Oppo akhirnya secara resmi merilis smartphone terbarunya di jajaran seri Reno, yaitu Reno3 sebagai penerus dari Reno2. Seperti yang kita ketahui, dengan kehadiran seri Reno terbaru membuat seri ini menjadi produk semartphone dengan siklus terpendek pada tahun ini, mengingat Reno2 baru diluncurkan beberapa bulan lalu. Lantas bagaimana spesifikasi dan perbedaan Oppo Reno3 vs reno3 Pro?.

Informasi : Spesifikasi yang tertera di sini bukan spesifikasi Oppo Reno3 yang ada di Indonesia. Kami sudah update spesifikasi untuk wilayah Indonesia di link yang sudah kami sediakan di bagian akhir dari artikel perbandingan ini. 

Perbedaan Oppo Reno3 vs Reno3 Pro

Perbandingan Oppo Reno3 vs Reno3 Pro

Hal yang paling menonjol dari Seri Reno3 adalah sudah mendapatkan dukungan konektivitas 5G hal ini adalah perubahan yang cukup besar mengingat Reno2 hanya berbekal konektivitas 4G. Selain itu perubahan pada Reno3 ada pada ukuran dan bobot berat yang dimiliki lebih ringan dibandingkan dengan Reno2. Bahkan untuk varian Pro hadir dengan layar yang melengkung dan lebih ringan dari Reno3 versi standar.

Oppo Reno3 Pro Menjadi Seri Unggulan

Oppo Reno3 series hadir dengan dua varian yaitu Reno3 standar dan Reno3 Pro yang menjadi produk unggulan dengan spesifikasi lebih tinggi.

Untuk Reno3 tipe standar hadir sebagai smartphone pertama yang menggunakan Dimensi 1000L SoC baru dari MediaTek.

Update Spesifikasi: Oppo Reno3 versi Indonesia mendapatkan chip prosesor Mediatek Helio P90 dengan teknologi pemrosesan 12nm. Kami sudah update spesifikasi secara lengkapnya di link diakhir artikel ini.

Versi Pro 5G hadir dengan dukungan chipset Octa-Core Snapdragon 765G yang sudah terintegrasi dengan teknologi 5G, berkat dukungan chipset tersebut ponsel memiliki kecepatan unduh hingga 3,7Gbps dan kecepatan unggal 1,6Gbps. Selain itu terdapat pengaturan konektivitas 5G yang berguna untuk meningkatkan daya tahan baterai sampai dengan 30 persen.

Reno3 Pro 5G hadir dengan dua pilihan RAM yaitu 8GB dengan penyimpanan 128GB dan RAM 12GB dengan penyimpanan 256GB.

Smartphone Oppo Reno3 sudah dibekali dengan antena Surround 360 derajat, ini berguna untuk memastikan ponsel dapat dengan cerdas menjaga kecepatan data secara konsisten sehingga tidak akan mengganggu aktifitas streaming atau bermain game yang memerlukan koneksi internet.

Selain itu terdapat mode khusus konektifitas ganda 5G + WiFi 5GHz yang akan menggabungkan kedua jaringan untuk meningkatkan kecepatan jaringan secara keseluruhan. Pihak Oppo mengklaim bahwa mode ini dapat meningkatkan kecepatan unduh hingga 28%.

Layar Oppo Reno3 Pro 5G

Tampilan desain Oppo Reno 3 Pro
Tampilan desain Oppo Reno 3 Pro

Pada Reno3 Pro 5G, layar yang digunakan sudah menggunakan AMOLED Fleksibel yang hadir dengan lengkungan dikedua sisinya. Pada bagian atas, pengguna akan melihat adanya lubang kecil yang menjadi tempat kamera depan disematkan, ukuran lubang tersebut berdiameter 3,92mm. Layarnya hadir dengan ukuran 6,5 inci yang sudah mendukung kecepatan refresh 90Hz dan sudah dibekali dengan pemindai sidik jari yang berukuran 0,26mm dengan area pemindai sidik jari meningkat sebesar 5mm menjadi 54mm.

Reno3 Pro 5G juga mendapatkan sistem pendingin untuk pembuangan panas. Sistem tersebut hadir dalam tiga dimensi dengan lebar berlapis ganda. P

Kamera Reno3 Pro

Desain bagian belakang Oppo Reno3 Pro
Desain bagian belakang Oppo Reno3 Pro

Semantara untuk akmeranya Reno3 Pro hadir dengan dukungan 5x hybrid zoom, 2x Optical zoom dan dapat melakukan zoom secara digital. Pada ponsel ini hadir dengan empat sensor dibagian belakang. Konfigurasi kamera diantaranya hadir dengan sensor 48MP sebagai lensa wide yang mendukung OIS, 13MP sebagai lensa telephoto dengan dukungan 2x optical zoom, 8MP lensa Ultrawide, dan 2MP. Sementara kamera depan mendapatkan sensor sebesar 32MP.

Oppo Reno3 Pro hadir dengan kapasitas baterai sebesar 4.025 mAh dengan dukungan pengisian cepat VOOC 4.0 berdaya 30W. Dengan teknologi pengisian tersebut baterai dapat dicar dari kondisi 0 hingga 50% hanya dalam waktu 20 menit saja.

Selain itu ponsel ini hadir berjalan dengan ColorOS 7 berbasiskan Android 10 dan mendapatkan speaker Stereo.

Oppo Reno3 Pro hadir dalam pilihan warna (White, Black, Starry Night Blue, Sunrise) yang akan dijual dikisaran harga CNY3.999 dalam Rupiah berkisar di 7,9 jutaan untuk varian RAM 8GB dengan penyimpanan 128GB, sedangkan untuk varian RAM 12GB dengan penyimpanan 256GB dibandrol di harga CNY4,499 dalam Rupiah berkisar di 9 jutaan. Ponsel ini akan datang pada 10 Januari mendatang.

Oppo Reno3 Menjadi Varian Yang Lebih Rendah

Tampilan Desain Oppo Reno3
Tampilan Desain Oppo Reno3

Jika Sobat sudah mengetahui spek dari varian tertinggi di Reno3 series, kalian dapat melihat juga varian dengan spek lebih rendah Reno3, walaupun demikian ponsel ini juga sudah mendukung konektivitas 5G.

Reno3 hadir dengan ukuran layar 6,5 inci menggunakan panel OLED, berbeda dari versi Pro, ponsel hanya berbekal desain waterdrop notch yang menjadi “rumah” kamera depan yang mendapatkan sensor sebesar 32MP. Selain itu varian ini tidak memiliki lengkungan layar seperti varian Pro.

Kamera Oppo Reno3

Sementara bagian belakang hadir dengan konfigurasi kamera utama, antara lain hadir dengan sensor utama 64MP lensa wide yang mendukung OIS, 8MP lensa ultrawide, 2MP black and white dan 2MP sensor kedalaman.

Pasti heran ya, kenapa kamera mendapatkan sensor lebih tinggi yaitu 64MP? Tentu saja ini menjadi pertanyaan kami juga dan akan kami update di artikel selanjutnya untuk membandingkan hasil foto dari keduanya.

Walaupun ada peningkatan dari sisi sensor kamera utama, tapi ada penurunan di sensor yang mendampinginya. Sobat bisa melihat perbedaannya pada tabel di bawah ini;

Tampilan belakang Oppo Reno3
Tampilan belakang Oppo Reno3

Tabel Perbandingan Oppo Reno3 dengan Reno3 Pro

Kamera Reno3 Pro Reno3
Kamera Utama 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.7″, 0.8µm, PDAF, OIS

 

8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/3.2″, 1.4µm

2 MP B/W, f/2.4, 1/5″, 1.75µm

2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, depth sensor

48 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF, OIS

 

13 MP, f/2.4, 53mm (telephoto), 1/3.4″, 1.0µm, PDAF, 2x optical zoom

8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/3.2″, 1.4µm

2 MP B/W, f/2.4, 1/5″, 1.75µm

Fitur LED flash, HDR, panorama Dual-LED flash, HDR, panorama
Kemampuan Merekam Video 2160p@30fps, 1080p@30/60fps; gyro-EIS, OIS 2160p@30fps, 1080p@30/60fps; gyro-EIS, OIS

Performa Reno3

Perbedaan Oppo Reno3 vs Reno3 Pro ada pada bagian chip prosesornya. versi standar hadir dengan dukungan chip terbaru milik Mediatek, yaitu Dimensity 1000L yang hadir dengan empat core Cortex-A77 dan empat core Cortex-A55. Pihak Mediatek menyebutnya “Sub-6GHz 5G SoC tercepat di dunia” karena dapat mencapai kecepatan hingga 4,7 Gbps dan mendukung berbagai jaringan dari 2G sampai 5G.

Pihak Oppo juga menjanjikan kecepatan performa pada Reno3 meningkat 20% lebih cepat dari pada chip yang berjalan dengan Cortex-A76, bahkan menyebutkan akan lebih pintar berkat penggunaan APU 3.0.

Oppo Reno3 hadir dengan kapasitas baterai sebesar 4.025 yang mendapatkan pengisian cepat VOOC 4.0. Ponsel juga dibekali dengan pemindai sidik jari dibagian layar dan berjalan dengan ColorOS 7.

Baca jugaPerbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy A51 vs Galaxy A71, Ponsel dengan Quad Camera

Oppo Reno3 hadir dalam pilihan warna White, Black, Starry Night Blue dan Sunrise colors. Kabarnya ponsel ini lebih dahulu diluncurkan yaitu tanggal 32 Desember dengan harga CNY3.399 atau dalam Rupiah berkisar di 6,7 jutaan unttuk barian RAM 8GB dan penyimpanan 128GB, sedangkan varian RAM 12GB dan penyimpanan 256GB dijual dikisaran harga CNY3.699 dalam Rupiah berkisar di 7,5 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno3 dan Reno3 Pro

Setelah melihat perbedaan dari kedua ponsel tersebut. Ada satu kekurangannya, berdasarkan pantauan dari laman GSM Arena, menyebutkan bahwa Reno3 Pro tidak mendapatkan slot micro SD, selain itu varian standar juga masih belum diketahui apakah mendapatkan slot microSD atau tidak.

Kendati demikian untuk mengantisipasinya, pengguna bisa memilih pilihan penyimpanan terbesar yaitu 256GB, mengingat kamera utama yang digunakan terbilang cukup tinggi dengan hasil gambar berukuran yang cukup besar.

Update Terbaru Oppo Reno3 Hadir di Indonesia

Sebagai informasi, Oppo sudah resmi meluncurkan Reno3 di tanah air. Namun spesifikasinya berbeda dengan apa yang kita sampaikan di laman ini yang diperuntukan untuk wilayah negara China. Untuk itu kami akan membuat halaman khusus spesifikasi Oppo Reno3 yang ada di tanah air.

Baca > Oppo Reno3 Spesifikasi di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here