Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 Hadir 35% Lebih Cepat dan 40% Lebih Hemat Daya

Snapdragon 8 Gen 2

Qualcomm akhirnya resmi mengumumkan chipset prosesor kelas atas terbarunya yaitu Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, yang menjadi peningkatan dari Gen 1.

Chip prosesor ini hadir memfokuskan pada kinerja yang lebih baik dan efisien, terutama dalam hal terkait teknologi AI.

Soal performa, Snapdragon 8 Gen 2 hadir dengan CPU Kryo yang mencakup satu inti utama berdasarkan ARM Cortex-X3 dengan clock 3.2GHz, disandingkan dengan empat inti kinerja pada 2,8GHz dan tiga inti efisiensi pada 2,0GHz.

Perbandingan antara Snapdragon 8 Gen 2 dengan generasi sebelumnya adalah hadir lebih cepat 200MHz hingga 300 MHz, selain itu perusahaan juga mengatakan Gen 2 hadir 35% lebih cepat dan 40% lebih hemat daya dari Gen 1.

Snapdragon 8 Gen 2 terbaru

Tak ketinggalan Qualcomm juga menyandingkan CPU terbaru dengan GPU Adreno baru yang diklaim memiliki kinerja 25% lebih tinggi dan 45% lebih hemat daya.

Chipset juga mendapatkan dukungan teknologi yang lebih cepat termasuk RAM LP-DDR5X hingga 4.200MHz dan penyimpanan UFS 4.0 baru.

Walaupun Snapdragon 8 Gen 2 adalah peningkatan dari Gen 1, tapi masih ada kemiripan dari generasi sebelumnya, yaitu Gen 2 masih dibangun menggunakan pemrosesan 4nm.

Untuk tampilan, chipset Gen 2 hadir untuk dukungan resolusi QHD+ hingga 144Hz atau resolusi 4K pada 60Hz. Selain itu mencakup tampilan eksternal hingga esolusi 4K pada 60Hz dengan 10-bit Rec. Gamut warna 2020, HDR10+, dan Dolby Vision.

Sementara untuk menunjang kamera, chipset Gen 2 memiliki tiga ISP 18-bit yang mendukung hingga tiga kamera 36MP secara bersamaan atau hingga 200MP untuk konfigurasi kamera tunggal, selain itu juga mendukung sensor kamera 108MP dengan zero shutter lag.

Perusahaan juga meningkatkan dukungan untuk sensor Sony dan Samsung terbaru Sehingga DOL-HDR dan sensor Samsung HP3 200MP dioptimalkan untuk bekerja dengan ISP pada Snapdragon 8 Gen 2.

Peningkatan lainnya juga dilakukan di seluruh prosesor Hexagon untuk kinerja Artificial Intelligence (AI) hingga 4,35x lebih cepat dan mengklaim bahwa chip tersebut dapat menangani tugas yang lebih kompleks, seperti menerjemahkan bahasa ke berbagai bahasa secara real time.

Dan menariknya Snapdragon 8 Gen 2 merupakan chip pertama di dunia yang mendukung teknologi Wi-Fi 7.

Sementara untuk modem, Gen 2 mengemas Qualcomm Snapdragon X70 yang diumumkan pada awal tahun ini di MWC 2022.

Modem tersebut dilengkapi dengan prosesor AI sendiri untuk dapat meningkatkan kinerja 5G dan mendukung SIM 5G aktif ganda, sehingga pengguna dapat menggunakan dua SIM Card dengan jaringan 5G secara bersamaan.

Jadi kita nantikan saja beragam ponsel flagship akan mengemas chipset terbaru dari Qualcomm ini, dan ini akan sangat menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *