Gadget  

Samsung One UI 4.0 Berbasis Android 12 Rilis Bulan Depan

One UI 4.0

Google diperkirakan akan merilis permbaruan Android 12 stabil pada bulan September mendatang. Hal ini membuat para produsen harus mengumumkan versi baru dari antarmuka mereka berdasarkan Android terbaru pada waktu yang hampir bersamaan. Oleh karena itu, Samsung dengan One UI 4.0 beta berbasis Android 12  dilaporkan akan diluncurkan untuk seri Galaxy S21 pada bulan Agustus mendatang.

Samsung adalah satu-satunya produsen smartphone Android yang tidak mengambil bagian dalam inisiatif resmi Android Beta. Sebagai gantinya, perusahaan menjalankan programnya sendiri satu atau dua bulan setelah rilis stabil versi Android terbaru. Sesuai pengumuman resmi (melalui PiunikaWeb) di forum komunitas Anggota Samsung, raksasa teknologi Korea Selatan itu akan segera meluncurkan One UI 4.0 Beta berbasis Android 12 untuk Galaxy S21, Galaxy S21+, dan Galaxy S21 Ultra segera.

One UI 4.0
image credit (Samsung)

Sayangnya, postingan tersebut tidak menyebutkan timeline perilisannya. Namun, seorang leaker bernama Chun di Twitter mengklaim waktu peluncuran Android beta build untuk seri Galaxy S21. Menurutnya, One UI 4.0 beta untuk model Galaxy S generasi terbaru akan dirilis pada Agustus sendiri. Jika ini benar, maka Samsung akan memulai program beta untuk perangkat lunak Android-nya sebelum rilis stabil oleh Google untuk pertama kalinya.

Akibatnya, Android 12 (One UI 4.0) stabil dikatakan akan datang untuk seri Galaxy 21 pada awal November, sebulan lebih awal dari tahun lalu. Terakhir, Chun mengatakan bahwa One UI 4.0 akan mengadopsi Android 12 Material UI. OS akan datang dengan pengoptimalan untuk chipset Snapdragon 888/Exynos 2100 dan aplikasi Samsung Notes yang diperbarui karena lebih banyak perangkat yang akan mendukung S Pen.

Kedatangan Android 12 sendiri menimbulkan sebuah pertanyaan adalah apakah ponsel Anda benar-benar akan menerima pembaruan besar-besaran tersebut. Saat peluncuran, hanya beberapa model terpilih yang akan melakukannya. Dan agar memenuhi syarat untuk peningkatan di kemudian hari, setiap ponsel harus memenuhi persyaratan perangkat keras.

Menurut Google, untuk mendapatkan hasil maksimal dari Android 12, perangkat harus memenuhi syarat sebagai “kelas kinerja”. Khususnya, untuk Android 12 ponsel memerlukan kualifikasi minimum “kelas performa 12”. Menurut Google, kelas kinerja “menentukan serangkaian kemampuan perangkat yang melampaui persyaratan dasar Android.”

Sementara “Kelas kinerja 12” tidak serta merta mengecualikan perangkat “kelas kinerja 11” untuk menjalankan Android 12. Pemilik ponsel Android kelas kinerja 11, secara teori, dapat menginstal Android 12: Mereka tidak akan melihat semua fitur OS yang tersedia. Google juga mengatakan akan mempublikasikan persyaratan untuk kelas kinerja 11 ketika merilis Android 12.

Baca juga: Fitur Terbaik Samsung One UI 3.0 Hadirkan Peningkatan UI, Aplikasi Kamera dan Digital WellBeing.

Selain ponsel – ponsel Samsung dan tentu saja Pixel dimana Pixel 3 dan Pixel 3 XL yang diluncurkan pada tahun 2018 menjadi ponsel Pixel tertua yang bisa mendapatkan Android 12. Para pengguna  mengharapkan lebih banyak ponsel yang akan untuk menerima pembaruan Android 12. Menurut situs web GetDroidTips, daftar tentatif mencakup perangkat dari LG, Motorola, Nokia, OnePlus, Oppo, Realme, Xiaomi, Vivo, Sony, dan Asus. Program Android 12 beta tersedia untuk sekelompok ponsel premium seperti OnePlus 9, OnePlus 9 Pro, Asus Zenfone 8, Oppo Find X3 Pro dan TCL 20 Pro 5G.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.