Cara Mendapatkan eHAC Indonesia Jadi Syarat Wajib Untuk Berpergian Keluar Kota

  • Whatsapp
cara mendapatkan ehac

eHAC Indonesia adalah salah satu aplikasi yang wajib Sobat ketahui ketika pandemi Covid-19 saat ini, ini adalah salah satu syarat berpergian baik dengan moda transportasi pesawat dan lainnya. Untuk itu kami akan membahas aplikasi ini lengkap dengan cara mengisi eHAC.

Tentang eHAC Indonesia Apk

Perlu diketahui eHAC merupakan singkatan dari  electronic-Health Alert Card atau disebut juga sebagai Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik.

Read More

eHAC menjadi syarat wajib untuk melakukan perjalanan domestik dan internasional selama masa pandemi saat ini, tujuannya agat dapat meminimalkan resiko penularan Covid-19. eHAC Indonesia dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Bagaimana Cara Mendapatkan eHAC ?

Untuk mendapatkan eHAC sebagai syarat berpergian, Ada 3 cara yang bisa Sobat lakukan, pertama menggunakan Aplikasi eHAC Indonesia APK yang bisa di unduh di Google Play Store untuk pengguna Android atau Apps Store untuk pengguna iOS, dan cara kedua melalui website resmi eHAC Indonesia dan yang terakhir bisa melalui aplikasi PeduliLindungi.

Berikut ini kami akan memberikan langkah dari masing-masing cara yang sudah kami sebutkan di atas:

Cara Mendapatkan eHAC Melalui Aplikasi

  1. Pertama Sobat bisa menggunakan aplikasi bernama eHAC Indonesia. Sayangnya di Google PlayStore Aplikasi tersebut sudah tidak tersedia, Sobat bisa download APK dari situs selain Google Play, namun memang Sobat harus lebih teliti memilih aplikasi tersebut jangan sampai salah. 
  2. Untuk mempermudah Sobat mendapatkan aplikasi tersebut, Sobat bisa mendapatkan link unduh di bawah ini, aplikasi tersebut hanya berukuran 19,8 MB saja. >> Link Download eHAC Indonesia APK << 
  3. Untuk menginstall Aplikasi dari luar Google Play Store, Sobat harus mengaktifkan ‘Unknown Source‘ yang ada di Pengaturan >> Privasi >> aktifkan Unknown Source atau Sumber Tidak Dikenal.
  4. Selanjutnya Install Aplikasi sampai proses selesai.
  5. Jika sudah buka aplikasi dan lakukan pendaftaran di aplikasi tersebut.
  6. plikasi akan meminta izin mengakses penyimpanan foto, media, dan dokumen pada perangkat.
  7. Untuk membuat eHAC Sobat bisa langsung membuatnya dengan masuk ke menu HAC, pilih domestik jika ingin berpergian ke luar kota, dan eHAC Internasional untuk yang berkunjung ke Indonesia.
  8. Kemudian isi data diri seperti nama, usia, nomor identitas dan lainnya.
  9. Kemudian isi gejala kesehatan yang dialami, jika tidak ada gejala silahkan dikosongkan.
  10. Nantinya akan keluar barcode yang akan digunakan untuk ditunjukan kepada petugas di tempat pemeriksaan.

Update

Berdasarkan berita terbaru dari Detik.com, bahwa ada kebocoran data di aplikasi eHAC Indonesia, jadi kami sarankan Sobat untuk tidak menggunakan aplikasi tersebut, sebagai gantinya Sobat bisa menggunakan aplikasi PeduliLindungi. 

“Pemerintah meminta masyarakat untuk menghapus, menghilangkan, men-delete, atau uninstall aplikasi eHAC yang lama, yang terpisah,” begitulah perintah Kepala Pusat Data dan Informasi Kemenkes, Anas Ma’ruf, Selasa (31/8/2021) Sumber: detik.com.

Cara Mendapatkan eHAC Melalui Aplikasi PeduliLindungi

cara mendapatkan ehac

Sebagai gantinya aplikasi eHAC Indonesia, Sobat bisa mendapatkan eHAC melalui aplikasi PeduliLindungi, untuk cara register ke aplikasi ini kami sudah membahasnya secara lengkap di sini

Artikel tutorial tersebut sudah sangat lengkap bagaimana cara pengisian form registrasi di PeduliLindungi. Jika Sudah memiliki Akun, Sobat bisa mengikuti langkah di bawah ini untuk mendapatkan eHAC untuk keperluan berpergian.

1. Login ke Aplikasi PeduliLindungi.

2. Kemudian klik menu eHAC.

3. Sama seperti di aplikasi eHAC Indonesia, ada dua pilihan menu yang bisa sobat pilih, “eHAC Domestik” untuk perjalanan keluar kota, “eHAC Internasional” untuk seseorang yang ingin datang ke Indonesia. Pilih dan sesuaikan dengan perjalanan yang akan Sobat lakukan.

3. Isi Form secara lengkap untuk mendapatkan eHAC.

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Solusinya.

Akhir Kata

Jadi sebelum berpergian Sobat harus membuat eHAC terlebih dahulu ya! Karena cara membuat eHAC juga tidak serumit apa yang dipikrkan, tapi Selain mendapatkan eHAC, sebelum melakukan perjalanan pastikan Sobat juga sudah melakukan vaksin dan juga melakukan test Covid-19 dengan hasil negatif demi keamanan dan kenyaman perjalanan.

Apa itu eHAC Indonesia ?

eHAC merupakan singkatan dari  electronic-Health Alert Card atau disebut juga sebagai Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik yang menjadi syarat wajib untuk melakukan perjalanan domestik dan internasional selama masa pandemi.

Bagaimana Cara Mendapatkan eHAC ?

Sobat bisa dengan mudah mendapatkan eHAC melalui aplikasi PeduliLindungi, untuk itu sobat wajib mendaftarkan diri di aplikasi tersebut guna mendpatkan eHAC untuk syarat perjalanan.

Bagaimana cara mengisi eHAC Indonesia?

Kami sudah mengulasnya secara lengkap untuk Anda melalui halaman ini, pastikan Sobat sudah terdaftar di aplikasi PeduliLindungi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *