengan munculnya software animasi. Kamu bisa membuat kampanye pencitraan merk atau seri edukasi kedalam konten yang mudah sekali diterima.

Umumnya, untuk mempunyai software animasi ini, kamu perlu merogoh kocek yang cukup dalam. Kamu juga akan memerlukan banyak waktu untuk berlatih untuk lebih mahir ketika membuat animasi.

Nah, kabar baiknya adalah kamu sekarang mempunyai berbagai opsi software animasi free yang bisa kamu gunakan dan jika kamu mempunyai itu kamu bisa melakukan berbagai hal untuk membuat animasi yang berkualias dengan sofware gratis.

Dalam ulasan kali ini, kita akan memberikan rekomendasi software animasi free terbaik yang ada. Kita juga akan mengulik beberapa fitur andalan di masing-masing software animasi yang bisa membuatnya keren seperti rendering waktu nyata, simulasi kehidupan nyata, penyebaran yang di hosting oleh cloud, perpustakaan efek, serta kemudahan untuk si pengguna.

Rekomendasi Software Pembuat Animasi Terbaik Free

Rekomendasi Software Pembuat Animasi Terbaik

Disini kami akan merekomendasikan Software Pembuat Animasi Terbaik sekaligus mudah digunakan. Nah, silahkan sobat simak ulasan aplikasinya :

Powtoon

Powtoon

Yang pertama adalah Powtoon, pada dasarnya ini merupakan software pembuat video presentasi serta animasi online. Dengan begitu akan cocok sekali untuk pengenalan produk, pitch idea, video how to, profil perusahaan, iklan online, dan info grafis.

Sebagai software ramah untuk si pengguna, dia membebaskan siapapun untuk bisa membuat presentasi yang nampak profesional secara free [dengan paket gratis]. Dengan Powtoon, kamu bisa memposting, membuat, serta berbagi kreasimu secara online. Kamu bisa membaginya lewat email maupun di ruang kerja virtualmu. Software ini terintegrasi dengan Youtube, Facebook, Slideshare, dan Vimeo.

Fitur Unggulan Powtoon:

  • Akses menuju galeri video Powtoon
  • Antarmuka mudah dipakai
  • Konten terbebas dari royalti
  • Ekspor langsung dengan platform berbagi

Blender

blander

Rekomendasi aplikasi pembuat animasi terbaik selanjutnya yaitu ada Blender, software yang satu ini memberikan fitur seperti pelacakan obyek. Kamu bisa menggeser, melacak, memiringkan, serta memutar kamera didekat obyek dengan 360 derajat. Ditambah lagi dengan API Phyton sehingga user tingkat lanjut bisa menyesuaikan antarmuka pemakainya.

Blender merupakan software animasi profesional dan bisa dipakai oleh semua orang. Hal itu sudah berperan dalam hal membuat animasi pemenang sebuah penghargaan. Misalnya saja animasi Netflix ‘Next Gen’ yang dibuat dengan bantuan dari Blender. Software ini juga selalu memenuhi keperluan user tingkat lanjut dan ini tidak terlalu ramah bagi pemula meski banyak sekali tutorial online.

Fitur Unggulan Blender:

  • Antarmuka pengguna yang bisa disesuaikan
  • Simulasi realistis dengan standar industri
  • Diracang untuk membuat animasi yang kuat
  • Pelacak jalur pembuatan canggih saat perenderan

Baca juga: Ivive Apk, Aplikasi Scan Uang 75 Ribu yang Bisa Munculkan Video

Animaker

Animaker

Mungkin Animaker adalah yang paling ramah untuk pengguna dalam daftar ini. Software ini mudah dalam hal penggunaannya layaknya memakai PowerPoint namun hanya buat animasi saja. Bahkan penampilannya sedikit mirip dengan PowerPoint maupun Google Slides.

Dengan template animasi dan pustaka besar karakter, kamu bisa meletakkan wajah dari kartun serta membiarkannya bergerak guna menambahkan elemen karakter kedalam video kamu.

Fitur Unggulan Animaker:

  • Drop dan drag antarmuka pengguna
  • Template dan perpustakaan besar karakter
  • Pembuat info grafis
  • Membuat video papan tulis

Synfig Studio

Synfig Studio

Synfig Studio merupakan software animasi gratis dan open-source. Cara kerjanya ini didasarkan dengan jalur kerja animasi tradisional dan tidak terlalu ramah untuk pengguna namun kursus video online bisa membuat kamu lebih mudah menggunakannya.

Untuk kamu user tingkat lanjut akan relatif lebih gampang menggunakannya. Pemakaiannya sedikit memakan waktu sebab tak ada pustaka konten atau template yang besar untuk dapat dikerjakan. Jika kamu bisa menginvestasikan banyak sekali jam kerja dan dicampur dengan ketrampilan teknis bagus, maka ini cukup mudah bagi kamu.

Fitur Unggulan Synfig Studio:

  • Fitur layering
  • Fitur filter
  • Vektor tweening serta kemampuan mengesankan bagi user tingkat lanjut
  • Gambar bitmap animasi yang bersistem bone

Pencil2D

Pencil2D

Software Pembuat Animasi Terbaik selanjutnya yaitu ada Pencil2D. Software ini cukup populer, karena software animasi ini sesuai dengan namanya, hal ini memungkinkan kamu untuk membuat suatu animasi tradisional yang tergambar oleh tangan dan ditawarkan juga di Linux, Windows, dan macOS. Aplikasi ini sepenuhnya open-source dan gratis, tak ada paket yang berbayar dan kamu bisa memakainya secara komersial. Keren bukan? cocok banget buat sobat yang suka gratisan.

Karena aplikasi ini merupakan versi digital lewat jalur keterampilan animasi yang terbilang tradisional, maka cara terbaik untuk memanfaatkan kedalam bisnis ialah mempunyai seseorang dengan keterampilan seni tradisional guna menanganinya.

Fitur Unggulan Pencil2D:

  • Program ringan
  • Beralih diantara file vektor serta raster secara mudah
  • Antarmuka pengguna sangat mudah
  • Fungsional sekali untuk OS populer

Plastic Animation Paper

Plastic Animation Paper

Software Pembuat Animasi Terbaik selanjutnya yaitu ada Plastic Animation Paper. Nama yang cukup unik memang. Aplikasi Ini merupakan alat animasi 2 dimensi yang memungkinkan kamu beralih dari analog ke digital secara intuitif.

Dikatakan intuitif jika kamu sudah menjadi seorang animator ataupun mempunyai ketrampilan seni yang dibutuhkan serta memahami betul alat ini. Plastic Animation Paper cocok sekali untuk kamu yang betul-betul mempunyai hasrat belajar serta menjadi seorang ahli di bidang animasi.

Sebetulnya software ini merupakan versi lama dari yang versi berbayar [Animation Paper]. Meski banyak seniman digital yang menilai bahwa aplikasi sudah ketinggalan zaman namun ini masih berfungsi dengan bagus.

Pembuatnya tak dijual di antarmuka pemakai versi lama tapi ini fungsional sekali dan yang pasti gratis. Versi berbayar sudah pasti bukan pembaruan dan ini mempunyai UI yang baru kemudian dikemas dengan beberapa penambahan fitur keren.

Fitur Unggulan Plastic Animation Paper:

  • Waktu klon dan siklus berjalan
  • Light table
  • Alat menggambar dasar
  • Kemampuan layering

OpenToonz

OpenToonz

OpenToonz merupakan software gratis dan open-source yang berarti bahwa siapapun bisa memakainya untuk tujuan pribadi atau dikomersilkan. User yang sudah mahir bisa memodifikasi aplikasi supaya sesuai dengan pemakaiannya.

Antarmuka pengguna lumayan mudah namun terdapat alat serta kemampuan modern yang memungkinkan kamu untuk membuat suatu animasi yang tergolong rumit dalam hal teknis.

Ini merupakan software animasi level menengah yang dimana para pemula atau yang sudah ahli bisa memakainya untuk projek khususnya. Jika kamu seorang yang profesional dalam bidang bisnis individu tanpa memiliki waktu senggang guna memasang animasi, ini mungkin bukan untukmu.

Akan tetapi untuk user tingkat lanjut yang berada di departemen konten, OpenToonz merupakan software animasi gratis dan pantas untuk dipertimbangkan. Kamu bisa melatih kreatifitas tanpa dibatasi antarmuka pengguna maupun jalur kerja yang dibilang rumit. Ini juga mempunyai versi berbayar.

Fitur Unggulan OpenToonz

  • Pencahayaan tersedia
  • Membuat distorsi bergelombang
  • Merubah gaya gambar secara mudah

Simak juga ulasan tentang Apa yang Harus Dipilih Untuk Menambahkan Efek Animasi Pada Powerpoint? yang bisa membantu sobat untuk menambahkan animasi agar lebih menarik!

Rekomendasi Software dan Aplikasi Lainnya

Selain daftar software animasi terbaik yang gratis karena berlisensi Open Source, kami juga sudah membagikan daftar rekomendasi lainnya yang bisa sobat baca di bawah ini.

Akhir Kata

Nah, itu adalah sederet rekomendasi software pembuat animasi terbaik free versi kami. Seluruh software di atas mempunyai fungsi yang berbeda serta beberapa mempunyai kesamaan dari segi fitur dan kemampuan.

Bagaimana? apakah sobat sudah memilih salah satu diantara beberapa software diatas untuk menunjang sobat dalam pembuatan aplikasi? Okedeh, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Jika ada rekomendasi aplikasi atau software pembuat animasi terbaik, boleh dong share ke kita semua melalui kolom komentar di bawah ya!



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks