Cara Membuat PPT di HP Dalam Waktu 5 Menit

cara membuat ppt di hp

Cara membuat PPT di HP ternyata bukan hal yang sulit. Pasalnya, di HP terdapat banyak aplikasi yang memudahkan untuk membuatnya dan Rata-rata aplikasi tersebut gratis di Google Play Store dan mudah.

Sudah jadi rahasia umum, Power Point (PPT) wajib untuk semua kalangan baik sekolah, bekerja dan usaha, karena biasanya presentasi menggunakan PPT tersebut, untungnya beragam aplikasi sudah menyediakan banyak template untuk berbagai keperluan.

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Jika dahulu orang-orang membutuhkan perangkat PC/laptop dan software khusus untuk membuat PPT, kini membuatnya semakin cepat dan mudah dengan menggunakan HP. Lantas apa sajakah aplikasi hp yang bisa untuk membuat PPT? Yuk simak ulasannya.

Cara Membuat PPT di HP dengan 3 Aplikasi Terbaik

Membuat PPT Menggunakan Canva

ppt canva di hp

Membuat PPT dengan bantuan Canva sangatlah mudah, terlebih lagi terdapat sederetan fitur canggih di dalamnya. Dengan menggunakan fitur-fitur yang ada, sobat bisa membuat presentasi yang sangat menarik dan berkesan.

Bayangkan saja, dalam satu platform tersedia ratusan layout contoh presentasi, kumpulan foto, elemen desain, efek suara, video, gif, termasuk akses penyimpanan. Semua fitur ini bakal semakin memudahkan sobat membuat presentasi yang berkesan.

Lantas bagaimana cara membuat PPT di HP menggunakan bantuan Canva? Yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Buka Canva

Langkah paling pertama yang harus sobat lakukan saat ingin membuat presentasi menggunakan Canva adalah membuka aplikasi tersebut terlebih dahulu atau mengakses website Canva menggunakan PC/laptop.

Untuk login di Canva, sobat bisa menggunakan Facebook, email, atau Gmail. Tinggal pilih saja mana yang paling gampang.

2. Pilih Presentasi

Setelah masuk di laman utama Canva, sobat tinggal melanjutkan prosesnya dengan klik ‘Presentasi’. Nantinya sobat akan dibawa ke laman yang berisikan banyak sekali template presentasi. Gulir saja ke bawah untuk memilih template yang dirasa cocok.

Setelah menemukan template yang dianggap cocok, langsung saja klik gambar template tersebut.

3. Desain Template

Setelah sampai pada tahap ini, sobat perlu melakukan pengeditan desain template yang dipilih. Di sini sobat bisa melakukan pengeditan sesuai selera. Dalam hal ini, Anda bisa mengunggah foto, logo milik sobat, serta menambahkan elemen-elemen lainnya.

Agar presentasi semakin menarik, jangan lupa untuk menambahkan slide sebanyak yang diperlukan. Gunakan fitur animasi agar gambar dan teks yang nantinya ditampilkan terlihat lebih menarik dan kreatif di setiap slide.

Sobat juga bisa menambahkan tulisan di slide tersebut sesuai dengan jenis presentasi yang dibuat. Untuk melakukannya sangat mudah, klik saja elemen yang akan diedit. Nantinya akan muncul alat untuk mengedit elemen tersebut.

4. Simpan Desain Presentasi ke Power Point

Setelah selesai mendesain presentasi, selanjutnya tinggal simpan ke Power Point. Nantinya file presentasi tersebut akan menggunakan format PPTX.

Cara menyimpannya cukup mudah, klik saja tombol ‘Bagikan’ yang terdapat di bagian sudut kanan atas, lalu pilih ‘Lainnya’. 

Setelah itu, scrol ke bawah sampai sobat menemukan tulisan ‘Simpan’. Nah, di bagian bawahnya terdapat tulisan dan lambang Power Point. Pilih itu saja. Secara otomatis hasil desain akan tersimpan.

Lebih lengkap tentang canva..

Membuat PPT Menggunakan WPS Office

wps office

Selain menggunakan Canva, sobat juga bisa membuat presentasi PPT menggunakan WPS Office. Cara melakukannya sangat mudah, lakukan saja langkah-langkah berikut ini :

1. Unduh dan Instal aplikasi WPS Office

Sebelum mulai membuat presentasi, terlebih dahulu sobat perlu mengunduh aplikasi WPS Office. Jika sobat pengguna Android, silahkan unduh gratis aplikasi tersebut di Google Play Store. Sedangkan untuk pengguna iOS, bisa mengunduhnya di  App Store.

2. Klik Tanda ‘Tambah’

Setelah selesai mengunduh dan menginstal aplikasinya, selanjutnya sobat perlu klik tanda ‘tambah’ di bagian kanan bawah, lalu klik presentasi.

3. Pilih Desain Kosong

Setelah itu, sobat tinggal melanjutkan pembuatan presentasi dengan memilih desain kosong. Nantinya akan muncul presentasi kosong dengan kotak judul dan subjudul. Nah, di sini sobat bisa melakukan pengeditan presentasi sesuai keinginan.

Manfaatkan berbagai fitur dan elemen pendukung untuk membuat presentasi yang menarik, misalnya  merubah gaya tulisan, ketebalan atau kemiringannya, warna, dan lain sebagainya.

4. Tambahkan Slide Baru

Setiap kali selesai membuat presentasi pada sebuah desain kosong, sobat harus menyimpannya agar tidak hilang. Jika ingin menambah slide baru, klik saja ikon tambah di bagian bawah.

5. Simpan Hasil Desain

Jika ingin membuat slide kedua, sobat hanya perlu melakukan seperti pembuatan slide pertama. Setelah semua slide presentasi selesai, sobat hanya perlu menyimpan hasilnya dengan cara mengeklik ikon di bagian kiri atas berbentuk kotak.

Sebagai tambahan, jika aplikasi WPS Office juga memiliki versi Lite sehingga aplikasinya lebih ringan untuk digunakan.

Artikel terkait dengan Presentasi :

Membuat PPT Menggunakan Microsoft Office

MS Office HP

Cara membuat PPT di HP menggunakan Microsoft Office sangat mudah, sobat hanya perlu melakukan beberapa langkah dan pengeditan untuk membuatnya. Dalam hal ini, sobat bisa mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini :

1. Unduh Aplikasi Microsoft Office

Sebelum mulai membuat PPT di HP, sobat perlu mengunduh aplikasi Microsoft Office terlebih dahulu. Aplikasinya bisa didapatkan di Google Play Store dan diunduh gratis di sana. Bagi pengguna perangkat berbasis iOS bisa mencari aplikasinya di App Store.

2. Login atau Daftar Akun

Setelah sobat selesai mengunduh dan menginstal aplikasinya, selanjutnya sobat harus melakukan login jika sudah mendaftar sebelumnya. Jika belum, sobat mesti membuat akun terlebih dahulu.

Setelah melakukan langkah ini, akan terlihat tampilan standar Microsoft Office. Nah, klik saja ikon tambah yang terletak di bagian bawah, klik PowerPoint, lalu klik presentasi kosong.

3. Menambahkan Foto Melalui Kamera

Untuk membuat presentasi PowerPoint yang menarik, tentu saja sobat perlu menambahkan foto-foto yang sesuai dengan tujuan presentasi ke dalam lembaran presentasi kosong tadi.

Untuk menambahkan gambar, Anda bisa mengambilnya langsung dari penyimpanan perangkat atau memotret langsung menggunakan kamera.

Jika ingin mengambil foto secara langsung menggunakan kamera, sobat hanya perlu mencari ikon kamera yang terletak di bagian bawah. Nantinya akan muncul permintaan izin untuk mengakses kamera. Langsung saja izinkan, lalu mengambil foto melalui kamera.

4. Menambahkan Foto Melalui Perangkat

Pilihan lainnya untuk menambahkan gambar adalah dengan mengambilnya langsung dari perangkat yang sobat gunakan. Asumsinya, sobat sudah memiliki gambar-gambar yang dibutuhkan untuk presentasi.

Untuk menambahkan foto melalui perangkat, langsung saja klik ikon foto, lalu pilih foto yang ingin dimasukkan ke slide presentasi. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengetuk bagian menu tarik-turun, lalu pilih sisipkan > gambar > foto.

5. Menambahkan Video ke Dalam Slide Presentasi

Jika ingin menambahkan video ke dalam presentasi, maka caranya tidak jauh berbeda dengan menambahkan foto.

Caranya, silahkan menuju menu di bagian bawah, lalu pilih panah yang mengarah ke atas, lanjutkan dengan mengeklik menu naik-turun. Di sini sobat bisa mulai menambahkan video dari perangkat atau langsung dari kamera.

Itulah tadi cara membuat PPT di HP menggunakan tiga aplikasi berbeda. Sobat tinggal pilih manakah di antara tiga cara di atas yang sobat anggap paling mudah, kalau menurut androidponsel sih paling rekomendasi menggunakan Canva karena sudah tersedia grafis dan contoh tinggal pakai di dalamnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Update Terbaru Langsung! OK No thanks