iPad Mini 6 Didesain Ulang Untuk Tampilkan Layar 8,3 inci

  • Whatsapp
iPad Mini 6
image iPad Mini via Apple.com

Apple akan merilis iPad mini 6 pada akhir Tahun ini, seiring dengan hal tersebut bocoran dan spekulasi tentang perangkat itu terus berhembus. Saat ini Apple dilaporkan sedang melakukan survei terhadap pelanggan mereka di Tiongkok yang menurut IT Home, survei itu memiliki fokus tentang ukuran layar mini iPad, iPadOS, aksesori iPad, serta perangkat lainnya.

Salah satu yang menarik adalah Apple turut memberikan pertanyaan tentang iPad mini 4, model yang dirilis pada tahun 2015 dan telah dihentikan dukungannya. Survei tersebut menanyakan apakah pengguna melihat ukuran layar yang pas, terlalu besar atau terlalu kecil dengan perangkat tersebut. Apple praktis tak mengubah ukuran layar dari penerusnya yakni iPad mini 5 yang menampilkan ukuran layar yang identik dengan generasi sebelumnya.

Read More
iPad Mini 6
Image iPad Mini via Apple.com

Sumber tersebut juga menyatakan bahwa pelanggan ditanya tentang perangkat mereka, terutama apakah mereka memiliki tablet dari pesaing Apple seperti Samsung, Windows PC, Amazon atau Huawei. Selain itu, survei tersebut juga mencakup pertanyaan tentang merek ponsel cerdas lain, Apple Watch, dan lainnya.

Bagian lain dari survei tersebut menyangkut aksesori mini iPad, seperti keyboard, headphone, kotak pelindung, adaptor pengisi daya yang disertakan, kabel, dan lainnya, sambil juga menanyakan apakah pelanggan akan menggunakannya.

Meskipun ini bisa menjadi survei pengalaman pelanggan yang sederhana, namun beberapa pengaamat mengingat bagaimana Apple meluncurkan kuesioner serupa jelang peluncuran model iPhone 12 tahun lalu. Dan ketika dirilis, Apple nyatanya memutuskan untuk melucuti aksesoris pendukung seperti EarPods dan adaptor charger dari kotak penjualan iPhone terbaru. Penyesuaian tersebut merupakan bagian dari strategi kemasan berkelanjutan baru Apple untuk mengurangi limbah elektronik.

Menurut rumor, iPad mini 6 diperkirakan akan menampilkan layar mini-LED yang berukuran sama dengan pendahulunya 7,9 inci, sementara sumber lain mengklaim bahwa model iPad mini yang akan datang kemungkinan menampilkan layar 8,4 inci dan bisa jadi Apple akan memutuskan setelah melihat keinginan pelanggan lewat survei yang dilakukan. Panel mini-LED yang saat ini juga ditampilkan dalam model iPad Pro 2021 dapat memberikan tingkat kecerahan dan kontras yang lebih baik dibandingkan layar LCD tradisional.

Dari segi desain, iPad mini kemungkinan akan menyerupai iPad Air dan iPad Pro terbaru dengan bezel yang lebih ramping dan tanpa tombol home. Tidak jelas apakah iPad mini 6 baru akan menampilkan Touch ID di tombol daya atau dukungan ID Wajah. Bloomberg melaporkan bahwa perangka ini merupakan desain ulang terbesar dalam sejarah sembilan tahun iPad mini.

9to5Mac pekan lalu secara eksklusif melaporkan bahwa iPad mini yang baru ini akan dilengkapi dengan prosesor A15 di dalamnya, port USB-C di bagian bawah untuk konektivitas, dan Smart Connector. Apple terakhir memperbarui iPad mini pada tahun 2019, menghadirkan prosesor A12 Bionic yang lebih cepat serta peningkatan lainnya dan dukungan Apple Pencil.

Baca juga: Rekomendasi Tablet Android Terbaik 2021.

Mark Gurman dari Bloomberg mengklaim bahwa Apple iPad mini 6 kemungkinan datang pada  musim gugur ini. Meskipun Gurman tidak banyak merinci tentang tanggal tepatnya, namun beberapa laporan berspekulasi bahwa iPad mini 6 diluncurkan pada bulan Oktober didasarkan pada pola rilis khas Apple.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *