Cara Cek Kuota FUP IndiHome dengan Mudah

Cek FUP kuota Indihome

Pengguna IndiHome pasti sudah tahu tentang FUP (Fair Usage Policy ) yaitu sistem yang memberikan batasan penggunaan kuota internet, sehingga sobat wajib banget tahu cara melakukan pengecekan FUP kuota. Dengan begitu, pengguna akan tahu apakah kuota sudah mencapai batas penggunaan wajar atau tidak.

Sayangnya, banyak pengguna IndiHome yang masih belum tahu cara cek kuota IndiHome. Oleh karena itu, postingan kali ini akan membahas bagaimana cara melakukan pengecekan kuota tersebut. Penasaran? Yuk simak ulasannya.

Detail FUP IndiHome

Perlu sobat ketahui FUP IndiHome bukan membatasi kuota internet, tapi lebih membatasi penggunaan wajar, jika sudah mencapai penggunaan wajar sobat masih dapat menggunakan internet, namun akan terjadi penurunan kecepatan.

Sebelum melangkah ke pembahasan lebih lanjut mengenai cara cek kuota IndiHome, kiranya penting untuk mengetahui detail dari FUP IndiHome terlebih dahulu. Berikut detailnya :

1. FUP IndiHome 10 Mbps

Paket paling pertama adalah paket 10 Mbps dengan total FUP sebesar 300 GB dan 400 GB. Apabila pengguna sudah menggunakan paket internet di atas 300 GB, maka kecepatan akses internet mengalami penurunan menjadi 7,5 Mbps. Adapun jika penggunaan sudah di atas 400 GB, maka kecepatan akses internet mengalami penurunan menjadi 4Mbps.

2. FUP IndiHome 20 Mbps

Paket kedua adalah paket 20 Mbps dengan total FUP sebesar 500GB dan 800 GB. Apabila pengguna sudah menggunakan paket internet di atas 500 GB, maka kecepatan akses internet mengalami penurunan menjadi 15 Mbps. Adapun jika penggunaan sudah di atas 800 GB, maka kecepatan akses internet mengalami penurunan menjadi 8Mbps.

3. FUP IndiHome 30 Mbps

Paket ketiga adalah paket 30 Mbps dengan total FUP sebesar 700 GB dan 1200 GB. Apabila pengguna sudah menggunakan paket internet melewati FUP pertama, kecepatan Internet akan mengalami penurunan menjadi 22,5 Mbps. Adapun jika penggunaan sudah melewati FUP kedua, maka kecepatan akses internet mengalami penurunan menjadi 12Mbps.

4. FUP IndiHome 40 Mbps

Cek Paket keempat adalah paket 40 Mbps dengan total FUP IndiHome sebesar 900 GB dan 1600 GB. Saat melewati FUP pertama, otomatis kecepatan akses Internet menurun hingga 30 Mbps. Adapun jika penggunaan sudah melewati FUP kedua, maka kecepatan akses internet mengalami penurunan menjadi 16 Mbps.

5. FUP IndiHome 50 Mbps

Paket kelima adalah paket 50 Mbps dengan total FUP sebesar 1200 GB dan 2000 GB. Apabila pengguna sudah menggunakan paket internet di atas 1200 GB, maka kecepatan Internet menjadi 37,5 Mbps. Adapun jika melewati 2000 GB, maka kecepatan Internet menjadi 20 Mbps.

6. FUP IndiHome 100 Mbps

Paket keenam adalah paket 100 Mbps dengan  FUB hanya 2000 GB. Setelah mencapai batas FUP tersebut, penurunan kecepatan mencapai 75% dari batas yang ditetapkan.

6 Cara Cek Kuota IndiHome

Ada beberapa cara cek kuota IndiHome yang bisa sobat pilih, berikut adalah beberapa cara yang bisa sobat lakukan.

1. Cek Kuota Via Web IndiHome

  • Bagi yang ingin mengecek lewat komputer bisa mengunjungi situs resmi Indihome melalui link berikut ini Klik Di sini atau bisa mengunjungi di laman web indihome.co.id.
Cek kuota FUP Indihome
  • Selanjutnya masuk ke menu “myIndhome” pada bagian pojok kanan atas.
Cek kuota FUP Indihome
cek fup IndiHome
  • Kemudian tinggal login dengan klik tombol “Masuk
  • Lalu masukan alamat email dan password yang sudah terdaftar melalui situs tersebut.
Cek kuota Indihome
  • Jika sudah masuk, lalu klik nama akun pada pojok kanan atas, kemudian klik “Status Langganan”.
  • Setelah status langganan di klik, maka akan muncul jumlah pemakaian internet selama sebulan seperti contoh di bawah ini
Cara Cek FUP Indihome

Kita tinggal melihat jumlah pemakaian internet. Apabila jumlanya sudah melebihi FUP Indihome, maka kecepatannya akan menurun. Selain itu, sobat juga bisa melihat informasi mengenai jumlah Channel UseTV, hingga bonus telepon.

2. Cek Kuota FUP Via Aplikasi MyIndihome

Cara kedua dengan memanfaatkan aplikasi MyIndiHome. Untuk detailnya, sobat tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, unduh dan instal terlebih dahulu aplikasi MyIndihome.
  • Setelah itu, silahkan buka aplikasinya lalu login menggunakan nomor telepon atau email yang terdaftar pada saat berlangganan Indihome pertama kalinya.
  • Setelah itu, pelanggan akan masuk ke dashboard utama aplikasi MyIndihome.
  • Selanjutnya, geser kotak “Your Total Bill” ke kanan sampai bisa melihat kotak “This Month Usage”.
  • Lanjutkan dengan mengeklik kotak “This Month Usage” tersebut.
  • Nantinya akan terlihat laman yang bertuliskan “ …. (angka pemakaian) GB Used”. Laman ini menyebutkan jumlah kuota yang sudah terpakai.
  • Tepat di bawah angka pemakaian, sobat dapat melihat progress bar yang berisikan informasi mengenai FUP.
  • Apabila progress bar berwarna merah sudah penuh, pertanda batas FUP IndiHome tercapai. Dengan begitu, otomatis kecepatan internet akan menurun.

3. Cek Kuota Via SMS

Cara cek kuota IndiHome yang ketiga tanpa menggunakan internet, yaitu dengan cara SMS. Untuk melakukannya, ikuti saja langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, sobat perlu membuka “Pesan atau Message” di smartphone.
  • Lanjutkan dengan mengirimkan SMS ke nomor 98108. Formatnya “ISP (spasi) IH (spasi) kode area + nomor telepon Indihome”.
  • Ingat, pastikan format SMS yang sobat ketikkan sudah benar agar nantinya mendapatkan balasan.
  • Setelah SMS dikirim, tunggulah beberapa waktu sampai sobat menerima pesan yang berisikan informasi jumlah kuota terpakai.

4. Cek Kuota Melalui Media Sosial

Cara pengecekan yang satu ini sangat mudah dilakukan. Sobat hanya perlu mengakses Twitter dan mengirimkan pesan ke akun Twitter @IndiHomeCare.

Mudah sekali untuk melakukan pengecekan tersebut. Sobat hanya perlu melakukan mention ataupun melalui direct message (DM). Tuliskan pesan kalau sobat ingin tahu penggunaan FUP dalam satu bulan. Setelah admin Indihome memastikan kebenaran melalui nomor pelanggan sobat, barulah pengecekan bisa dilakukan.

5. Cek Kuota dengan Menghubungi Call Center

Cara cek FUP kuota IndiHome lainnya yang juga bisa sobat lakukan adalah dengan menghubungi call center. Caranya sangat mudah, tetapi tidak gratis. Oleh karena itu, sobat akan dikenakan tarif untuk melakukannya. Maka dari itu, pastikan sobat memiliki persiapan pulsa sebelum menghubungi call center.

Untuk menghubungi call center IndiHome, sobat perlu menghubungi nomor (kode area) 147. Sebagai contoh, jika sobat selaku pelanggan IndiHome tinggal di Jakarta, maka nomor yang dihubungi adalah 021147. Dari call center itulah sobat bisa mendapatkan informasi sisa kuota Indihome.

6. Mendatangi Plasa Telkom Terdekat

Cara cek kuota IndiHome lainnya yang juga bisa dilakukan adalah dengan mengunjungi Plasa Telkom terdekat dari rumah. Cara ini memang agak repot, karena sobat harus mendatangi langsung kantornya.

Setelah tiba, belum tentu sobat langsung dilayani karena biasanya harus antri terlebih dahulu. Jika antriannya panjang, tentu sobat harus bersabar menunggu giliran dalam waktu lama. Oleh karena itu, sebaiknya sobat datang pagi-pagi sekali atau agak siang untuk menghindari antrian panjang.

Itulah cara cek kuota IndiHome pada postingan kali ini. Oleh karena itu, sobat bisa untuk sering-sering mengecek sisa kuota IndiHome. Gunakan saja salah satu cara paling mudah yang disebutkan di atas.

Baca juga Artikel Terkait IndiHome:



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks