Ini Dia Snapdragon 765G Berbagai Fitur dan Peningkatannya

  • Whatsapp
Snapdragon 765 G
Snapdragon 765 G Hadir dengan peningkatan yang signifikan dari sisi kinerja dan AI

AndroidPonsel.com – Di ajang Qualcomm Snapdragon Summit yang telah berlangsung di Hawai, AS beberapa waktu lalu. Pihak Qualcomm meluncurkan beberapa chip SoC terbaru mereka di segmen atas dan menengah, yaitu Snapdragon 865 untuk kelas atas dan Snapdragon 765 dan 765G yang sudah terintegrasi dengan teknologi 5G.

Snapdragon 765 adalah SoC baru di lini menengah, chip ini hadir sebagai chipset prosesor pertama yang sudah terintegrasi dengan 5G, selain itu seri 7 ini hadir dengan peningkatan yang cukup signifikan. Dalam laporan sebelumnya mengatakan bahwa chip ini hadir dengan peningkatan kinerja sebesar 40% dan komputasi AI meningkat sebesar 100%. Ponsel pertama yang akan menggunakannya SD765G adalah Redmi K30 yang dikabarkan akan diluncurkan pada 10 Desember. Kami sudah membuat ulasan bocoran spesifikasinya dari perangkat tersebut di sini.

Bacaan Lainnya

Fitur dan peningkatan apa saja yang hadir pada Snapdragon 765G?

Sebagai chipset baru, tentu saja otak pemrosesan ini hadir dengan berbagai peningkatan, diantaranya yang sudah disebutkan diatas dari sisi performa dan dukungan AI yang ditingkatkan. Dan berbagai aspek juga tak lepas dari komponen dan fitur baru yang disediakan di dalamnya, berikut adalah rangkuman dari fitur dan peningkatan dari SD 765G;

Tangkap Layar Perbedaan Snapdragon 765 dari sebelumnya
Gambar ini adalah perbandingan spek Snapdragon 765 vs 730 vs 675 (via androidauthority.com)

35% konsumsi daya lebih rendah dari chip dengan pemrosesan 8nm

Seri Snapdragon 765 hadir dengan proses EUV 7nm teratas saat ini, ini artinya chip dapat mengurangi konsumsi daya hingga 35% dibandingkan dengan proses 8nm.

Support SA / NSA dual mode

Snapdragon 765G adalah solusi SoC 5G paling canggih saat ini, mengintegrasikan modem Snapdragon X52 dan sistem RF, yang merupakan tonggak penting dalam jalan teknologi global 5G. Modem dan sistem RF lengkap ini dirancang untuk mencapai pengalaman 5G yang luar biasa melalui banyak teknologi canggih termasuk Qualcomm 5G PowerSave, Smart Transmit technology, broadband envelope tracking technology and Signal Boost.

Modul 5G terintegrasi jika dibandingkan dengan solusi 5G sebelumnya, ia memiliki integrasi yang lebih tinggi, ukuran lebih kecil, dan konsumsi daya lebih rendah.

Kinerja GPU telah meningkat hampir 40%

Dalam hal kinerja, Snapdragon 765 mewarisi arsitektur andalan Snapdragon 865 andalan pada banyak modul, termasuk: prosesor grafis Adreno 620, serta HVX dan HTA accelerator accelerator di DSP.

Dalam hal CPU, Kryo475 memiliki arsitektur yang sama dengan Snapdragon 855. Ini mengadopsi prosesor delapan-core Kryo475 baru dan arsitektur tiga-cluster 1 + 1 + 6. Ini dilengkapi dengan inti super 2.4GHz, inti kinerja 2.2GHz, dan enam inti efisiensi 1.8GHz.

Prosesor grafis Snapdragon 765G menggunakan Adreno 620 yang baru. ini adalah arsitektur yang sama dengan Snapdragon 865, Snapdragon 765G meningkatkan kinerja grafis hampir 40% dibandingkan dengan Snapdragon 730.

Kinerja AI yang ditingkatkan hingga 100%

Prosesor ini hadir dengan dukungan dari AIEngine generasi kelima yang baru dan modem 5G serta sistem RF baru, hampir setiap pengalaman seluler seperti pemotretan, audio, suara, dan permainan mendapatkan peningkatan.

Sebagai informasi, Snapdragon 765G menggunakan akselerator perangkat keras AI HTA 220 yang sama dengan flagship 865. Frekuensinya mencapai 700MHz. Dengan 1.4GHz HVX, kinerja AI keseluruhan dari Snapdragon 765G dua kali lipat dibandingkan dengan AIE generasi keempat, hingga 5,5 triliun operasi per detik (5,5 TOPS).

Snapdragon 765G memiliki peningkatan besar dalam CPU, GPU, kemampuan AI dan konektivitas jaringan. Ini hampir merupakan peningkatan terbesar dari Seri Qualcomm 7 sejak diperkenalkan. Selain itu dengan NSA / SA dual-mode 5G, kemampuan komprehensif jauh lebih tinggi daripada generasi terdahulu. (via, sumber)

 

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini