Penyebab HP Android Mengalami Bootloop

bootloop

Salah satu jenis kerusakan yang sering dialami oleh para pengguna smartphone Android adalah bootloop. Bootloop itu sendiri merupakan kerusakan yang dapat membuat perangkat Android tidak bisa masuk ke sistem.

Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh file sistem yang sudah rusak. Namun, masih ada beberapa penyebab lain yang wajib untuk Anda ketahui.

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

5 Penyebab HP Android Mengalami Bootloop

Meskipun kondisi bootloop ini juga bisa terjadi pada perangkat komputer, tapi kondisi tersebut akan lebih sering dialami oleh para pengguna perangkat smartphone. Berikut adalah beberapa penyebab bootloop yang harus Anda ketahui:

1. Baterai HP Habis

Sering menggunakan HP sampai baterai benar-benar habis? Mulai sekarang hilangkan kebiasaan tersebut, karena hal ini dapat membuat umur HP semakin berkurang dan tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Salah satu penyebab dari terjadinya bootloop pada perangkat Android adalah karena baterai sudah benar-benar habis.

2. Kerusakan pada Sistem HP

Pada dasarnya, penyebab paling utama dari bootloop adalah sistem HP yang mengalami kerusakan tertentu. Biasanya, kerusakan pada sistem HP ini bisa terjadi ketika seseorang sering mengotak-atik sistem di dalamnya. Contohnya adalah ketika seseorang ingin melakukan flashing ROM.

3. Pembaruan Sistem Mengalami Kegagalan

Penyebab lain dari kondisi kerusakan ini adalah karena pembaruan sistem pada perangkat mengalami kegagalan. Pada dasarnya, proses pembaruan sistem pada perangkat Android harus dilakukan dengan cara dan urutan yang benar. Jika Anda melakukan aktivitas ini dengan cara yang salah, maka hal ini dapat membuat perangkat Anda mengalami kondisi bootloop.

4. Perangkat Rusak secara Fisik

Kerusakan fisik pada perangkat Android juga bisa membuat perangkat tersebut mengalami kondisi bootloop. Sebagai contoh ketika perangkat Android jatuh ke dalam air, maka hal ini dapat merusak sistem yang ada dalam perangkat tersebut. Ketika sistem dalam perangkat tersebut mengalami kerusakan, hal ini dapat meningkatkan potensi terjadinya bootloop.

5. Akibat Root

Perangkat yang sudah di-root memang dapat menikmati beragam fitur yang lebih menarik, tapi aktivitas root juga dapat mendatangkan suatu masalah yang cukup besar. Salah satu masalah yang dapat terjadi akibat aktivitas ini adalah bootloop. Jika proses root ini tidak dilakukan dengan benar, maka kemungkinan terjadinya bootloop akan semakin tinggi.

Cara Mengatasi Bootloop pada HP Android

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerusakan ini. Dengan menggunakan cara yang ada di bawah ini, kerusakan bootloop dapat teratasi secara lebih mudah:

  • Melakukan reboot secara berulang kali. Lakukan cara ini jika perangkat tidak kunjung menyala.
  • Factory reset. Namun, perlu diingat bahwa cara ini akan membuat data-data yang ada pada perangkat tersebut hilang.
  • Mengembalikan fitur “Permission” seperti semula atau pengaturan pabrik. Cara ini dapat dilakukan dengan masuk ke menu “Recovery” dan “Advanced”.
  • Hapus data cache. Untuk melakukan cara ini, masuk ke menu “Recovery” dan opsi “Backup & Restore”. Setelah itu, reboot perangkat tersebut.
  • Membawanya ke tempat service. Jika cara-cara di atas sudah dilakukan namun HP tidak kunjung menyala juga, maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan membawanya ke tempat service yang terpercaya.

Karena sekarang Anda sudah tahu apa saja situasi yang dapat membuat HP Android mengalami bootloop, Anda jadi bisa lebih berhati-hati ketika menggunakan perangkat tersebut. Dengan begitu, potensi terjadinya bootloop pada perangkat Anda akan semakin berkurang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Update Terbaru Langsung! OK No thanks