Resmi! Samsung Galaxy A30s Hadir dengan Teknologi NFC dan Triple Kamera

| |

Akhirnya Samsung meluncurkan Galaxy A30s di Indonesia, ini juga berbarengan dengan hadirnya Galaxy A20s. Dengan peluncuran kedua handphone tersebut di pasar ponsel di tanah air, artinya sudah tersedia A10s, A20s, A30s dan juga A50s. Nah untuk A30s ini pasti kalian penasaran apa saja sih penginkatannya?

Untuk bagian design halaman muka A30s masih sama seperti A30 yaitu masih menggunakan “poni” waterdrop atau disebut dengan Infinnity-V yang menjadi tempat kamera depan disematkan. Ukuran layar masih sama yakni 6,4 inci dengan teknologi panel Super AMOLED beresolusi HD+ dan rasio layar-ke-body juga masih tetap sama yaitu 84,9 persen. Namun sayangnya saya belum mendapatkan informasi pelindungan layar yang digunakan apakah masih menggunakan Corning Gorilla Glass 3 atau mendapatkan peningkatan.

Galaxy A30s vs A30

Triple Camera dengan Sensor dengan Terbesar 25MP

Kamera A30s
image vis samsung.com

Beralih kebagian belakang kita akan melihat adanya peningkatan pada sektor kamera, karena A30s sudah mendapatkan tiga sensor kamera dibagian ini. Posisi kamera masih tetap sama, berada pada bagian pojok kanan atas yang tersusun secara vertikal dan juga dilengkapi dengan LED Flash. Selain itu dibagian belakang kita tidak akan melihat adanya sensor pemindai sidik jari, karena sensor tersebut sudah disematkan pada layarnya, tentu saja ini menjadi lebih canggih karena A30 masih meletakannya pada bagian belakang.

Bicara soal kemampuan fotografi, pada A30 hanya mendapatkan dua sensor kamera saja. Kini di Galaxy A30s sudah mendapatkan tiga sensor kamera dengan menambahkan sensor kedalaman, dan mengubah sensor PDAF menjadi lebih besar. Konfigurasinya antara lain; 25MP PDAF dengan bukaan f/1.7, 8MP ultrawide berbukaan f/2.2 dan 5MP sensor kedalaman berbukaan f/2.2. Untuk kamera selfie, masih menggunakan sensor yang sama berukuran 16MP berbukaan f/2.0.

Beralih kebagian dalam dari smartphone, Galaxy A30s masih mendapatkan chip prosesor yang sama dengan A30, yaitu Exynos 7904 dengan teknologi pemrosesan 14nm dan konfigurasi CPU Octa-core (2×1.8 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex-A53). Chip ini disandingkan dengan kapasitas RAM sebesar 4GB dan penyimpanan internal sebesar 64GB. Jika dirasa masih kurang dalam hal penyimpanan, pengguna bisa menambahkannya dengan microSD yang disediakan slot secara terpisah dari slot SIM.

galaxy A30s ini sudah dilengkapi dengan fitur Game Booster yang mengandalkan teknologi AI yang diklaim bisa mengoptimalkan performa dan meminimalisir lag saat bermain game online.

Dukungan lain Galaxy A30s masih mendapatkan kapasitas baterai sebesar 4000 mAh yang juga dibekali dengan pengisian cepat berdaya 15W. Ponsel hadir dengan OS Android 9.0 yang sudah dibalut antaramuka milik Samsung. Belum ada informasi apakah A30s akan mendapatkan upgrade OS ke Android 10 atau tidak, tapi mengingat ini adalah smartphone baru bisa saja akan mendapatkannya.

Dilengkapi dengan Fitur NFC

Samsung NFC
image via samsung.com

Galaxy A30s adalah smartphone pertama Samsung dengan harga di bawah 5 jutaan yang sudah dilengkapi dengan dukungan NFC, sebelumnya Samsung juga sudah menambahkan fitur ini pada A50s. Artinya dengan dukungan NFC pengguna dapat lebih mudah melakukan transaksi dengan kartu elektronik, melakukan pengecekan saldo dan pengisian (top-up).

Kesimpulan dan Harga

Dengan spesifikasi yang sudah saya jabarkan, Samsung Galaxy A30s mendapatkan peningkatan dibeberapa sektor. antara lain adalah peningkatan pada sensor kamera dengan menghadirkan Tiga sensor kamera utama, pemindai sidik jari sudah berada pada bagian layar dan dukungan teknologi NFC. Walaupun demikian prosesor dan kapasitas baterai yang digunakan masih tetap sama dengan yang digunakan pendahulunya A30.

Dengan peningkatan ini Samsung menjual Galaxy A30s dengan harga berkisar di Rp. 3.299.00 dengan RAM 3GB/ ROM 64GB. Harga ini beradasarkan website resmi Samsung Indonesia.

Kelebihan Samsung Galaxy A30s

  • Layar Luas Super AMOLED
  • Kapasitas Baterai cukup besar
  • Dukungan pengisian cepat 15W
  • Mendapatkan Fitur NFC
  • Dilengkapi dengan Game booster
  • Slot microSD

Kekurangan Samsung Galaxy A30s

  • Walaupun layar sudah berkualitas HD+, tapi masih menyuguhkan resolusi 720 x 1560 pixel
  • Tidak mendapatkan peningkatan pada performa prosesor
  • RAM terbilang kecil

Baca juga:

 

 

Previous

Android 10 Edisi GO Hadir Lebih Cepat dan Lebih Aman

Oneplus 7T Hadir dengan Display Fluid AMOLED 90Hz, Snapdragon 855 Plus dan RAM 8GB

Next

Tinggalkan komentar di sini