Mengenal Android SDK dan Fungsi yang Dimilikinya

Android SDK

Apabila Anda sedang berusaha memulai karier untuk menjadi seorang Android Developer, maka sudah sepatutnya untuk memahami terlebih dahulu mengenai Android SDK.

Pada dasarnya, Android Software Development Kit merupakan sebuah alat yang dipakai oleh para developer agar mereka bisa menciptakan aplikasi yang berbasis Android.

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Untuk memahami alat atau kit ini lebih lanjut, simaklah penjelasan yang ada di bawah ini.

Pengertian Android SDK

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Android SDK merupakan kit yang memang sejak awal di-bundling dengan Android Studio.

Akan tetapi, hal ini tidak menutup kemungkinan bagi para developer untuk memanfaatkan Android SDK dengan tools yang lain.

Jika diibaratkan, Android SDK berperan penting sebagai ‘otak’ yang sangat dibutuhkan agar proses pembuatan aplikasi Android bisa berjalan lancar.

Fungsi Android SDK

  1. Kit ini terdiri atas beberapa library dan software development tools yang beragam dan diperlukan untuk membantu proses pengembangan aplikasi Android. Ketika ada rilis versi Android yang terbaru atau ada pembaruan dari Google, maka akan muncul SDK baru yang harus dipasang ulang oleh para developer sehingga aplikasi buatan mereka pun turut ter-update.
  2. Seluruh tools yang diperlukan demi kegiatan coding program mulai dari awal hingga tahap pengetesan pun harus sudah termasuk di dalam Android SDK. Tools tersebut akan menjadi pihak yang memungkinkan proses pengembangan aplikasi Android agar berjalan dengan efektif.

Sejarah Android SDK

Berdasarkan informasi yang beredar, Android SD pada awalnya dikembangkan oleh pihak Google dengan sistem yang tertulis pada huruf Java.

Tahun rilis SDK yang paling awal diperkirakan pada 13 tahun yang lalu, tepatnya pada bulan Oktober 2009.

Sementara itu, periode perilisan SD mulai stabil dan sering diterapkan sejak bulan September tahun 2017 silam. Tidak hanya Java, sejak tahun 2017 Android SDK juga bisa diterapkan beberapa bahasa pemrograman lain seperti C++, Kotlin, dan Go.

Komponen Android SDK

Android SDK

Komponen yang dimiliki oleh Android SDK memainkan peran yang cukup penting dalam proses perkembangan aplikasi Android. Di bawah ini adalah beberapa komponen penting Android SDK yang sering ditemukan:

Android SDK Build-Tools

Komponen yang pertama adalah Android SDK Build-Tools, yang digunakan untuk membuat angka biner sebenarnya demi pembuatan aplikasi. Fungsi utama dari Android SDK Build-Tools adalah membuat, menghilangkan bug, menjalankan, dan menguji aplikasi Android.

Android Emulator

Android Emulator merupakan perangkat menjadi pihak untuk melakukan simulasi perangkat Android pada sistem.

Sebagai contoh, apabila kita ingin menjalankan aplikasi Android yang sudah kita berikan kode, maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan menjalankan Android Emulator dan mengaktifkan USB Debugging. Emulator ini hadir dengan konfigurasi untuk berbagai perangkat Android, dari ponsel, tablet, hingga Android TV.

Android SDK Platform-tools

Komponen yang selanjutnya ini akan sangat membantu developer ketika sedang mengerjakan proyek aplikasi, sebab Android SDK Platform-tools akan menampilkan kesalahan dalam proses pengerjaan.

Dengan komponen ini, ketika ada kesalahan yang ditemukan maka alat ini akan membantu Anda untuk menge-flash perangkat dengan sistem baru.

Begitulah beberapa informasi yang bisa Anda dapatkan mengenai Android SDK. Kit yang satu ini memang memberikan begitu banyak manfaat, sehingga ketika Anda memiliki keinginan untuk menjadi developer aplikasi Android, pasti akan diwajibkan untuk memahami SDK ini hingga ke seluk beluknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Update Terbaru Langsung! OK No thanks