Review Samsung Galaxy M53 Super AMOLED 120Hz

Warna Samsung Galaxy My 53
image credit : Samsung

Samsung Galaxy M53 adalah handphone yang diluncurkan pada Bulan April tahun 2022, Ponsel ini sudah mendukung konektivitas 5G. Ponsel ini sudah resmi hadir di Indonesia, tapi sebelum Sobat membelinya berikut kami ulas Review Spesifikasi dari Galaxy M53.

Spesifikasi Samsung Galaxy M53

Samsung Galaxy My 53 Brown
Image credit : Samsung

Handphone Android besutan samsung ini sudah mendukung konektivitas 5G SA/NSA yang juga support dibeberpa konektivitas 4G / 3G dan 2G untuk dapat menunjang konektivitas diberbagai tempat dengan lancar.

Read More

Ponsel mendukung kecepatan akses data di HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A, 5G, yang tentu memiliki kecepatan yang cukup baik untuk sekelas ponsel genggam.

Walaupun di Indonesia konektivitas 5G masih sangat terbatas, tapi paling tidak jika sobat menggunakan ponsel ini, sobat tidak perlu melakukan upgrade ke 5G jika jaringan sudah merata di tanah air.

Desain dan Tampilan Samsung Galaxy M53

Samsung Galaxy My 53 Blue
Image credit : Samsung

Soal desain, Galaxy M53 hadir dengan tampilan yang sama seperti ponsel Samsung sebelumnya, dibagian layar menampilkan bezel tipis dan punch hole (lubang) pada bagian tengah atas.

Kesan yang ditampilan smartphone terlihat hanya menampilkan layar penuh dengan bezel tipis dibagian bawah yang memiliki kesan modern.

Dimensi Galaxy M53 hadir dengan ukuran 164,7 x 77 x 7,4 mm dengan berat hanya 179 gram, dengan layar berukuran 6,7 inci menggunakan panel Super AMOLED.

Ukuran ini akan mempermudah sobat untuk mengoprasikan perangkat hanya dengan satu tangan, walaupun akan tidak cocok jika sobat punya jari-jari yang mungkil. Tapi setidaknya ukuran layar sudah sangat mendukung keperluan entertainment dan juga gaming.

Ponsel memang didesain untuk sobat bermain game, pasalnya Layar Super AMOLED tersebut sudah mendapatkan kecepatan refresh rate 120Hz. Dengan spek ini, sobat akan merasakan sentuhan layar yang super cepat, jadi permainan game akan sangat menarik.

Performa Prosesor

Samsung Galaxy My 53 Green
image credit : Samsung

Bicara soal game, agar bisa memainkan game kelas berat tentu saja perangkat harus sudah didukungan chipset handal.

Untungnya Samsung Galaxy M53 dibekali chipset keluaran Mediatek, yaitu MT6877 Dimensity 900 dengan fabrikasi 6nm dengan konfigurasi CPU Octa-core (2×2.4 GHz Cortex-A78 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)

tentu saja ponsel harus sudah mendukung chipset yang didesain untuk permainan, dan Samsung Galaxy M53 hadir dengan ditenagai prosesor Mediatek MT6877 Dimensity 900 (6nm) yang disandingkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan besar 256 GB serta masih dilengkapi slot microSDXC.

Dengan spek tersebut, Sobat sudah dapat menjalankan game kelas berat seperti PUBG, Mobile Legend, Genshin Impact dan game dengan grafis keren lainnya.

Sementara untuk pengoprasiannya, Ponsel berjalan dengan Android 12 yang sudah dibalut dengan antaramuka One UI 4.1 milik Samsung.

Konfigurasi Kamera Samsung Galaxy M53

Tak lengkap rasanya jika ponsel tidak mendapatkan kamera yang canggih, Pada Galaxy M53 ini untungnya mendapatkan spesifikasi kamera yang bisa dibilang mumpuni.

Pada bagian belakang Samsung Galaxy M53 mendapatkan empat buah kamera utama dengan sensor utama sebesar 108 MP PDAF F/1.8 Lensa Wide yang disandingkan dengan sensor 8MP Lensa ultrawide f/2.2, lensa kedalaman 2MP f/2.4 dan lensa makro 2MP f/2.4.

Dengan spek kamera tersebut Galaxy M53 akan mampu menghasilkan foto dan video yang tajam dan juga jernih, ditambahlagi fitur kamera yang siap mendukung yaitu LED Flash, HDR dan panorama.

Untuk hasil videonya, kamera utama mampu menghasilkan video 4K pada 30fps dan 1080p pada 30/60fps. Dengan spek ini tentu saja sobat bisa menggunakan kameranya untuk urusan membuat konten video.

Sementara kamera depan, Ponsel dibekali dengan sensor sebesar 32MP f/2.2 lensa wide dengan kemampuan merekam video 4K pada 30fps dan 1080p pada 30fps yang juga bisa menjadi salah satu perlengkapan vlog yang bisa diandalkan.

FItur Pendukung Samsung Galaxy M53

Samsung Galaxy M53 juga dibekali dengan berbagai fitur pendukung, seperti masih dibekalinya jack 3.5mm untuk keperluan earphone. walaupun sekarang bukan jaman earphone kabel, tapi setidaknya ini akan sangat berguna untuk digunakan sebagai microphone external untuk keperluan merekam video.

Fitur lainnya diantaranya : Bluetooth 5.2 A2DP LE, GPS, dan dilengkapi dengan USB type-C 2.0 serta USB On-The-Go, serta dibekali teknologi NFC yang sekarang ini semakin dibutuhkan untuk pengisian e-money secara mudah dan instant.

Tak lupa terdapat beberapa sensor yaitu Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, dan compass.

Baterai dan Pengisian Cepat

Selain performa dan kamera yang cukup mengesankan, Samsung Galaxy M53 juga dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar, yaitu sebesar 5.000 mAh yang sudah mendukung fast charging sebesar 25W sehingga mempersingkat waktu pengisian baterai.

Mengingat handphone bukan lagi digunakan sebagai alat komunikasi saja, tapi juga sebagai sarana hiburan seperti menonton film dan bermain game, kapasitas baterai dan pengisian cepat sudah patut menjadi pertimbangan untuk membeli ponsel.

Harga Samsung Galaxy M53

Bicara soal harga, dengan spek yang sudah kami sebutkan diatas tersebut, menurut laman resmi samsung.com, harga Samsung Galaxy M53 berkisar di Rp.6.299.000 dengan RAM 8 GB / 256 GB.

Kesimpulan

Dari sisi performa, spesifikasi dan kamera Samsung galaxy M53 patut dipertimbangkan untuk Sobat jadikan salah satu ponsel yang layak sobat beli, selain itu beberapa kelebihan ini juga bisa menjadi pertimbangan untuk membeli Galaxy M53;

  • Pertama ponsel sudah mendukng 5G, jadi sobat bisa menggunakan ponsel ini untuk waktu yang lama tanpa memerlukan ganti perangkat jika jaringan 5G sudah tersebar luas.
  • Kedua, ponsel mendapatkan performa chipset yang mumpuni, dengan konfigurasi CPU yang ada dan kapasitas RAM serta memori yang besar sobat bisa menginstal berbagai game kelas berat dan memainkannya dengan lancar.
  • Ketiga, kapasitas beterai yang cukup besar dan juga pengisian cepat. ini adalah salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan.
  • Dan terakhir ponsel sudah mendukung fitur NFC yang akan mempermudah sobat untuk melakukan pengisian e-money dengan sangat mudah tanpa perlu report ke ATM.
Cek harga Samsung Galaxy M53 di Shopee
Cek harga Samsung Galaxy M53 di Tokopedia

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.