Ketahui Apa Itu Apps2SD dan Kelebihannya

Apps2SD

Apakah memori internal ponsel Android Anda sudah cukup penuh dan tidak ada ruang lagi? Jika iya, maka hal itu berarti bahwa sudah saatnya bagi Anda untuk mulai memakai Apps2SD pada ponsel Android yang Anda miliki.

Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan Apps2SD dan mengapa aplikasi ini sangat populer?

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Pengertian Apps2SD

Apabila Anda memiliki perangkat Android yang sebelumnya sudah di-root, maka aplikasi Apps2SD ini sangat wajib untuk di install.

Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi yang berguna untuk melakukan link data aplikasi dari memori internal ke memori eksternal.

Saat ini, Apps2SD sudah berkembang cukup pesat dan mampu menawarkan banyak sekali fitur yang keren dalam satu alat ini.

Namun, perlu dipahami bahwa tujuan dari aplikasi Apps2SD ini bukanlah untuk melakukan backup aplikasi ke kartu memori, akan tetapi hanya untuk melegakan kapasitas memori internal dengan memindahkan beberapa aplikasi ke memori eksternal.

Apps2SD akan membuat proses pemilahan aplikasi yang bisa dipindah ke memori eksternal atau tidak menjadi jauh lebih mudah.

Aplikasi ini akan memilah aplikasi yang ada di dalam perangkat Android menjadi tiga kategori. Beberapa kategori itu di antaranya yaitu:

  • On SD Card
  • Phone Only
  • On Phone

Dari situ, Anda dapat menentukan sendiri aplikasi kategori mana yang memang hendak dipindah menuju ke memori eksternal (SD Card), atau justru tetap dibiarkan berada di dalam memori perangkat.

Apabila aplikasi Apps2SD sudah diinstal, maka aplikasi akan menampilkan sebuah notifikasi ketika Anda memasang aplikasi baru.

Apps2SD akan bertanya kepada Anda apakah ingin memindahkan langsung aplikasi tersebut pada kartu memori atau tidak.

Meskipun tidak seluruh aplikasi dapat dipindahkan, namun Apps2SD dapat menjadi solusi yang paling baik daripada hanya bergantung dengan fitur bawaan standar dari Android yang memang memiliki keterbatasan.

Fitur yang Dimiliki Apps2SD

Apps2SD

Tidak mengherankan apabila banyak orang yang mulai mencoba mengunduh aplikasi Apps2SD ini. Sebab, banyak sekali fitur menawan yang pastinya akan membuat siapa saja merasa sangat puas dengan kualitas yang dimilikinya. Beberapa fitur Apps2SD di antaranya adalah:

  1. Memperbaiki sistem perizinan pada aplikasi yang berasal dari pihak kedua.
  2. Terdapat pengelola tugas yang akan membebaskan CPU dan RAM dengan memberhentikan proses aplikasi yang sedang berjalan.
  3. Dapat menghibernasi aplikasi yang diinstal atau aplikasi sistem saat layar sedang dimatikan untuk meningkatkan kecepatan perangkat dan menghemat baterai.
  4. Menghapus folder atau berkas yang memang tidak digunakan dan menjadi solusi terbaik ketika tidak bisa mengunduh aplikasi yang berasal dari PlayStore.
  5. Mampu mengelola frekuensi CPU ketika perangkat dihidupkan atau layar dimatikan untuk penggunaan daya baterai yang lebih baik.
  6. Menampilkan dan menyimpan logcat dari perangkat sehingga bisa dianalisa.

Syarat Menginstal Apps2SD

Meskipun aplikasi ini sangat menggiurkan, namun Anda harus mengetahui persyaratan yang diberikan oleh pihak aplikasi ini terlebih dahulu sebelum memasangnya di ponsel. Beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk memakai Apps2SD adalah:

Partisi Kartu SD Eksternal

Syarat pertama yaitu ponsel Anda harus memiliki dua partisi pada kartu memori eksternal. Dengan begitu, proses penyimpanan aplikasi pun bisa berjalan dengan lebih efisien.

Perangkat Sudah Di-Rooting

Ini adalah syarat wajib yang harus diperhatikan, yakni perangkat Anda sebelumnya harus sudah di-root. Jika perangkat Anda tidak melalui proses ini, maka kemungkinan besar aplikasi tidak bisa dipakai.

Kesimpulannya, Apps2SD menjadi aplikasi yang mampu menjadi solusi ketika kita mengalami masalah dalam menyimpan sesuatu di perangkat. Keberadaan aplikasi ini tentunya akan membuat perangkat kita menjadi memiliki ruang penyimpanan yang lebih luang lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks