Spesifikasi dan Harga Laptop Lenovo Ideapad Flex 5i

  • Whatsapp
lenovo ideapad flex 5i

Lenovo Ideapad Flex 5i  – Keberadaan laptop sangat penting dalam aktivitas sehari-hari. Pasalnya, banyak sekali pekerjaan maupun tugas-tugas yang membutuhkan laptop untuk mengerjakannya. Apapun profesi kamu, baik karyawan, pebisnis, maupun pelajar, keberadaan laptop akan membantu aktivitas kamu.

Karena besarnya fungsi dari laptop tersebut, tentu spesifikasi yang dimiliki oleh laptop tersebut haruslah mumpuni dan bisa diandalkan. Meskipun sebagian pekerjaan bisa diselesaikan dengan menggunakan laptop berspesifikasi standar, tetap saja hasil yang didapatkan tidak maksimal.

Read More

Salah satu jenis laptop yang cocok untuk digunakan sehari-hari adalah Lenovo Ideapad Flex 5i. Apapun profesi kamu, laptop ini bisa menjadi salah satu perangkat pembantu yang tepat.

Review Spesifikasi Lenovo Ideapad Flex 5i

lenovo ideapad flex 5i

Sebelum kamu memutuskan untuk memilih Lenovo Ideapad Flex 5i, di bawah ini akan saya sebutkan detail spesifikasi dari laptop besutan Lenovo ini.

Desain Body

Berbicara mengenai desain Lenovo IdeaPad Flex 5i, laptop ini bisa dioperasikan dalam 4 mode, yaitu mode laptop, mode stand, mode tent, serta mode tablet. Perangkat ini juga dibekali dengan engsel yang bisa berputar 360 derajat.

Untuk material bodynya, laptop besutan Lenovo ini secara keseluruhan mengusung polycarbonate, namun tetap mempertahankan tampilan yang terkesan stylish dan elegan. Tidak jauh berbeda dengan pendahulunya yaitu Lenovo IdeaPad C340. Untuk varian warna, laptop ini hadir dalam beberapa pilihan warna, yaitu Light Teal, Graphite Grey, serta Light Teal. Untuk warna Platinum Grey dilengkapi dengan finshing matte pada permukaan body.

Secara presisi, ukuran panjang laptop ini adalah 32,1 cm, tebal untuk sisi paling tipis (bagian depan) yaitu 1,79mm, dan sisi tebal (bagian belakang) 2,08cm.  Untuk bobotnya, laptop ini memiliki berat 1,57 kg, dengan charger seberat 212 gram. Jadi saat kamu membawa laptop ini bepergian, kamu bakalan membawa beban sekitar 1,78kg.

Untuk keyboardnya, laptop Lenovo IdeaPad Flex 5i masih tetap setia menggunakan layout khas ala Lenovo IdeaPad, tapi sudah dibekali dengan lampu backlit berwarna putih. Untuk pengaturan tingkat kecerahan, pengguna bisa memanfaatkan tombol tombol Fn+ Spacebar.

Desain Layar

Untuk desain layar, laptop Lenovo IdeaPad Flex 5i dibekali dengan layar berukuran 14 inci berteknologi IPS dengan tingkat resolusi Full HD 1920x1080p @60Hz. Untuk kemudahan penggunaan fitur layar, laptop ini dibekali dengan fitur touchscreen. Tingkat kecerahan layar berkisar 250 nits, dengan 45% NTSC. Permukaan layarnya terlihat glossy dalam balutan warna yang terlihat lebih menonjol.

Bingkai layarnya tergolong tipis karena tingkat ketebalannya hanya 7mm pada bagian sisi kanan dan kiri, 9mm pada bagian atas, serta 10mm di bezel di bagian bawah. Untuk bezel bagian atas dipadukan dengan fitur kamera 720p @30FPS yang akan memudahkan kebutuhan webcam kamu.

Kualitas Mesin

Berbicara tentang kualitas mesin, Lenovo IdeaPad Flex 5i memiliki performa yang handal berkat penyematan prosesor generasi terbaru berupa Intel Gen 10th Ice Lake. Untuk ketiga model Lenovo, tersedia jenis prosesor yang berbeda-beda, yaitu prosesor Intel Core i7 1065G7, Core i5 1035G1, serta Core i3 1005G1.

Untuk laptop Lenovo yang menggunakan prosesor berupa Intel Core i7 1065G7, prosesornya difabrikasi dengan arsitektur 10nm 4Core/8Thread, yang dibekali dengan base clock 1,3 GHz dan Boost Clock 3,9GHz. Selain itu, prosesor ini juga dibekali dengan 8MB Intel Smart Cache dengan TDP sebesar 15W.

Prosesor generasi terbaru ini (Intel Core 10th Gen Ice Lake) sudah dilengkapi dengan teknologi AI (Artificial Intelligence) Intel Deep Learning Boost. Sejumlah skenario penggunaan teknologi AI bakal memberikan kemudahan dalam proses Selection di Photoshop dan Melakukan Auto Reframe di Premiere untuk keperluan postingan Social Media.

Prosesor Intel Core 10th Gen seperti Core i7 1065G7 juga dibekali dengan instruksi AVX512 yang akan mengakselerasi “Compute-Intensive Workload” semisal Scientific Simulations, Image and Audio/Video Processing, Artificial Intelligence (AI)/Deep Learning, Financial Analytics, dan yang lainnya.

Meninjau aspek grafis, Lenovo IdeaPad Flex 5i sudah menggunakan teknologi grafis NVIDIA GeForce MX330 2 GB GDDR5. Discrete graphics ini memiliki 384 CUDA cores, dengan GPU Clock yang bekerja pada kecepatan 1531 MHz dan memory clock yang bekerja pada kecepatan 1752 MHz. Dengan memori 2 GB GDDR5, kartu grafis ini juga bekerja pada bus width 64-bit.

Selain itu, laptop besutan Lenovo ini dibekali dengan Graphics Intel Iris Plus Graphics (64EU) yang  kemampuannya untuk meningkatkan akselerasi teknologi AI (Intel Deep Learning Boost). Intel Iris Plus Graphics tersebut juga dibekali dengan fitur Quick Sync yang akan memaksimalkan akselerasi saat pengolahan video seperti pada Software Adobe Premiere

Meninjau aspek Memory/RAM, laptop ini memiliki RAM DDR4 3200MHz dual Channel berkapasitas 16GB. RAM tersebut terpasang On Board, yang sayangnya tidak memiliki slot SO-DIMM. Akibatnya, pengguna tidak bisa melakukan upgrade. Untuk media penyimpanan, laptop Lenovo IdeaPad Flex 5i ini menggunakan 1 TB SSD NVMe PCIe.

Baca Juga : Informasi Seputar Harga Laptop Lenovo Ideapad Slim 3 dan Spesifikasinya

Baterai

Lenovo IdeaPad Flex 5i dibekali dengan baterai berkapasitas 52,5 Wh, yang diklaim mampu menunjang penggunaan laptop hingga 11 jam bahkan meskipun digunakan menonton video non-stop berkualitas Full HD 1080p.

Untuk menguji daya tahan baterai laptop besutan Lenovo ini, kami mengutip hasil uji coba yang dilakukan oleh tim kumparanTECH yang pernah melakukan pengujian yang dimulai dari kondisi daya baterai 100% full dan pengaturan Level brightness layar pada tingkat 60 persen. Dalam uji coba tersebut, tim menggunakan laptop ini selama 2 jam lebih bermain game, lalu dilanjutkan dengan menonton film Netflix sekitar 2 jam 30 menit. Setelah itu langsung melakukan browsing internet selama satu jam. Hasilnya, daya baterai laptop masih tersisa 40 persen.

Melihat hasil uji coba di atas, diketahui kalau daya baterai laptop Lenovo IdeaPad Flex 5i sangat mumpuni dan menunjang berbagai aktivitas penggunaan laptop dalam waktu lama, baik untuk hiburan maupun pekerjaan rutin sehari-hari.  Terlebih lagi dengan adanya software bawaan Lenovo Vantage yang memberikan pilihan pengaturan Intelligent Cooling mode, sehingga pengguna bisa menjadikan penggunaan daya baterai lebih hemat lagi dengan mematikan beberapa fitur yang tidak terlalu penting atau tidak dibutuhkan.

Ternyata keunggulan baterai laptop besutan Lenovo ini tidak hanya terdapat pada tingkat penggunaan daya baterai yang sangat hemat, tetapi juga pada kemampuan pengisian daya baterai yang tergolong cepat. Bayangkan saja, untuk pengisian daya baterai dari posisi 20% menjadi 100% hanya membutuhkan waktu 1 jam 20 menit setelah mengaktifkan fitur Rapid Charge. Saat dinonaktifkan, terasa kalau kecepatan pengisian daya baterai menurun hingga 30 menit lebih lama.

Harga Lenovo Ideapad Flex 5i

lenovo ideapad flex 5i

Saat ini laptop Lenovo Ideapad Flex 5i dijual dengan kisaran harga 16 juta rupiah. Meskipun tergolong mahal, spesifikasi dan fitur yang ditawarkan pada laptop ini tergolong sesuai. Tentu saja masih banyak laptop besutan Lenovo lainnya yang bisa diberandol dengan harga yang lebih murah dari harga jual laptop yang satu ini. Tapi tentunya spesifikasi dan fitur yang dimilikinya jauh lebih rendah. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli laptop ini, lakukan pertimbangkan sebijak mungkin.

Beli Lenovo Ideapad Flex 5i diShopeeLazadaBlibliTokopedia

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *