7 Smartphone yang Dikonfirmasi Menggunakan Snapdragon 8 Gen 2

smartphone Snapdragon 8 Gen 2

Baru-baru ini Qualcomm merilis prosesor baru andalannya, yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Menyambut kemunculan prosesor baru ini, dikabarkan kalau sudah banyak smartphone yang menggunakan prosesor tersebut.

Kabar tersebut sudah dikonfirmasi dan sudah dipastikan daftar sejumlah smartphone yang akan dibekali dengan Snapdragon 8 Gen 2. Tapi sebelum itu, penting untuk mengetahui fitur dari prosesor ini terlebih dahulu.

Fitur Snapdragon 8 Gen 2  

SoC Snapdragon 8 Gen 2

Chipset ini dirancang menggunakan teknologi fabrikasi 4 nanometer (nm) yang merupakan pengembangan dari Snapdragon 8 Gen 1. Banyak peningkatan yang dihadirkan pada chipset yang satu ini.

Salah satu contohnya adalah peningkatan di sektor prosesor (CPU). Dalam hal ini, CPU Kryo di Snapdragon 8 Gen 2 diklaim mampu menghemat 40 persen daya dibandingkan generasi sebelumnya.

Peningkatan juga dialami oleh pengolah grafis (CPU), di mana performanya mengalami peningkatan 25 persen lebih tinggi dibandingkan GPU di Snapdragon 8 Gen 1.

Aspek pengolah kecerdasan buatan (NPU) turut mengalami peningkatan. Dalam hal ini, Qualcomm mengklaim kalau kinerja kecerdasan buatan (AI) pada Snapdragon 8 Gen 2 akan meningkatkan fungsi kamera dan pemrosesan bahasa yang lebih baik daripada generasi sebelumnya.

Lantas smartphone apa saja yang sudah mengusung chipset Snapdragon 8 Gen 2? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

7 Daftar Smartphone yang Menggunakan Snapdragon 8 Gen 2

1. Xiaomi 13 Series

Belum lama ini Xiaomi menyampaikan kalau seri 13 akan dibekali dengan Snapdragon 8 Gen 2. Disebutkan dalam sebuah postingan di Weibo bahwa perusahaan yang lebih sering memperkenalkan ponsel andalannya di akhir tahun akan segera menggelar acara peluncuran tersebut.

2. Samsung Galaxy S23 Series

Samsung lebih sering merilis smartphone bertenaga Qualcomm di pasar Amerika Utara. Adapun di wilayah lainnya, Samsung hanya merilis smartphone yang ditenagai oleh prosesor Exynos milik perusahaan. Namun, Galaxy S23, S23, dan S23 Ultra akan dibekali dengan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 saat ketiganya diluncurkan pada awal 2023.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Ultra Punya Kamera Malam Lebih Baik

3. Motorola X40 Series

Meskipun saat ini Motorola tidak dalam masa kejayaannya, namun akhir-akhir ini sejumlah perangkat mengagumkan sudah ditambahkan ke jajaran seri X yang sedang berkembang. Salah satunya adalah Moto X40 yang diklaim sebagai smartphone pertama perusahaan yang mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2.

4. OnePlus 11 Series

Meskipun beberapa tahun terakhir ini OnePlus mendapatkan kritikan pedas terkait harga ponselnya, perusahaan terus melanjutkan kesuksesannya dalam kinerja. Salah satunya adalah smartphone OnePlus yang telah menjalin kemitraan dengan Qualcomm sejak lama dan dikabarkan akan merilis seri 11 dengan silikon Snapdragon.

5. iQOO 11 series

iQOO juga sudah mengonfirmasi di Weibo bahwa iQOO 11 mendatang akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 2. Selain itu, perusahaan seperti Honor, ZTE, Meizu, Vivo, Sony, Redmi, ROG, SHARP, dan ASUS adalah di antara mitra yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dan prosesor lainnya.

6. Oppo Find X Series

Meskipun belum ada informasi resmi dari pihak Oppo terkait jajaran smartphone yang akan diluncurkan dengan mengusung Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, tapi kemungkinannya akan disematkan padanya Find X5 Pro. Hanya saja, belum ada kejelasan waktu perilisan ponsel ini.

7. Red Magic 8 Pro

Sudah sejak lama Qualcomm mengadakan hubungan kerjasama dengan salah satu produsen ponsel gaming yaitu Red Magic. Perusahaan tersebut juga sudah mengeluarkan konfirmasi kalau Red Magic 8 Pro yang akan datang mengusung prosesor Qualcomm 8 Gen 2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *