Cara Amankan WhatsApp Dari Pembajakan dan Pencurian Data Pribadi

Amankan WhatsApp dari Pembajakan

Sebagai pengguna WhatsApp, Sobat wajib tahu cara amankan WA dari pembajakan yang sedang marak terjadi.

Sekarang ini sepertinya hampir semua orang menggunakan WhatsApp (WA), terlihat dari ketika aplikasi down dengan cepat menjadi trending topik di Twitter dan menjadi berita di media-media besar dari berbagai negara.

Selain itu penggunaan WhatsApp bukan hanya sekedar sebagai aplikasi komunikasi saja, tapi sudah menjadi aplikasi penting yang juga menyimpan data penting seperti menerima OTP dan lain sebagainya.

Maka dari itu, kami menyarankan sobat untuk lebih memperhatikan keamanan dari WA yang sobat miliki. Karena untuk menjaga data pribadi harus memulainya dari diri sendiri terlebih dahulu. Apalagi sekarang semakin banyak kasus pembajakan akun WA.

Keamanan WhatsApp

Sebenarnya WhatsApp sudah memiliki keamanan untuk masing-masing akun pengguna, pertama WhatsApp punya kode aktivasi yang mana ketika masuk ke WA, sobat akan mendapatkan enam digit kode aktivasi.

Kode aktivasi tersebut berfungsi untuk login ke dalam akun WA yang akan mencegak akun dari pembajakan, kode tersebut dikirimkan ke nomor tlp sobat, jadi jangan pernah memberikan kode tersebut kepada siapapun termasuk pasangan apalagi orang lain.

Kode aktivasi menjadi keamanan pertama jika terjadi pembajakan WA, pembajak tidak akan bisa masuk jika kode tersebut tidak mereka dapatkan, tapi biasanya pembajak melakukan pendekatan Social Hack untuk mengelabui targetnya agar memberikan kode otp mereka, jadi sebaiknya sobat berhati-hati.

Artikel Terkait Lain :

Pengalaman WhatsApp di Bajak

Berdasarkan pengalaman seseorang di sosial media, ia menceritakan bahwa akun WhatsAppnya di bajak oleh orang lain.

Bermula ketika baru bangun tidur di pagi hari, seorang teman mengirim pesan melalui WA meminta kode enam digit yang ia baru saja terima. Tanpa pikir panjang kode tersebut langsung diberikan kepada teman yang memintanya.

Hasilnya, akun WhatsApp miliknya tiba-tiba keluar karena telah dibajak oleh seseorang yang ternyata sudah membajak akun temannya tersebut.

Jika terjadi hal seperti ini jangan panik, pastikan sobat tetap tenang dan coba untuk masuk kembali ke WhatsApp dan memasukan kode aktivasi baru yang dikirimkan, pastikan tidak salah memasukan kode aktivasi tersebut agar tidak terkunci selama 12 jam.

Teknik hack WhatsApp tersebut bernama sosial Hacking, yang mengandalkan kedekatan sosial untuk dapat membajak akun seseorang.

Jadi sangat disarankan untuk sobat tidak membagikan kode enam digit aktivasi WhatsApp kepada siapapun itu tanpa alasan apapun.

Dari Pengalaman tersebut, kita pengguna WA wajib banget untuk mengetahui cara amankan WhatsApp dari pembajakan agar terhindar dari serangan penjahat cyber.

Keamanan Verifikasi Dua Langkah

Jika sobat mengalami pembajakan dan belum mengaktifkan verifikasi dua langkah, ini akan sangat berbahaya. Apalagi jika Sobat lambat untuk masuk kembali ke dalam Whatsapp, bisa bisa verifikasi dua langkah dibuat oleh sang pembajak sehingga sobat akan semakin sulit mendapatkan akun WA kembali.

Verifikasi dua langkah pada Whatsapp berbentuk sebuah pin yang kita ingat, fungsinya ketika login menggunakan kode aktivasi, setelah login sobat juga harus membuka kode verifikasi dua langkah untuk dapat menggunakan WA.

Jika sobat belum mengaktifkan verifikasi dua langkah berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkannya.

  1. Masuk ke WhatsApp dan klik icon titik tiga pada pojok kanan atas.
  2. Kemudian Pilih Setelan / Pengaturan / Setting.
  3. Pilih Akun Notifikasi Kemanan.
  4. Pilih Opsi Verifikasi Dua Langkah kemudian aktifkan.
  5. Sobat harus memasukan 6 angka sebagai pin, simpan baik baik karena ini akan digunakan untuk sobat dapat mengakses WA.

Gunakan Verifikasi Pemindai Sidik Jari

6 Langkah Mengunci WhatsApp dengan Pemindai Sidik Jari, Caranya Mudah nih!

Nah selanjutnya untuk mengamankan WhatsApp dari tangan-tangan iseng seperti teman yang sering minjam HP dan melakukan pembajakan. Sobat bisa amankan dengan menggunakan pemindai sidik jari.

Caranya mudah saja, berikut langkah-langkahnya :

  1. Masuk WA, klik titik icon titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  2. Masuk Opsi privasi.
  3. Pilih Opsi Kunci Sidik Jari.
  4. Aktifkan, Nantinya sobat akan dimintar verifikasi sidik jari yang sudah tersimpan di HP yang digunakan.

Sementara untuk pengguna iOS caranya bisa sobat lihat di bawah ini :

  1. Pilih menu Setting > Account > Privacy.
  2. Pada halaman Privacy pilih menu Screen Lock.
  3. Kemudian pilih opsi untuk mengaktifkan fitur Face ID atau Touch ID.
  4. Setelah itu aktifkan Require Face ID atau Require Touch ID.
  5. Atur jangka waktu untuk mengunci WhatsApp secara otomatis.
  6. Pilih durasi dari Immediately hingga waktu satu jam.


Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks