Ulasan Spesifikasi Nokia 6.2 Kelebihan dan Kekurangannya

| |

Halo Sobat AndroidPonsel, Kali ini kami akan membahas  salah satu tipe ponsel Android dari brand yang dikelolah oleh HMD Global yaitu Nokia 6.2 yang baru bulan September 2019 lalu diluncurkan secara resmi dan mulai beredar pada Oktober 2019. Tapi sayangnya Ponsel ini belum secara resmi masuk pasar tanah air. Jika Sobat penasaran bagaimana spesifikasi detail dan apa saja kelebihan dan kekurangan Nokia 6.2, jangan sampai melewatkan ulasan yang akan kami buat ini ya! Langsung saja.

Ulasan Spesifikasi Nokia 6.2 Kelebihan dan Kekurangannya
Nokia 6.2 ( Image credit www.trustedreviews.com)

Desain

Bicara soal desain, Nokia 6.2 hadir dengan layar yang dilengkapi dengan waterdrop notch yang menjadi “rumah” kamera depannya. Ukuran layar sebesar 6,3 inci yang sayangnya masih menggunakan panel IPS LCD yang menghasilkan resolusi 1080 x 2280 piksel, walaupun demikian layarnya sudah mendapatkan dukungan fitur HDR10 dan Always Display On selain itu layar ini memiliki tingkat kerapatan sebesar 400ppi.

Beralih kebagian balakang, pengguna akan disuguhkan dengan 3 buah sensor kamera yang ada pada bagian tengah dan tersusun secara unik di dalam sebuah lingkaran, Selain itu pada bagian tersebut juga terdapat LED Flash. Dibagian bawah kamera terdapat pemindai sidik jari yang masih ada pada bagian belakang atau biasanya disebut konvensional. Selain itu pada bagian ini terdapat tulisan Brand Nokia. Pada bagian depan dan belakang sudah dilindungi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3 sehingga membuat ponsel tidak mudah terkena goresan.

Baca juga: Samsung Galaxy A10 vs Galaxy A10s Apa saja Peningkatannya?

Kemampuan Fotografi

Kamera Nokia 6.2
Kamera Nokia 6.2 (image credit www.androidauthority.com)

Seperti yang sudah kami singgung. Nokia 6.2 hadir dengan tiga sensor utama pada bagian belakangnya. Sensor tersebut meliputi 16 MP dengan bukaan f/1.8, 27mm sebagai lensa wide berkemampuan PDAF, 8MP sebagai lensa ultrawide yang mampu menangkap objek seluas 118 derajat berbukaan f/2.2 dan 5MP sebagai sensor kedalaman untuk dapat memudahkan pengguna mendapatkan foto bokeh.

Sementara kamera depannya hadir dengan sensor 8MP berbukaan f/2.0. Sayangnya kami belum memiliki hasil foto dari kamera Nokia 6.2. Atau jika kalian sudah menggunakan ponsel ini dan ingin menunjukan hasil kameranya, kalian bisa berkontribusi bersama kami melalui email redaksi yang sudah kami sediakan di halaman “hubungi kami”. Kontribusi kalian sangat bermanfaat untuk para pembaca.

Performa Nokia 6.2

Untuk urusan performanya, Kelebihan Nokia 6.2 hadir dengan dukungan chipset Snapdragon 636 dengan teknologi pemrosesan 14nm. Dilansir dari laman detik.com, SD636 terut mendapatkan beberapa fitur yang ada pada seri 800 yaitu diantaranya adalah mendapatkan Qualcomm Kryo 260 sehingga membuat performanya meningkat 40% dari seri sebelumnya, mendapatkan dukungan ISP yang menjadi penghubung antara kamera depan prosesor yang memiliki kemampuan menghasilkan foto yang bagus, dan mendapatkan dukungan Qualcomm Spectra 160 yang ada pada seri 800, fungsinya memaksimalkan hasil foto bokeh, foto low light dan HDR dengan hasil yang bagus. Sementara untuk konektivitasnya, chipset ini hadir dengan modem X12 yang mampu menghadirkan kecepatan download sampai di atas 300 Mbps hingga 600 Mbps.

Di samping itu, Snapdragon 636 juga dilengkapi dengan Adreno 509. Dengan GPU tersebut, performanya diklaim lebih ngebut 30% dibanding pendahulunya. Nokia 6.2 ini hadir dengan memori RAM 3GB atau 4GB yang akan menunjang aktifitas multitasking.

Untuk menunjang performanya, Nokia 6.2 hadir dengan sistem oprasi Android One yang saat ini masih berjalan di Android 9.0 Pie, tentunya perangkat ini akan segera mendapatkan update ke Android 10. OS Android One ini hadir performa yang cepat karena tidak memiliki bloatware. Nokia menjanjikan pembaruan perangkat lunak hingga tiga tahun sehingga pengguna dapat yakin bahwa itu akan aman untuk waktu yang lama. Selain itu pada sisi sebelah kiri, Nokia 6.2 juga memiliki tombol fisik yang biasanya berfungsi sebagai tombol untuk memanggil Asisten Google.

Untuk urusan baterai Nokia 6.2 hanya mendapatkan kapasitas sebesar 3500 mAh yang dilengkapi dengan pengisian cepat berdaya 10W. Tentu saja kapasitas ini kami rasa sangat kecil karena para pesaingnya sudah mengemas di atas 4000 mAh.

Baca juga: Pilih mana ? Oppo Reno2 F vs Realme XT

Harga dan Kesimpulan

Karena Nokia 6.2 ini belum hadir secara resmi di Indonesia, harga yang tertera di sini adalah harga resmi di negara India.  yaitu sekitar INR 16.000 atau dalam Rupiah berkisar di 3 jutaan.

Apakah kami merekomendasikannya?

Tentu saja kami tidak langsung dapat merekomendasikan smartphone, terlebih lagi di kisaran harga 3 jutaan kalian bisa mendaptakan spek yang lebih tinggi. kalian bisa melihat beberapa kelebihan dan kekurangan dari Nokia 6.2 di bawah ini.

Kelebihaan Nokia 6.2

  • Layar Luas Mendukung HDR10 dan Always Display On
  • Performa bagus Snapdragon 636
  • Fitur NFC (di negara India)
  • Dukungan OS Android One

Kekurangan

  • Masih menggunakan Panel IPS LCD
  • Kapasitas baterai kecil 3500 mAh dengan pengisian cepat hanya 10W
  • Pilihan RAM kecil
  • Pemindai Sidik Jari masih di bagian belakang

Dengan kekurangan ini kalian sudah bisa mentukan apakah Nokia 6.2 layak untuk dibeli atau tidak. karena di kisaran harga 3 jutaan, kalian bisa mendapatkan smartphone dengan spek lebih tinggi diantaranya Redmi Note 8 Pro atau Realme XT yang sudah secara resmi hadir di Indonesia. (sumber)

 

Previous

Oppo Reno2 F vs Realme XT, Perbandingan Ponsel Lima Sensor Kamera

Lihat Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 4 Lengkap

Next

Tinggalkan komentar di sini