15 Cara Meningkatkan Penjualan Online dengan Ide Kreatif

Ide Kreatif Untuk Meningkatkan Penjualan Online

Sekarang kita melihat berbagai perusahaan mulai dari yang besar sampai kecil sekalipun mengadopsi ide-ide kreatif untuk bahan promosi produk mereka, seperti Gojek, Axis, OVO dan sebagainya. Dan ide kreatif menjadi cara meningkatkan penjualan online yang berhasil saat ini.

Jadi, sobat bisa meningkatkan penjualan online dengan menggunakan ide kreatif di media digital seperti sosial media.

Dan pas sekali, di artikel ini kami akan merekomendasikan ide-ide kreatif sebagai cara meningkatkan penjualan online yang bisa Sobat terapkan. Apa saja? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

15 Ide Kreatif Untuk Meningkatkan Penjualan Online

Ide Kreatif Untuk Meningkatkan Penjualan Online

Ketika membuka bisnis baru, sudah semestinya setiap pemilik usaha tersebut untuk memasarkan produk, dan meningkatkan brand awareness kepada calon konsumen.

Beruntungnya, di jaman sekarang ini dunia digital semakin luas dan sebagian besar orang telah memiliki jaringan internet. Oleh karena itu, ide kreatif untuk meningkatkan penjualan saat ini terbilang lebih efesien dan efektif.

Misalnya saja, beberapa tahun lalu sebelum internet belum menjamah secara luas, promosi-promosi produk masih menggunakan cara-cara yang agak ribet, seperti menyebar brosur, beriklan di koran atau media televisi, dan lain sebagainya.

Sekarang, munculnya sosial media, dan website tentu memudahkan promosi produk tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Nah, ini dia beberapa ide kreatif untuk meningkatkan penjualan:

Review Produk di TikTok, Instagram dan Youtube

Tidak dapat dipungkiri, seiring berjalannya waktu pengguna TikTok kian terus bertumbuh. Dengan begitu, sering bukan kita melihat hal-hal yang viral? Barang unik dikit viral, makanan enak dikit viral.

Melihat trend tersebut, Sobat bisa manfaatkan produk Sobat untuk di-review oleh para TikTok-ers, jangan jauh-jauh, jika Sobat memiliki followers yang cukup, Sobat bisa review sendiri saja. Selain tidak memerlukan modal untuk membayar, Sobat juga bisa mengetahui sejauh mana insight video yang sobat buat.

Selain itu di sosial media TikTok, Instagram dan Youtube, sobat bisa membuat video pendek berdurasi 1 menit untuk mendapatkan impression yang tinggi, karena sekarang ini penggunaan video pendek memiliki jangkauan yang luas.

Membuat Give Away di Sosial Media

Siapa sih yang tidak suka dengan Give Away? Rasanya semua orang menyukai hal ini. Nah, Sobat bisa adopsi ide kreatif untuk meningkatkan penjualan ini untuk meningkatkan followers produk Sobat.

Dengan semakin banyaknya pengikut sosmed Sobat, maka semakin terkenal juga produk Sobat dan semakin banyak juga pembeli produk Sobat. Jangan lupa juga, saat membuat give away, Sobat bisa menyisipkan persyaratan bahwa untuk setiap orang yang mengikuti, harus mem-follow akun produk milik Sobat.

Menggunakan Instagram Ads, Facebook Ads, TikTok Ads, Google Ads

Cara meningkatkan penjualan online selanjutnya adalah menggunakan jaringan iklan dari Instagram, FB, TikTok dan Google.

Jangan ragu untuk beriklan di platform yang Sobat gunakan. Beriklan di sana lebih efektif karena algoritma kecerdasan buatan bisa Sobat manfaatkan untuk mencapai target audience tertentu. Misalnya saja Sobat menjual produk sepatu sneakers.

Maka Sobat bisa memililih tujuan iklan ke orang dewasa atau dalam rentang usia tertentu. Hal ini akan lebih efektif menjangkau pasar ketimbang beriklan secara umum yang belum tentu orang membutuhkan.

Membuat Promo-Promo Dengan Nama yang Unik

Gunakan nama unik untuk membuat promosi, hal ini bertujuan agar promo tersebut mudah di ingat oleh calon pembeli. Nah, hal ini tentu bisa Sobat manfaatkan.

Misalnya saja Sobat menjual kuliner, Sobat bisa terapkan dengan nama unik seperti Pak Rahmat = Paket Ramadhan Hemat. Umumnya orang-orang saat ini lebih senang melihat hal-hal yang unik dan menarik.

Jadi Sponsor Organisasi Sosial

Jangan salah, men-sponsori kegiatan organisasi dapat meningkatkan penjualan Sobat, lho. Selain dapat keberkahan, hal ini juga bisa menjadi target promosi yang menarik.

Sobat bisa pilih organisasi anak muda, karena peluang ini bisa Sobat andalkan untuk mencari target pasar sekaligus meningkatkan brand awareness kepada lebih banyak orang.

Mengadakan Perlombaan Game

Perlombaan game bukan hal yang asing lagi untuk saat ini. Menjamurnya game-game online tidak selamanya berdampak buruk, jika Sobat berpandang dari sisi positif.

Nah, Sobat bisa buat turnamen dengan sponsor utama dari produk Sobat sendiri. Buat turnamen dengan baiya pendaftaran yang free agar lebih banyak orang yang tertarik untuk ikut. Nantinya para peserta mau tidak mau akan mencari tahu nama dari sponsor, dan hal ini akan meningkatkan brand Sobat lebih luas.

Membuat Website Bisnis

Membuat website dengan nama domain brand Sobat akan membuat brand Sobat lebih profesional dan terpercaya. Saat ini banyak sekali penyedia domain dan hosting murah yang bisa Sobat andalkan, atau sobat bisa menggunakan wordpress untuk membuat website yang powerfull dengan mudah. Kalau Sobat ingin website bukan hanya sebagai etalase produk, sekalian saja Sobat buat menu transaksi agar konsumen dapat lebih mudah untuk membeli produk Sobat.

Membuat LinkTree

Linktree sendiri merupakan landing page berisi short link yang bertujuan untuk mengarahkan langsung platform penjualan kepada calon konsumen. Misalnya Sobat menjual produk Sobat di Shopee, Tokopedia, Instagram, dan sebagainya.

Short Link Linktree juga membuat pembeli akan mudah menemukan produk yang sobat jual. Untuk mulai membuat short link, Sobat bisa mencobanya secara gratis melalui situs resminya di https://linktr.ee/.

Jual di Marketplace E-Commerce

Adanya e-commerce ini merupakan peluang yang sangat baik bagi para pengusaha yang ingin lebih meningkatkan penjualannya. Umumnya orang saat ini lebih suka berbelanja secara online ketimbang datang langsung ke toko.

Selain itu membuka toko di e-commerce juga membuka jangkauan pembeli baru lebih luas, dan jangan lupa mamfaatkan berbagai promosi yang ditawarkan oleh masing-masing e-commerce tersebut.

Menyediakan Vouher

Masih menyambung dari ide untuk menjual di marketplace, Sobat juga bisa menyisipkan voucher-voucher menarik di deskripsi produk. Misalnya saja, Sobat membuat voucher gratis ongkir, atau voucher potongan harga.

Dijamin, orang-orang akan lebih melirik toko online Sobat karena banyak voucher menarik yang membuat tergiur untuk membeli produk terus menerus.

Pantau Kompetitor

Memang menjadi hal yang wajib untuk memantau pesaing atau kompetitor. Hal ini bukan tanpa alasan, Sobat bisa memantau mereka untuk mengetahui ide-ide apa yang sedang mereka kembangkan, melihat harga produk agar tidak terlalu ketimpangan dengan harga produk Sobat, lalu juga melihat strategi penjualan mereka.

Menawarkan Sampel Produk

Tidak bisa dipungkiri deh, bahwa kita semua menyukai barang-barang gratis. Nah, menawarkan sampel produk merupakan salah satu ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang juga sering diadopsi oleh brand-brand ternama.

Hal ini menjadi strategi promosi yang terbilang efektif, karena calon konsumen akan mengetahui kualitas dn sense produk Sobat sehingga mereka akan membeli dan merekomendasikan produk Sobat kepada orang-orang terdekatnya.

Kolaborasi Produk

Jika kalian memiliki partner bisnis yang pasarnya cukup luas dan penjualannya cukup bagus, maka tidak ada salahnya untuk mengajak berkolaborasi. Hal ini bisa menjadi win-win solution karena akan menguntungkan kedua belah pihak.

Melakukan Inovasi

Yup, banyak sekali pengusaha sukses yang bilang bahwa inovasi merupakan poin penting yang wajib setiap pengusaha terapkan. Di jaman yang serba cepat ini, jika tidak melakukan inovasi cepat atau lambat akan kalah saing.

Ramah Terhadap Pelanggan

Seperti kata Jack Ma, suksesnya produk juga ditentukan dengan pelayanannya. Semakin baik pelayanan, maka para pelanggan juga akan semakin nyaman untuk berkunjung lagi ke depannya. Sebisa mungkin untuk ramah terhadap pelanggan agar mereka merasa dilayani dengan baik.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Penunjang Ramadhan Agar Ibadah Makin Maksimal!

Akhir Kata

Demikian rekomendasi tentang ide kreatif sebagai cara meningkatkan penjualan online yang dapat kami sampaikan. Kira-kira, poin mana yang akan Sobat terapkan? Jangan lupa untuk bagikan ke lebih banyak orang. Sekian, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *